Kamis, 1 Oktober 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Tips Mengoptimalkan Memori Internal yang Kecil Pada Smartphone

Tips Mengoptimalkan Memori Internal yang Kecil Pada Smartphone

RANCAH POST – Memori internal pada smartphone kamu kecil? Nih mendingan lakuin beberapa tips mengoptimalkan memori internal yang kecil ini deh! Dijamin akan sangat membantu kamu nantinya.

Seiring berkembangnya zaman dan juga teknologi, maka smartphone pun semakin berkembang dan pastinya telah dilengkapi dengan beragam fitur unik yang bisa semakin memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Tak hanya itu, spesifikasi yang digunakan pun pastinya akan semakin tinggi pula. Akan tetapi, smartphone dengan spesifikasi memori internal yang besar tentunya akan diiringi pula dengan harga yang tidaklah murah.

Nah, tentunya kamu akan berpikir mengenai cara yang bisa kamu lakukan dalam memaksimalkan memori internal yang kecil pada ponselmu kan? Sekarang, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan beberapa tips mengoptimalkan memori internal yang kecil berikut ini:

Tips Mengoptimalkan Memori Internal yang Kecil

Hindari Menginstall Aplikasi dan Game yang Berat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan menghindari mendownload atau menginstall aplikasi-aplikasi dan juga game yang memang mempunyai ukuran besar atau disebut pula dengan istilah game berat.

Maka dari itu, jangan pernah untuk memaksakan untuk menginstall game berat misalnya FIFA, Need For Speed, dan Asphalt 8: Airbone di smartphone yang kamu gunakan apalagi jika memori penyimpanan internalnya memang mempunyai kapasitas yang kecil.

Kecilkan Resolusi Foto Kamera Ponselmu

Tak sedikit orang memang belum mengetahui tips mengoptimalkan memori internal yang kecil yang satu ini, yakni dengan mengecilkan resolusi foto pada kamera smartphone yang kamu gunakan.

Padahal, cara ini terbilang sangat ampuh dalam menghemat kapasitas penyimpanan memori internal di ponsel. Karena semakin tinggi resolusi untuk menangkap foto pada kamera HP, maka semakin besar pula ukuran foto tersebut.

Kendati demikian, alanmgkah baiknya kamu mengecilkan saja resolusi kamera tersebut misalnya dengan kapasitas 3 MP saja pun sudah cukup untukmu mendapatkan hasil foto yang kualitasnya bagus.

Kecilkan Resolusi Video Kamera Ponselmu

Hampir sama dengan poin sebelumnya, kamu pun juga harus mengecilkan resolusi pengambilan video dengan menggunakan kamera smartphone kamu. Karena semakin besar resolusi untuk video yang digunakan, maka semakin besar pula ukuran video yang akan disimpan.

Pada saat ini pun sudah banyak sekali perusahaan smartphone yang menyediakan fitur pengambilan video dengan resolusi 4K. Namun, apa gunanya jika ternyata video dengan resolusi 640 x 480 saja telah mencukupi dalam pembuatan video dengan kualitas bagus.

Jangan Menyimpan Musik Terlalu Banyak

Tips mengoptimalkan memori internal yang kecil yakni dengan tidak menyimpan musik terlalu banyak di ponsel yang kamu gunakan. Pasalnya, musik menjadi salah satu data yang akan disimpan di memori internal smartphone juga.

Biasanya pula satu file musik saja akan memakan kapasitas penyimpanan mencapai 3MB atau bahkan bisa lebih apalagi jika banyak sekali musik yang kamu simpan, tentunya akan banyak pula memori internal yang digunakan dong!

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan jika ingin mendengarkan musik yakni dengan menggunakan layanan musik online, misalnya Spotify atau JOOX.

Rutin Membersihkan Sampah dan Cache

Dan cara terakhir yang bisa kamu lakukan yakni dengan selalu rutin membersihkan cache dan juga sampah yang terdapat di Android kamu.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca di Ponsel Android

Perlu kamu ketahui jika sampah dan cache akan menghabiskan ruangan penyimpanan internal di ponselmu dengan sia-sia saja. Oleh karena itu, dengan selalu menghapus cache dan juga sampah di Android akan membantu kamu dalam mengosongkan memori internal kamu.

Demikaian sederet cara mengoptimalkan memori internal kecil yang bisa kamu coba lakukan. Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,935FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan