Rabu, 8 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Smartphone yang Restart Sendiri

Cara Mengatasi Smartphone yang Restart Sendiri

RANCAH POST – Mungkin tak sedikit orang tentu pernah mengalami smartphone yang restart atau mati sendiri. Sehingga para penggunanya merasa kebingungan karena tidak tahu bagaimana cara mengatasi smartphone restart sendiri tersebut.

Masalah tersebut tentu akan sangat mengganggu para penggunanya apalagi jika sedang digunakan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang penting. Dan pastinya akan sangat menjengkelkan, bukan?

Kejadian smartphone yang sering restart sendiri memang pada umumnya sangatlah wajar terjadi, akan tetapi jika frekuensinya terlalu sering, maka bisa diartikan jika ada sesuatu yang bermasalah dengan smartphone yang kamu gunakan.

Namun, jangan panik terlebih dahulu, ya! Terutama jika kamu yang baru pertama kali mengalami kejadian tersebut. Sebelum memutuskan untuk membawa smartphone kamu ke tempat service handphone, alangkah baiknya kamu mencari tahu penyebab dan cara mengatasi smartphone restart sendiri di rumah.

Penyebab smartphone sering restart sendiri terjadi jika terdapat banyaknya file sampah yang menumpuk pada sistem, adanya kerusakan pada salah satu aplikasi, sistem operasi error, terutama untuk smartphone yang telah di root, overload atau beban yang terlalu tinggi pada kinerja CPU, memori RAM dan GPU. Dan masih banyak penyebab lainnya.

Setelah kamu mengetahui apa saja penyebabnya, maka langsung aja yuk membahas cara mengatasi smartphone restart sendiri yang bisa kamu lakukan di rumah.

Cara mengatasi smartphone yang restart sendiri

Matikan Smartphone terlebih dahulu

Pada setiap smartphone mempunyai limitasi akan suhu komponen. Pada saat HP terlalu panas, dan melewati limit suhu tersebut.

Oleh karena itu, maka sistem akan otomatis melakukan restart, dengan tujuan agar komponen di dalamnya tak rusak karena overheat.

Untuk mengatasinya kamu hanya perlu melakukan cara yang simpel yakni dengan mematikan smartphone terlebih dahulu agar suhu pada komponennya menjadi kembali normal.

Akan lebih baik lagi, jika sewaktu didinginkan, baterai, kartu SIM dan juga kartu memori dilepas semuanya terlebih dahulu.

Membersihkan cache android

Jika kamu tak pernah menghapus cache atau sampah sebelumnya, maka sebaiknya langsung melakukan penghapusan supaya nantinya smartphone yang kamu gunakan tidak terasa berat dan lemot.

Tak perlu bingung untuk melakukan cara mengatasi smartphone restart sendiri dengan langkah yang satu ini, karena disini kamu bisa menghapus file cache dengan sangat mudah.

Caranya cukup hanya menginstall aplikasi Cleanser maka semua file cache akan terhapus. Cukup dengan sekali tap maka semua file junk, cache, dan history menjadi bersih dengan sangat total.

Caranya pun sangatlah mudah sekali yaitu dengan membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> Cari “Nama Aplikasi”> Kemudian tap “Hapus Cache”.

Hapus aplikasi yang tidak compatible

Mungkin kamu akan merasa kesulitan dalam membedakan mana aplikasi yang tak compatible. Sangatlah sederhana, jika ada suatu aplikasi tertentu tengah mengalami error atau sering muncul pesan error seperti force close maka tandanya aplikasi tersebut tak compatible.

Mungkin hal itu disebabkan karena OS Android kamu atau mungkin bisa jadi karena aplikasi itu memang sudah tak compatible dengan OS Andoid yang kamu punya.

Untuk menghapus aplikasi tersebut, maka kamu bisa masuk pada menu Pengaturan> Aplikasi> Semua, kemudian carilah dan tap aplikasi yang akan kamu hapus. Tap “Copot Pemasangan” untuk menghapus dan Unistall aplikasi.

Cara mengatasi smartphone restart sendiri dengan langkah yang satu ini yakni buka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Manajemen Aplikasi> Cari “Nama Aplikasi”> Lalu tap “Hapus Instalasi”.

Unroot smartphone kamu

Jika sebelumnya kamu melakukan proses rooted pada smartphone android kamu, dan setelahnya smartphone kamu sering sekali mengalami restart, maka sudah bisa disimpulkan jika “root” menjadi salah satu penyebabnya.

Lakukan Unroot supaya android kamu dapat berjalan dengan seperti biasa kembali, dan gunakan pula aplikasi Unroot untuk menghapus rooted yang kamu lakukan.

Pasang Antivirus

Cara mengatasi smartphone restart sendiri juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan Antivirus yang memang sangat bermanfaat dalam menghapus dan mencegah adanya virus sehingga tak akan bisa merusak sistem android kamu.

Antivirus terbaik yang sering digunakan oleh para pengguna android biasanya AVG, CM Security, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free, dan antivirus-antivirus yang lainnya.

Menghapus Game

Cara lain yang bisa kamu lakukan yakni dengan menghapus game yang memberatkan smartphone kamu. Atau jika kamu menginstall game versi beta atau versi yang kurang compatible dengan OS Android kamu maka sebaiknya hapus saja. Tujuannya agar smarphone tak akan mengalami error, rusak, dan yang pasti restart dengan sendirinya.

Ganti SIM Card

Tak banyak yang tahu jika ternyata salah satu penyebab smartphone restart sendiri bisa disebabkan oleh SIM Card. Dan hal tersebut memang benar-benar terjadi. Nah, untuk mengatasinya maka cobalah untuk mengganti SIM Card dengan yang baru.

Factory Reset

Jika semua cara mengatasi smartphone restart sendiri yang sudah disebutkan sebelumnya tak juga berhasil, maka ada cara terakhir yang bisa kamu lakukan dan smarphone kamu akan kembali pada pengaturan pabrik. Ya, dengan cara melakukan factory reset.

BACA JUGA: 12 Penyebab HP Mati Total Secara Tiba-tiba

Namun sebelum melakukannya, alangkah baiknya melakukan Backup terlebih dahulu semua data kamu agar nantinya dapat kamu kembalikan kembali.
Kemudian masuk pada menu Pengaturan> Backup & Riset> Factory Data Reset, kemudian tap “Reset Phone“.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi smartphone yang restart sendiri yang bisa kamu lakukan. Akan tetapi, jika dengan cara-cara di atas masih tak membuahkan hasil juga, sangat disarankan sebaiknya kamu membawa smartphone kamu ke service center atau tempat service HP terdekat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,383FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan