Rabu, 30 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Menghemat Baterai HP Agar Tidak Cepat Habis

Cara Menghemat Baterai HP Agar Tidak Cepat Habis

RANCAH POST – Saat ini kamu merasa jika baterai HP yang kamu gunakan sangatlah boros dan cepat habis? Jika iya, jangan khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan beragam cara menghemat baterai HP berikut ini.

Seperti yang kita ketahui jika perangkat Android memang terkenal dengan konsumsi dayanya yang besar sehingga cukup boros dalam mengkonsumsi baterai.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan agar bisa menghemat baterai HP kamu agar tak usah repot-repot lagi untuk men-chargenya setiap saat.

Cara Menghemat Baterai HP Agar Tidak Cepat Habis

Perhatikan Aplikasi yang Berjalan

Banyaknya aplikasi yang digunakan bisa menjadi salah satu penyebab baterai menjadi boros. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu selalu memperhatikan aplikasi berjalan yang terdapat di background tersebut.

Apabila sewaktu-waktu kamu merasa jika Android kamu cepat habis, maka coba cek penggunaan baterai kamu dengan masuk pada menu Settings> Baterry> Battery Usage.

Disitu kamu bisa mengetahui apa yang mengonsumsi baterai paling banyak, dan silahkan uninstall atau batasi penggunaannya dengan bijak.

Hati-hati Install Aplikasi

Cara menghemat baterai HP yang lainnya ialah dengan selalu memperhatikan dan lebih berhati-hati terhadap aplikasi yang kamu install. Baca terlebih dahulu dengan teliti akses apa saja yang kamu butuhkan di aplikasi yang akan kamu pasang di Smartphone kamu tersebut.

Karena terdapat beberapa aplikasi yang akan menjadikan baterai smartphone kamu menjadi cepat habis karena terus-menerus melakukan ping lokasi pada ponselmu. Jadi, alangkah baiknya kurangi menginstall aplikasi yang membutuhkan akses lokasimu.

Disable Aplikasi Bawaan

Faktanya memang banyak sekali vendor yang sering menyematkan banyak bloatware di smartphone besutannya. Terkecuali untuk jajaran HP Android One yang memang menggunakan sistem operasi yang masih murni.

Agar bisa lebih menghemat baterai Android kamu, coba deh kamu disable bloatware dengan cara masuk pada menu Settings> Apps> Pilih Aplikasi> Disable.

Power Saving Mode

Jika kebetulan smartphone kamu sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop, maka cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai HP kamu itu ialah dengan masuk pada fitur Power Saving Mode.

Pada menu tersebut maka semua fungsi smartphone yang mengonsumsi baterai kamu maka akan dibatasi, dari mulai kecerahan layar, koneksi mobile, WiFi, sampai lokasi.

Cara masuk pada Power Saving Mode ialah dengan masuk pada menu Settings> Battery> Battery Saver> pada pengaturan smartphone yang kamu gunakan.

Matikan Fitur Smart Stay

Pada kebanyakan ponsel, salah satunya Samsung akan ada fitur yang bernama Smart Stay. Dimana fitur ini berguna untuk menjadikan smartphone kamu tetap menyala selama kamu menatap layarnya.

Namun tahukah kamu jika fitur ini justru akan berdampak besar pada baterai HandPhone yang kamu gunakan tersebut? Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu mematikan fitur smart stay tersebut.

Go Grayscale!

Untukmu yang hobi membaca, kamu bisa melakukan cara menghemat baterai HP dengan masuk pada tampilan Grayscale atau Dark Mode.

Fitur ini akan menjadikan tampilan layar HP kamu menjadi tampak abu-abu dan gelap, sehingga akan lebih mengurangi konsumsi baterai.

Jangan Gunakan Live Wallpaper

Cara menghemat baterai HP yang selanjutnya ialah dengan menghindari penggunaan Live Wallpaper. Meskipun memang akan menjadikan tampilan smartphone kamu menjadi lebih indah dan menarik, akan tetapi ini justru akan menjadikan baterai HP menjadi boros.

Matikan Fitur Motions and Gestures

Fitur Motions and Gestures ini memang akan memudahkan para pengguna Android dalam melakukan perintah hanya dengan gesture khusus pada layarnya, misalnya dalam mengambil screenshot, atau mengabaikan panggilan telepon.

Namun akan lebih baik lagi jika kamu mematikan fitur ini agar lebih bisa menghemat baterai HP yang kamu gunakan.

BACA JUGA: Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone, Dijamin Ampuh!

Menggunakan Charger Original

Jika kamu menggunakan charger yang original pada saat mengisi ulang baterai HP tentu hal tersebut akan sangat berpengaruh pada umur baterainya.

Oleh karena itu, agar baterai HP tetap hemat, jangan pernah malas untuk selalu menggunakan dan membawa charger original kamu kemanapun.

Demikianlah, sederet cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai HP yang dapat kamu coba langsung dengan mudah dan nggak ribet. Bahkan cara-cara di atas bisa kamu coba tanpa harus melakukan akses root terlebih dahulu lho, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,939FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan