Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Ciri-ciri Baterai Smartphone yang Rusak dan Bocor

Ciri-ciri Baterai Smartphone yang Rusak dan Bocor

RANCAH POST – Banyak para pengguna smartphone melakukan charger atau isi ulang baterai yang salah dan justru malah membuat umur baterai yang digunakan menjadi cepat lemah dan rusak. Secara umum, tak sedikit pula pengguna yang tak mengetahui ciri-ciri baterai smartphone rusak.

Smartphone merupakan salah satu benda yang sering sekali ditemukan pada saat ini. Memang tampaknya generasi sekarang tak bisa lepas dari perkembangan teknologi dan juga internet.

Seperti yang diketahui pula jika smartphone pun masih termasuk ke dalam benda elektronok. Terdapat beragam komponen yang terdapat di dalamnya yang juga mempunyai fungsinya masing-masing, salah satunya baterai.

Bicara mengenai baterai, semua jenis Hp mempunyai umur yang kadang berbeda-beda. Ada yang bisa sampai bertahun-tahun, namun ada juga yang hanya bertahan beberapa bulan saja. Oleh karena itu, sangat disarankan untukmu mengetahui ciri-ciri baterai smartphone yang rusak dan bocor.

Meski pada dasarnya baterai yang rusak tergantung pada penggunaannya, namun satu hal yang pasti yaitu pada saat baterai mengalami kerusakan kamu harus menggantinya. Hal tersebut beralasan karena HP kamu nantinya akan mengalami error tertentu yang jika dibiarkan saja bisa jadi akan membuat HP kamu mati total.

Ciri-ciri baterai smartphone rusak

Namun saat ini belum banyak orang yang mengetahui mengenai apa saja yang menjadi ciri-ciri baterai HP yang harus diganti. Jika kamu pun salah satu yang belum mengetahuinya, ini dia beberapa ciri-cirinya:

Baterai mudah sekali habis

Yang paling umum terjadi memang baterai yang rusak akan mudah sekali habis. Dengan catatan disini dikatakan tidak normal, misalnya dulu kamu bisa memakai smartphone hingga sampai 12 jam. Namun belakangan kamu hanya bisa menggunakannya hingga 3 jam saja.

Ciri lainnya adalah pada saat baterai akan mendapati penurunan presentase yang drastis. Nah, agar smartphone kamu bisa lebih nyaman digunakan, alangkah baiknya baterai kamu langsung diganti dengan baru saja.

Sticker baterai sudah lepas

Mungkin kamu pun mengetahuinya jika pada baterai smartphone terdapat sticker yang menempel, dalam sticker tersebut berisi informasi singkat mengenai spesifikasi baterai smartphone yang kamu gunakan tersebut.

Beberapa sumber pun mengatakan, jika sticker baterai yang lepas termasuk ke dalam ciri-ciri baterai smartphone rusak dan ada baiknya untukmu segera mempertimbangkan segera mengganti baterai. Alasannya untuk berjaga-jaga, apabila sewaktu-waktu baterai mengalami drop atau cepat habis.

Baterai lama pada saat di cas

Berapa lama kamu dapat mengecas baterai smartphonemu? Normalnya rata-rata sebuah ponsel membutuhkan waktu kurang lebih 1 hingga 5 jam, tergantung pada setiap tipe handphone itu sendiri.

Maka jika kamu merasa pengisian tidaklah normal, bahkan misalnya sampai mencapai 10 jam lamanya, maka sudah bisa dipastikan jika baterai smartphone mengalami kerusakan.

Presentase baterai error

Ciri-ciri baterai smartphone rusak selanjutnya agak mirip dengan poin pertama, namun error yang dimaksud disini yaitu presentase yang suka loncat. Misalnya dari 70% tiba-tiba menjadi 30%.

Maka hasilnya pun akan menjadikan smartphone yang kamu gunakan menjadi tiba-tiba lowbat, bahkan tanpa kamu sadari. Ini merupakan salah satu ciri jika baterai kamu sudah lemah dan sudah harus diganti. Penyebabnya rata-rata dikarenakan umur baterai atau dari pemakaian.

Smartphone hanya bisa menyala saat tersambung charger

Pada umumnya smartphone harus dapat digunakan bahkan pada saat sedang tak di cas. Lantas, apa jadinya jika baterai hanya bisa menyala pada saat diisi saja?

Hal ini banyak sekali dialami oleh para pengguna yang baterainya memang sudah sangat rusak. Biasanya diikuti pula dengan masalah presentase baterai yang sudah error, serta baterai yang lama pada saat di cas.

Smartphone suka mati sendiri

Ciri-ciri baterai smartphone rusak selanjutnya yakni tiba-tiba mati pada saat tengah digunakan. Dalam presentase daya berapapun, bahkan pada saat masih 90%.

BACA JUGA: Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Perjalanan Mudik

Smartphone yang mati dengan sendirinya memang kebanyakan disebabkan karena baterai yang rusak. Penyebabnya biasanya terjadi karena presentase baterai tidak menunjukkan angka yang benar. Misalnya 90%, padahal aslinya hanya 10%. Maka dari itu kamu pun harus coba mengatasinya.

Sekian penjelasan mengenai ciri-ciri baterai smartphone rusak dan harus segera diganti. Namun ternyata ada cukuo banyak hal yang harus kamu perhatikan, mulai dari contoh errornya hingga penggantian baterai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,201FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan