Kamis, November 26, 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Menjaga Privasi di Sosial Media Agar Tidak Diketahui Banyak Orang

Cara Menjaga Privasi di Sosial Media Agar Tidak Diketahui Banyak Orang

RANCAH POST – Saat ini memang privasi menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk dijaga. Karena kini, kamu bisa menemukan data pribadi seseorang di internet hanya dengan berbekal nama lengkapnya saja. Tak mau itu terjadi padamu juga kan? Maka kamu harus melakukan sederet cara menjaga privasi di sosial media.

Di era digital seperti sekarang ini memang data begitu mudahnya berseliweran di internet atau media sosial. Hal ini terjadi karena semua informasi pribadi termasuk email, nomor telepon, dan data lainnya akan dengan mudah dibagikan melalui media sosial yang kamu punya.

Maka tak heran jika kini banyak sekali orang-orang yang tidak bertanggung jawab melakukan kejahatan melalui media sosial, misalnya penculikan, jual beli data pribadi seseorang, pembobolan rekening dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, jika hal tersebut tak ingin terjadi padamu, maka kamu harus mengantisipasinya dengan melakukan beberapa cara menjaga privasi di sosial media berikut ini!

Cara Menjaga Privasi di Sosial Media

Mengaktifkan Mode Private

Mengaktifkan mode private di media sosial memang menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar privasi di media sosial tetap aman dan terjaga.

Hal ini pula yang akan menjadikan kamu yakin jika orang-orang yang melihat unggahanmu di sosial media juga merupakan orang-orang yang kamu kenal di dunia nyata.

Memproteksi akun media sosial akan lebih meminimalkan interaksi dengan akun yang tak kamu kenal. Kamu pun akan menjadi lebih leluasa untuk berkomunikasi dengan orang-orang terdekatmu.

Menyeleksi Permintaan Pertemanan di Media Sosial

Cara menjaga privasi di sosial media kali ini cukup penting kamu lakukan, yakni dengan tidak menerima langsung semua permintaan pertemanan di semua akun media sosial yang kamu punya, misalnya Instagram dan Facebook.

Hal tersebut bertujuan agar terhindar dari seseorang yang ternyata ingin berniat buruk padamu, bisa saja kan mereka hanya iseng atau bahkan mempunyai niat lainnya?

Oleh karena itu, akan jauh lebih baik untukmu menerima akun yang memang benar-benar kamu kenal. Dan pada media sosial seperti Twitter dan Instagram mempunyai fitur yang bisa digunakan untuk menyeleksi followers jika akunnya diubah menjadi private.

Jangan menghubungkan akun media sosial satu dengan lainnya

Kebanyakan generasi milenial saat ini yaitu mempunyai akun media sosial yang lebih dari satu. Jika kamu salah satunya, alangkah baiknya kamu tidak menghubungkannya dengan akun yang lain.

Hal ini karena akan memudahkan orang lain mendapatkan data pribadi dengan lengkap. Tentu kamu tak ingin bukan jika informasi dari akun Facebook kamu tampil di LinkedIn?

Jangan sign up atau sign in menggunakan media sosial

Cara menjaga privasi di sosial media lainnya yakni dengan menghindari memilih sign in dan sign up dengan media sosial yang kamu punya. Pasalnya situs dan juga aplikasi yang menawarkan kemudahan pada pengguna barunya untuk mengisi data pribadi.

Dan kamu pun hanya perlu menghubungkannya dengan Facebook, Google Account, atau media sosial lainnya yang kamu miliki.

Hal ini memang sangatlah praktis tak harus mengeluarkan banyak tenaga. Namun ini pula lah yang nantinya bisa membuat kamu merasa rugi karena situs atau aplikasi tersebut akan mengambil data pribadi kamu dengan sangat mudah.

Jangan Membagikan Lokasimu di Media Sosial

Mungkin untuk sebagian orang terdengar sepele, namun aktivitas berbagi lokasi di media sosial ini alangkah baiknya mulai saat ini kamu hindari saja. Apalagi jika kamu membagikannya secara real time, misalnya di Instagram Story dan Snapchat.

Bukan tanpa alasan tentunya informasi tersebut akan menunjukkan jika kamu sedang tidak berada di tempat tinggalmu. Bisa saja hal ini nantinya akan memudahkan terjadi kriminalitas. Untuk menghindarinya sebaiknya jangan aktifkan GPS pada saat mengakses media sosial.

Jangan Klik Link yang Tidak Jelas Asalnya

Cara menjaga privasi di sosial media selanjutnya kamu harus sangat berhati-hati dalam meng-klik suatu link yang terdapat di timeline media sosial yang kamu gunakan.

Pasalnya, terkadang link tersebut justru berisikan konten yang tak layak, misalnya ponografi, situs yang berbahaya, atau situs phising yang akan mencuri password dan informasi rahasia lainnya.

Menggunakan Password yang Berbeda Pada Setiap Akun

Beralasan agar bisa lebih mudah dalam mengingatnya, tak sedikit orang akan menyamakan password untuk semua akun sosial media yang mereka punya.

Meskipun memang benar menggunakan password yang sama akan memberikanmu kemudahan, namun jika suatu akunmu dibobol oleh orang lain. Maka mereka pun juga akan dengan mudah mengambil akun kamu yang lainnya.

BACA JUGA: Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Peretas

Sekian, mengenai beberapa cara menjaga privasi di sosial media yang dapat kamu lakukan. Sehingga kamu pun tak perlu khawatir lagi dengan keamanan akun media sosial yang kamu miliki. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here