Minggu, 5 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Peretas

Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Peretas

RANCAH POST – Setiap smartphone Android kini telah menghadirkan aplikasi Facebook dalam setiap aplikasi bawaannya. Hal itu pula lah yang menjadikan setiap pengguna smartphone tentu akan mempunyai akun Facebook. Agar tetap aman dari orang-orang tak bertanggung jawab, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara mengamankan akun Facebook kamu dari hacker.

Semua orang mungkin sudah mengetahui manfaat Facebook yang digunakan untuk memudahkan para penggunanya dalam berhubungan dengan teman, saudara, atau kerabat di manapun mereka berada.

Tak hanya itu, aplikasi Facebook ini pun kini biasa digunakan oleh para pembisnis sehingga akan menguntungkan banyak orang untuk dapat menjangkau pemasarannya ke pelosok belahan dunia mana saja.

Maka, tak sedikit para pembisnis offline ataupun online yang telah mereguk keuntungan dengan melakukan pemasaran di sosial media tersebut. Namun, kemudahan dan kesuksesan Facebook itu sendiri dalam menghubungkan banyak orang, telah menjadi alat untuk melakukan tindakan kejahatan pula.

Pasalnya, akun kamu bisa saja menjadi sangat rentan untuk dihack oleh kalangan yang tidak bertanggung jawab dan akhirnya digunakan untuk hal-hal seperti penipuan, menyebarkan hoax, dan lain sebagainya.

Hal ini tentu akan sangat membuat kamu khawatir bukan? Oleh karena itu, agar keamanan akun Facebook kamu tetap terjaga, maka lakukan cara mengamankan akun Facebook berikut ini.

Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Para Hacker

Setting Data Pribadi

Bagi kamu yang memperlihatkan data lahir, akun email, dan nama pengguna yang bisa dilihat oleh umum, maka segeralah untuk melakukan pengaturan ulang agar hanya kamu saja yang bisa melihat smeua data tersebut.

Jangan sampai data pribadi itu malah digunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk meretas akun Facebook kamu.

Caranya cukup dengan melakukan:

  • Masuklah ke akun Facebook kamu kemudian pada pengaturan privasi.
  • Jika sudah berada di pengaturan privasi klik yang direkomendasikan kemudian pilih khusus, lalu sesuaikan pengaturan.
  • Pada layar sesuaikan pengaturan, pilih tanggal lahir dan klik hanya bisa dilihat oleh saya, lalu simpan.
  • Lakukan hal yang sama pada pengaturan lainnya seperti email dan nama pengguna.

Perbaharui Informasi Akun

Cara mengamankan akun Facebook dengan memperbaharui informasi yang sering lihat dianjurkan oleh sistem Facebook, memang hal ini cukup bermanfaat guna menghindarkan kamu dari gangguan para hacker. Caranya ialah:

  • Masuk pada Update Security Info.
  • Pilih sebuah pertanyaan yang tak mudah ditebak oleh orang lain, dan buat jawabannya. Usahalan jawaban ini yang mudah kamu ingat namun sulit untuk orang lain ketahui. Hal ini sangatlah berguna jika suatu saat ada seseorang yang berusaha membobol akun Facebook kamu. Maka kamu bisa mengambilnya kembali dengan menggunakan pertanyaan dan jawaban ini.

Pengaturan Keamanan Akun

Cara mengamankan akun Facebook dengan meningkatkan keamanan Facebook kamu. Ini bukan hanya memproteksi akun kamu saja, namun jika seseorang berusaha untuk masuk ke akunmu menggunakan perangkat lain, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan terlebih dahulu agar bisa mengantisipasinya sesegera mungkin. Caraya dengan:

  • Masuk ke akun Facebook kemudian ke pengaturan. Pilih keamanan dan security.
  • Aktifkan pemberitahuan masuk dan persetujuam masuk ke Facebook.
  • Masukan nomor HP kamu untuk melakukan verifikasi.
  • Setelah melakukan verifikasi nomor HP selesai, klik lanjutkan dan tunggu sampai 14 hari agar fungsi keamanan ini bekerja maksimal.

Mengganti Privacy Email dan Nomor Ponsel dari Public ke Pribadi

Cara mengamankan akun Facebook agar tak mudah dihack oleh orang tak bertanggung jawab selanjutnya ialah dengan mengubah privacy akun Email dan Nomor Ponsel yang kamu masukkan ke Facebook.

Untuk melakukan cara ini silahkabn klik pada menu Tentang> Info Kontak dan Dasar> Kemudian pada bagian Email tekan Edit, lalu Setting dari Publik menjadi Hanya Saya.

Lakukan hal yang sama pada Nomor Ponsel jika kamu pun memasukannya pada data profil di akun Facebook kamu.

Pastikan Email dan Nomor Ponsel Masih Aktif

Hal yang tak kalah penting lainnya agar akun Facebook kamu selalu aman dan tak mudah di hack adalah dengan selalu memastikan jika email dan juga nomor HP yang kamu daftarkan untuk membuat akun Facebook atau melengkapi profil Facebbok merupakan email dan nomor ponsel yang benar-benar aktif.

Sehingga, jika suatu saat kamu ingin berganti device (HP, PC, atau Laptop) dan sudah lupa password akun Facebook, maka kamu akan dengan mudah untuk mereset password akun Facebook kamu.

Aktifkan Autentikasi dua-faktor

Cara mengamankan akun Facebook dengan mengaktifkan autentikasi dua-fator dan selalu pastikan jika kamu telah menjalankan tips nomor 5 di atas ya, guys.

Selanjutnya, silahkan masuk pada menu Settings atau Pengaturan> Keamanan dan Info Login> Pakai autentikasi dua-faktor> Edit kemudian tekan Mulai.

Langkah berikutnya ialah, pilih salah satu metode autentikasi yang kamu inginkan. Baik menggunakan aplikasi autentikasi (misalnya Google Authenticator) atau melalui SMS. Dan setelah itu maka kamu hhanya tinggal mengikuti langkah selanjutnya.

Dengan demikian, maka pada saat kamu Login di perangkat baru, maka kamu akan dimintai kode autentikasi terlebih dahulu sebelum kamu bisa masuk pada akaun Facebook.

Jangan Sembarangan Login ke Berbagai Device Umum

Langkah lainnya untuk menjaga akun Facebook kamu dari serangan para hacker ialah dengan tidak sembarangan login di device. Entah itu pada HP orang lain, laptop atau PC kantor dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Penyebab Facebook Diblokir dan Cara Mengatasinya

Jangan Simpan Password di Browser

Agar Facebook kamu tetap aman dari hacker maka kamu jangan pernah sekalipun menyimpan data login kamu di browser.

Pasalnya, salah satu cela yang dimanfaatkan oleh para peretas untuk menguasai akun Facebook ialah dengan data history atau cache serta data login yang sempat kamu simpan di browser.

Demikian beberapa cara mengamankan akun Facebook dari para hacker yang tak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,395FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan