22.4 C
Ciamis
BerandaTeknologiTips n TrikCara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca di Ponsel Android

Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca di Ponsel Android

RANCAH POST – Pada saat memori card tak terbaca mungkin tak sedikit orang mengira jika memorinya sudah tak layak pakai dan harus segera menggantinya dengan yang baru. Padahal ada beberapa cara mengatasi memori card tidak terbaca yang bisa dicoba terlebih dahulu.

Memori card android yang tidak terbaca memang terkadang membuat pengguna smartphone merasa kesal atau bahkan sedih. Karena di dalamnya terdapat data-data penting yang tersimpan, mulai dari foto, video, musik, dikumen, aplikasi, dan file-file lainnya.

Yang paling disesalkan lagi yakni jika para penggunanya telah menginstall berbagai aplikasi penting seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram di memori card yang kemudian tiba-tiba tidak terbaca. Secara otomatis semua aplikasi yang terisntall pun akan menjadi tak bisa di buka.

Tak ada penyebab pasti kenapa memori card tidak terbaca. Akan tetapi, dari pengalaman beberapa pengguna android mereka menyebutkan hal tersebut bisa saja terjadi karena disebabkan umur memori yang sudah lama, kuningannya tergores, posisi memori yang kurang pas, suka memindahkan memori ke smartphone lain, dan lain sebagainya.

Mungkin masih banyak lagi penyebab dari memori card yang tidak terbaca dan tak menutup kemungkinan, memori card yang kamu punya mempunyai penyebab yang berbeda.

Nah, untuk mengatasi beberapa penyebab di atas, maka tak ada salahnya untuk kamu mencoba cara mengatasi memori card tidak terbaca dengan langkah-langkah berikut ini:

Cara mengatasi memori card tidak terbaca

Melihat posisi kartu memori

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan coba melakukan cek, apakah kamu telah memasang memori card dengan benar. Jangan sampai kamu memasangnya dengan cara yang salah seperti miring, atau menjungkat ke atas.

Oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan mematikan terlebih dahulu smartphone kamu dan kemudian pasang memori card dengan posisi yang tepat dan benar.

Bersihkan menggunakan penghapus karet

Cara mengatasi memori card tidak terbaca kali ini memang terdengar sangat aneh bahkan kuno, akan tetapi cara ini cukup amuph dalam mengatasi masalah memori tak terbaca lho, guys!

Caranya pun sangatlah sederhana, kamu hanya perlu menggosokan penghapus pada bagian memori card yang berwarna kuning. Setelah itu coba pasangkan kembali memori card pada smartphone.

Format kartu memori

Kali ini, coba deh kamu gunakan card reader untuk menyambungkan memori card dengan komputer ataupun laptop. Dan jika terbaca, maka bisa kamu simpulkan jika memori card kamu tidak mengalami kerusakan.

Untuk dapat dipakai kembali, coba kamu melakukan format terhadap memori card terlebih dahulu, namun pastikan sebelumnya pindahkan semua file ke komputer kamu, ya!

Coba pindahkan pada smartphone lain

Cara mengatasi memori card tidak terbaca juga bisa kamu lakukan dengan mencoba memsangkannya pada smartphone yang lain. Jika memori card terbaca maka memori kamu memang tidak bermasalah melainkan smartphone kamulah yang bermasalah.

Lakukan factory reset

Jika memori card kamu tidak rusak namun tidak terbaca, mungkin saja permasalahannya ada pada smartphone yang kamu gunakan. Maka dari itu sangatlah disarankan untuk kamu melakukan factory reset.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya semua konfigurasi dan pengaturan kembali ke awal seperti pada saat kamu pertama kali membelinya. Namun, sebelum melakukan factory reset, backup terlebih dahulu semua data dan file yang kamu anggap penting.

BACA JUGA: Tips Merawat Memori Card Agar Lebih Awet

Cara nya dengan membuka menu Pengaturan> Setelan Tambahan> Buat Cadangan dan Reset> Kemudian tap “Hapus data aplikasi dan aplikasi yang dapat di bongkar”.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi memori card tidak terbaca yang bisa kamu lakukan. Metode di atas bisa kamu coba di semua perangkat android. Semoga bermanfaat, guys!

Stay Connected

104,871FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here