Kamis, 24 September 2020
Beranda Teknologi Sederet Penyebab Android Mengalami Bootloop

Sederet Penyebab Android Mengalami Bootloop

RANCAH POST – Bootlop merupakan suatu kondisi dimana ponsel tak bisa melakukan start awal atau proses masuk kedalam sistem operasi. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya logo Android atau merek ponsel secara berulang. Lantas, apa sih yang menjadi penyebab Android bootloop?

Potensi terjadinya bootloop sangat mungkin terjadi pada smartphone baik dengan opersional Android maupun iOS. Dan pada dasarnya, masalah bootloop ini masih bisa kamu atasi sendiri tanpa harus membawanya ke service center.

Pada umumnya bootloop disebablan karena adanya kerusakan file sistem pada HP. Namun, bukan tak mungkin ada faktor yang lainnya yang juga bisa menjadi penyebab terjadinya bootlop tersebut.

Maka dari itu, berikut ini merupakan beberapa penyebab Android bootloop yang harus kamu ketahui, diantaranya:

Penyebab Android Mengalami Bootloop

Flashing Custom ROM

Salah satu yang menyebabkan Android kamu mengalami bootloop ialah kareena melakukan flashing custom ROM baru. Hal ini bisa saja menjadi penyebab karena adanya dalvik-cavhe atau data yang sudah lama dan belum terhapus dan justru digunakan oleh sistem yang baru.

Meskipun sebenarnya kegitan flashing custom ROM ini bermaksud untuk melakukan modifikasi dan mengganti isi data pada ROM. Maksdunya, dengan melakukan flashing custom ROM ini akan menjadikan ROM bekerja menjadi lebih optimal dan cepat.

Salah Mengatur Permission

Apabila kamu salah satu pengguna Andorid, maka kamu harus berhati-hati dengan yang satu ini. Pasalnya, sistem operasional HP Android sangat bergantung pada permission sistem yang benar.

Maka jika kamu melakukan kesalahan dalam mengatur permission dalam sebuah file sistem, maka hal ini bisa menjadi salah satu penyebab Android yang kamu gunakan itu mengalami bootloop.

Maka dari itu, akan menjadi lebih bijak jika kamu rutin memeriksa dan memastikan jika permission dari sebuah file sistem telah sesuai dan benar, pastinya untuk menghindari terjadinya bootloop yang nantinya akan merugikanmu.

Pemasangan Mod

Penyebab smartphone mengalami bootloop lainnya ialah karena kamu melakukan pemasangan mod pada sistem Android. Dan biasanya HP yang menjadi bootloop ini terjadi karena mod yang terpasang tersebut tak kompatibel dengan kondisi dari ROM yang kamu gunakan di HP.

Akan tetapi, penyebab lainnya bisa juga terjadi karena adanya mod yang tak tersusun dengan baik. Maka dari itu, selalu berhati-hati dan memastikan terlebih dahulu apakah spesifikasi ponselmu mumpuni atau tidak untuk memasang sebuah mod atau aplikasi baru.

Restore System Backup

Kegiatan melakukan restore file ini memang mempunyai kaitan yang cukup erat dengan sistem operasional HP. Dan, kegiatan restore system backup juga tentunya akan sangat berpotensi sehingga bisa menjadi penyebab Android bootloop.

Hal ini karena adanya dalvik-cache yang salam dan ternyata belum sepenuhnya terhapus, sehingga akan mengakibatkan penumpukan operasi dari sistem tersebut pada data sistem yang baru.

Mengubah Isi Script di Dalam Folder Sistem

Jika kamu seorang gamer, maka cara yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi. Karena memang hal seperti ini pada dasarnya dianggap spele dan tak akan memberikan efek yang buruk pada sistem Android.

Padahal, mengubah isi script dengan aplikasi yang ada dengan bertujuan untuk bisa menikmati game yang kamu inginkan ternyata justru menjadi penyebab Android bootloop.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Smartphone yang Restart Sendiri

Oleh karena itu, alangkah baiknya untukmu tak melakukan beberapa hal yang nantinya akan berpotensi menyebabkan HP mengalami bootloop. Karena hal ini tentu akan berdampak buruk pada ponselmu.

Dan parahnya lagi, kamu akan kehilangan semua file yang ada pada HP kamu, misalnya foto, video, dan yang lainnya karena HP kamu akan kembali bersih seperti bawaan pabrik atau pada saat kamu baru membelinya.

Itulah sederet penyebab Android bootloop yang bisa kapan saja terjadi pada smartphone kamu. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,965FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan