RANCAH POST – Apakah kamu mengetahui waktu terbaik untuk charge HP? Mnjaga daya tahan baterai smartphone sangatlah penting untuk kamu lakukan. Oleh karena itu kamu pun harus mengetahui waktu yang tepat dalam mengecas smartphone kesayanganmu itu.

Bukan mengenai dapur pacu atau teknologi kamera terbaru, namun komponen paling penting di smartphone ialah baterai. Karena jika tanpa baterai, mau secanggih apapun teknologi yang dibawanya tak akan membuat smartphone kamu bisa digunakan, bukan?

Mengingat pentingnya peranan smartphone, menjaga daya tahan baterai smartphone pun juga merupakan suatu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, tahukah kamu kapan waktu terbaik untuk charge Handphone?

Waktu Terbaik Untuk Charge HP

Pastinya kamu tak akan mau jika smartphone yang sering kamu gunakan tersebut cepat rusak? Terutama dalam hal mengisi ulang baterai smartphone bukan hanya mengenai memasangkan kabel cahrger dari sumber daya ke port USB saja.

Namun kamu pun harus tahu cara ngecas smartphone yang benar, salah satunya yakni mengenai waktu terbaik untuk melakukannya.

Pada Saat Baterai Smartphone Tersisa 10%

Waktu terbaik untuk charge HP yang pertama yaitu pada saat sisa baterai smartphone kamu telah 10%. Karena pada saat tersebut baterai smartphone akan benar-benar menuju habis, sehingga mampu menampung daya dengan berkekuatan tinggi sekaligus untuk membuat posisi isi ulang lebih cepat.

Disini, kamu pun harus menghindari mengisi ulang baterau smartphone pada saat telah benar-benar habis, karena hal tersebut justru akan menjadikan proses isi ulang menjadi lebih lama. Dan juga akan sia-sia ngecas smartphone jika baterai masih penuh.

Saat Pagi Hari

Waktu terbaik untuk charge HP yang lebih baik kamu lakukan yakni pada saat pagi hari sebangun tidur. Ngecas smartphone pada malam hari dan meninggalkannya saat kamu tidur hanya akan membuatnya overcharging sehingga akan memperpendek umur baterai smartphone kamu.

Kenapa pagi hari bisa menjadi waktu terbaik dalam mengisi ulang baterai smartphone? Hal tersebut beralasan karena kamu bisa mengisi ulang smartphone sembari kamu mandi dan menikmati sarapan sebelum kamu menuju ke kantor atau kampus.

Tanpa harus merasa khawatir terjadi overcharging, kamu bisa fokus menikmati waktu pagimu dan mencabut charger sebelum berangkat aktivitas.

Sesuai Kebutuhan

Mengisi ulang smartphone terlalu sering hanya akan menjadikan siklus baterai smartphone yang kamu gunakan menjadi cepat habis. Alangkah baiknya waktu terbaik untuk charge HP sesuai dengan kebutuhanmu saja, ya. Yakni pada saat baterai kamu akan habis dan tersisa 10%.

Karena saat baterai 10% dan diisi ulang menjadi 100%, ini akan dihitung satu siklus. Begitu juga pada saat kamu mengisi ulang ketika baterai tersisa 60% lalu menjadi 100%, tetap dihitung satu siklus. Hal ini tentu tidaklah efisien, karena rata-rata baterai smartphone hanya mempunyai 500-1.000 siklus baterai.

Jangan Menunggu Baterai Habis Total

Kebiasaan orang zaman sekarang yakni dengan membiarkan baterai smartphonenya hingga benar-benar telah kosong alias habis lalu baru kemudian mengisinya. Nah, kebiasaan seperti ini tentu sangatlah berbahaya lho guys!

Pasalnya, membiarkan daya baterai sampai nol itu hanya akan membuat smartphone kamu menjadi cepat rusak dan tentunya kekuatan baterai smartphone kamu menjadi menurun.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Dicas

Jadi, jangan kaget jika kamu masih sering membiarkan daya baterai sampai nol, maka kekuatan baterai kamu pun akan menurun meskipun sebenarnya smartphone kamu masih baru.

Itu dia waktu terbaik untuk charge HP yang baik dan benar. Jadi, masih mau sembarangan dalam mengecas smartphone kamu itu? Agar baterai smartphone kamu dapat berumur panjang, maka mulai saat ini yuk mulai terapkan waktu ngecas smartphone diatas dengan benar.

Share.

Leave A Reply