Rabu, November 25, 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Tips Merawat Smartphone dengan Baik dan Benar

Tips Merawat Smartphone dengan Baik dan Benar

RANCAH POST – Smartphone memang menjadi salah satu perangkat teknologi yang saat ini seolah-olah menjadi benda wajib untuk semua orang. Maka dari itu para penggunanya pun melakukan berbagai tips merawat smartphone agar tetap awet dan nyaman pada saat digunakan.

Seperti yang kita ketahui jika smartphone memang banyak sekali kegunaannya untuk menunjang aktivitas seseorang, tak hanya digunakan sebagai media komunikasi dan chating saja namun kini smartphone juga mampu melakukan pekerjaan layaknya seperti komputer.

Kendati demikian, agar performa smartphone yang kamu miliki itu tetap dalam kondisi yang baik dan prima, maka alangkah baiknya kamu melakukan beberapa tips untuk merawat smartphone kamu berikut ini:

Tips Merawat Smartphone dengan Baik dan Benar

Gunakan Casing dan Pelindung Layar

Smartphone memang harus kamu rawat dengan benar, apalagi pada bagian body dan juga layarnya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengeluarkan sedikit uang guna membeli casing dan juga pelindung layar agar smartphone kamu terhindar dari goresan.

Membersihkan Smartphone Secara Berkala

Smartphone tentunya akan kamu gunakan secara terus menerus kan? Maka dari itu tips merawat smartphone selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan selalu membersihkannya dengan menggunakan tisu alkohol.

Selalu Charge Smartphone dalam Keadaan Mati

Langkah yang selanjutnya bisa kamu lakukan untuk merawat HP kamu ialah dengan selalu me-charge HP Android kamu dalam keadaan mati. Berikan kesempatan untuk ponselmu beristirahat beberapa waktu pada saat di charge.

Karena biasanya pada saat tengah mengisi baterai HP dalam keadaan menyala maka HP kamu akan panas dan ini akan mengakibatkan kerusakan pada bagian dalamnya dan tentunya akan merusak baterai HP.

Hindari menyimpan Smartphone di Atas Benda Berbau Magnet

Tips merawat smartphone selanjutnya yakni dengan menghindarkan smartphone kamu dari benda yang berbau magnet. Pasalnya, kebanyakan pengguna gadget tak menyadari jika hal tersebut ternyata akan menjadikan umur ponselnya menjadi pendek.

Hal ini biasanya disebabkan karena kamu sering meletakkan ponselmu di atas TV, radio dan benda-benda lainnya yang berbau magnet.

Simpan di Tempat yang Aman

Selanjutnya selalu menentukan tempat yang aman untuk menyimpan smartphone pada saat sedang tidak kamu gunakan. Pastikan pula tempat penyimpanannya tadi tak akan menjadikan smartphone kamu jatuh atau terinjak.

Kadang kecerobohan meletakkan smartphone sembarangan akan sangat berakibat fatal. Maka dari itu, selalu menyimpannya di tempat yang aman, misalnya rak buku, di atas meja belajar dan tempat lainnya yang menurut kamu sangat aman.

Menjaga Agar Tombol atau Keyboard Tetap Aman

Tips merawat smartphone berikutnya ialah selalu menjaga agar tombol atau keyboard smartphone kamu tetap aman karena keyboard menjadi salah satu bagian terpenting pada sebuah ponsel.

Meskipun kini sudah banyak gadget yang telah menggunakan layar sentuh, akan tetapi beberapa HP masih mencantumkan tombol, misalnya tombol menu atau home dan tombol back. Maka dari itu, gunakanlah tombol dengan bijak dan jangan menekannya terus menerus jika tak dibutuhkan.

Perhatikan Kondisi Baterai

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan agar smartphone kamu tetap terawat ialah dengan selalu memastikan baterai smartphone tetap kering.

Alangkah baiknya jangan menelepon di bawah tetesan hujan, jangan menggunakannya pada saat kamu tengah makan atau minum, dan jangan pernah membawanya ke dekat tempat air yang terbuka misalnya pantai atau toilet.

Charger Sesuai dengan Kebutuhan

Tips merawat smartphone lainnya yakni dengan tidak men-charger smartphone dengan sembarangan, dan sebaiknya lakukan secara berkala.

BACA JUGA: Tips Merawat Kamera HP dengan Baik dan Benar

Karena daya tahan baterai pada setiap smartphone akan berbeda-beda, tentunya tergantung dari penggunaannya. Maka dari itu, tak ada salahnya untukmu selalu berhemat agar daya tahan baterai kamu pun bertahan lama.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk merawat smartphone agar tetap aman dan tentunya awet sehingga kamu bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang. Selamat mencobanya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here