Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Dicas

Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Dicas

RANCAH POST – Kesulitan pada saat pengisian baterai memang sering sekali dialami oleh para pengguna smartphone. Akibatnya kegiatan yang akan mereka lakukan menjadi sedikit terganggu karena baterai tidak bisa di-charge dengan maksimal. Maka dari itu, kamu harus mengetahui beragam cara mengatasi baterai tidak bisa dicas berikut ini.

Ponsel yang canggih sekalipun jika ternyata baterainya kurang befungsi dengan baik tentu akan menjadi sia-sia saja dalam memakainya. Karena baterai smartphone mempunyai peranan yang cukup penting sebagai sumber daya perangkat.

Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah baterai yang error dan tidak bisa dicas, maka sebaiknya harus segera kamu atasi, karena hal tersebut tentu akan menghambat aktifitas kamu pada saat menggunakannya.

Terkadang, para pengguna sering mengalami masalah baterai smartphone yang tidak bisa dicas dan mereka juga tak bisa mengatasinya. Maka jika kamu sekarang kamu sedang mengalaminya, kamu bisa melakukan beberapa cara mengatasi baterai smartphone yang tidak bisa dicas berikut ini:

Cara Mengatasi Baterai Smartphone Tidak Bisa Dicas

Ganti Kabel dan Adaptor

Cara yang pertama kamu bisa lakukan yakni dengan mengganti kabel dan juga adaptor yang biasa digunakan untuk charge baterai ponsel kamu. Pada cara kali ini, kamu harus mengecek mengenai kondisi kabel dan adaptor tersebut.

Jika ternyata kabel mengalami kerusakan misalnya kabelnya terkelupas dan port USB pada adaptornya rusak, maka kamu harus mengganti keduanya dengan kabel dan adaptor yang baru.

Kerusakan yang terjadi pada kabel dan adaptor akan menjadikan pengisian daya menjadi terganggu. Baterai tidak bisa menerima listrik dengan baik apabila kabel dan adaptornya rusak sehingga baterai smartphone kamu tak bisa terisi dengan daya listrik.

Bersihkan USB Port

Cara mengatasi baterai tidak bisa dicas juga bisa kamu lakukan dengan membersihkan Port USB di smartphone. Kebersihan smartphone memang harus kamu perhatikan karena akan berdampak buruk bagi kinerja smartphone itu sendiri seperti kebersihan port USB-nya.

Kebersihan Port USB sangatlah berpengaruh pada proses pengisian daya listrik ke baterai. Jika Port USB kotor dengan debu, bekas makanan atau sebagainya maka kotoran tersebut akan menghalangi port USB dengan kabel charger sehingga baterai tak dapat terisi.

Untuk membersihkan port USB maka sangatlah disarankan untuk kamu menggunakan kapas atau juga bisa dengan menggunakan Cotton Bud, ya.

Update Sistem Operasi

Cara yang ketiga dalam mengatasi baterai smartphone yang tidak bisa dicas yaitu melakukan pembaruan atau update Sistem Operasi. Bagi pengguna Android dan juga iOS sangat penting untuk memperbarui Sistem Operasi secara rutin.

Tujuannya tak hanya akan menjadikan smartphone kamu menjadi lebih aman, namun juga bisa menjadikan pengisian daya smartphone lebih maksimal.

Pasalnya tak menutup kemungkinan jika masalah pengisian baterai smartphone terjadi karena banyak bug dan gangguan yang terjadi di perangkat lunak smartphone. Maka kamu harus secara rutin melakukan pembaruan smartphone agar pengisian dapat maksimal.

Mengganti Baterai

Cara mengatasi baterai tidak bisa dicas keempat yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengganti baterai smartphone. Namun sebelum menggantinya, cobalah untuk mengingat kembali apakah ponsel kamu sering terjatuh dan terbentur pada benda keras atau tidak ya, guys.

Pasalnya jika ternyata ponsel kamu sering terjatuh, terbentur dan ukuran baterai menjadi tidak normal seperti mengembung, maka disarankan untuk segera menggantinya. Selain agar pengisian daya baterai dapat kembali maksimal, mengganti baterai juga bisa mencegah kasus smartphone meledak.

Restart Ponsel

Kamu juga bisa melakukan restart jika ternyata baterai smartphone kamu tidak bisa dicas. Tujuannya yakni agar dapat membersihkan cache yang menumpuk di RAM sehingga mengganggu pengisian daya ponsel.

Melakukan restart pada smartphone menjadi salah satu solusi yang dapat kamu coba pada saat baterai smartphone kamu tidak bisa menerima daya listrik saat dicharge.

Cek Sumber Daya Pengisian

Selanjutnya coba kamu cek sumber daya pengisian. Untuk yang mengisi sumber daya melalui powerbank pastikan isi dan kondisi port USB dari powerbank itu, ya.

Kemudian jika mengisi data dari saklar rumah, kantor dan tempat lainnya juga kamu harus memastikan kondisi saklarnya. Port USB dan saklar yang rusak akan menjadikan pengisian daya menjadi terhambat dan bahkan akan menjadikan smartphone kamu menjadi rusak.

Letakkan Ponsel pada Posisi yang Horizontal

Cara mengatasi baterai tidak bisa dicas terakhir adalah dengan memastikan posisi smartphone dalam kondisi yang horizontal pada saat melakukan charge. Maksud dari tips ini untuk memastikan posisi smartphone berada pada permukaan yang datar misalnya meja.

BACA JUGA: Ciri-ciri Baterai Smartphone yang Rusak dan Bocor

Pasalnya, jika smartphone berada pada posisi vertikal dan menggantung dikhawatirkan tak akan bisa terisi daya karena kabel charge tak melekat dengan maksimal di smartphone dan jika dibiarkan akan merusak port USB smartphone kamu.

Itu dia pembahasan mengenai cara mengatasi baterai smartphoen yang tidak bisa dicas. Semoga bisa membantu kamu jika saat ini kamu tengah mengalaminya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,201FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan