Senin, 21 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone, Dijamin Ampuh!

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone, Dijamin Ampuh!

RANCAH POST – Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika smartphone harus selalu dicas pada saat baterainya sudah hampir habis, namun hal tersebut tentu akan sangat membutuhkan waktu yang lama. Nah, tahu gak sih ternyata ada lho cara mempercepat pengisian baterai smartphone?

Saat ini memang sudah banyak sekali produsen smartphone yang menawarkan fitur baterai besar dan fast charging, namun hal tersebut bukan tak menutup kemungkinan jika ponselmu akan tetap mengalami lowbat jika digunakan secara terus menerus.

Bahkan lowbat seperti ini bisa saja terjadi dua sampai tiga kali dalam sehari, sesuai dengan pemakaian. Tentunya hal tersebut tergantung pada kapasitas baterai tersebut, ya.

Penyebab baterai lowbat bukan hanya usia baterai yang sudah lama saja, namun bisa juga terjadi karena kamu terlalu sering menggunakan smartphone untuk melakukan aktivitas harian. Pada saat kamu sedang sibuk, tentunya kamu tak akan mempunyai banyak waktu untuk mengisi ulang baterai.

Hal ini karena proses charging sendiri yang biasanya akan memakan waktu lama. Namun tak usah khawatir lagi, karena kamu bisa melakukan cara mempercepat pengisian baterai smartphone berikut ini:

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Menggunakan charger original bawaan smartphone

Meminjam charger orang lain pada saat tengah genting memang sudah menjadi salah satu kebiasaan setiap orang. Namun kebiasaan menggunakan charger yang tak sesuai tersebut justru malah akan memperpendek usia baterai kamu, lho.

Oleh karena itu selalu gunakan charger original yang pastinya sudah disesuaikan dengan tegangan daya yang cocok untuk ponsel yang kamu gunakan.

Menggunakan charger dengan tegangan lebih tinggi

Cara mempercepat pengisian baterai smartphone selanjutnya yakni dengan menggunakan charger dengan arus listrik yang lebih besar. Misalnya charger yang mempunyai arus 1 Ampere akan lebih lambat jika dibandingkan dengan charger dengan arus 2 Ampere.

Jangan lupa pula untuk memastikan charger yang kamu gunakan itu ori, ya. Karena biasanya charger yang tak ori arus listrik yang dihantarkannya tak akan sesuai dengan kenyataannya.

Namun sangat disarankan untukmu melakukan cara ini hanya pada saat urgent saja, pasalnya jika terlalu sering menggunakan charger yang tak sesuai dengan daya justru akan merusak smartphone yang kamu gunakan.

Mematikan smartphone atau airplane mode

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mempercepat pengisian baterai smartphone yakni dengan mematikannya atau dengan mengaktifkan airplane mode. Hal ini karena pada saat smartphone dalam keadaan menyala akan aktif mencari sinyal yang memakan daya.

Oleh karena itu, dengan mematikan ponsel atau mengaktifkan airplane mode akan mengistirahatkan smartphone kamu dari beragam aktivitasnya.

Jauhkan dari tempat yang panas

Pada saat mengisi daya smartphone, sangatlah dianjurkan untukmu menjauhkannya dari tempat yang terpapar oleh sinar matahari. Hal ini karena akan sangat berpengaruh pada kecepatan pengisian daya yang sedang kamu lakukan, sehingga akan menghambat durasi pada saat pengisian.

Jangan isi daya via port USB komputer

Cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang terakhir yaitu jangan pernah kamu mengisi daya melalui port USB komputer ya, guys.

BACA JUGA: Jangan Sembarangan, Ternyata Ini Dia Waktu Terbaik Untuk Charge HP

Hal ini karena arus daya di komputer biasanya tidak akan stabil sehingga nantinya harus membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Tak hanya itu, arus bawaan pada komputer pun biasanya maksimal hanya 1 Ampere saja.

Gimana, sangatlah mudah bukan cara mempercepat pengisian daya smartphone yang bisa kamu praktikkan tersebut? Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,986FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan