Kamis, 6 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Tips Merawat Kamera HP dengan Baik dan Benar

Tips Merawat Kamera HP dengan Baik dan Benar

RANCAH POST – Merawat kamera smartphone sangatlah penting karena kamera kini menjadi salah satu fitur yang paling digunakan untuk mengambil foto. Maka dari itu, kamu harus mengetahui tips merawat kamera HP dengan baik dan benar.

Saat ini tak sedikit orang yang merasa puas dengan hasil jepretan di smartphonenya. Hal ini karena teknologi kamera pada HP sekarang sudah hampir mendekati semi profesional.

Oleh karena itu, tak sedikit pula jepretan di media sosial umumnya lebih banyak menggunakan jepretan kamera HP, lebih praktis dan nggak ribet. Apalagi jika HP yang kamu gunakan mempunyai performa kamera yang terbaik.

Namun perlu kamu ketahui jika HP dengan kamera terbaik sekalipun bukan tak mungkin akan menghasilkan foto dengan kualitas baik. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kualitas kamera HP yang menurun disebabkan kamu kurang merawatnya dengan baik.

Dan karena kamera smartphone kamu kotor atau terkena goresan. Sehingga kualitas gambar yang kamu dapatkan akan menurun. Oleh karena itu yuk gunakan beberapa tips merawat kamera HP berikut ini:

Tips Merawat Kamera HP dengan Mudah

Bersihkan kaca lensa

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan selalu membersihkan lensa kamera. Jangan pernah membiarkan ada debu maupun kotoran yang menempel di lensa kamera smartphone kamu.

Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan kain mikrofiber, seperti kain pembersih kacamata, atau kain dengan tekstur yang sangat lembut. Lipat kain tersebut dalam bentuk segitiga, kemudian gunakan ujung segitiga tersebut untuk membersihkan lensa kamera.

Bersihkan lensa dengan gerakan memutar, dan jangan terlalu banyak memberikan tekanan, karena akan mengakibatkan adanya goresan pada kamera. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu agar lensa kamu tetap terjaga kebersihannya.

Menggunakan case

Tips merawat kamera HP selanjutnya yakni dengan menggunakan case yang baik seperti softcase atau hardcase. Hal ini karena bisa bermanfaat untuk melindungi kamera dari goresan dan benturan secara langsung.

Hindari terkena air

Air merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan beberapa masalah pada HP, meskipun kamu mempunyai smartphone yang tahan air sekaligus. Oleh karena itu, selalu hindarkan HP kamu dari air agar kamera kamu tidak berembun dan mengganggu ketajaman dari kamera.

Simpan HP di tempat khusus

Tips merawat kamera HP dengan menyimpannya di tempat khusus untuk smartphone guna mengindari ponsel yang akan terkena goresan.

Smartphone yang disimpan pada kantong ataupun tas secara bersamaan dengan benda lainnya cenderung lebih sering tergores karena akan selalu bergesekan dengan barang lainnya. Maka dari itu, simpanlah smartphone di tas atau dompet khusus untuk smartphone.

Mengganti tutup lensa kamera

Untuk lensa HP yang sudah tergores, jika kamu telah membersihkannya namun belum juga mendapatkan hasil yang maskimal pada melihat hasil jepretan foto maka tips merawat kamera HP yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengganti tutup lensa kamera.

Gunakan silet untuk kamu mencongkel lensa kamera dan jangan lupa untuk melakukannya dengan hati-hati. Setelah dicongkel, gantilah tutup lensa dengan yang baru. Tentu kamu perlu membeli tutup lensa terlebih dahulu, ya.

Gunakan pelindung lensa

Lens Protector atau pelindung lensa juga merupakan aksesoris wajib yang harus kamu gunakan agar kamera smartphone kamu tetap terlindungi dengan baik.

Pelindung lensa ini merupakan semacam bumper berbentuk lingkaran, yang nantinya bisa kamu pasang pada sekeliling kamera smartphone. Dan biasanya pelindung lensa ini dibuat dari beberapa macam bahan seperti pelastik, karet, dan metal.

BACA JUGA: Tips Merawat Memori Card Agar Lebih Awet

Tujuan yang paling utama dari pelindung lensa ini sendiri ialah untuk menahan benturan agar tak langsung mengenai lensa kamera.

Demikianlah beberapa tips merawat kamera HP dengan mudah dan pastinya bisa kamu lakukan. Semoga tips ini bisa membantu kamu dalam membersihkan lensa sehingga mendapatkan hasil jepretan dengan kualitas foto terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,220FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan