Selasa, 11 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Cek Kecepatan Internet Pada Android dan PC

Cara Cek Kecepatan Internet Pada Android dan PC

RANCAH POST – Internet suka tiba-tiba tidak stabil? Mendingan kamu lakuin cara cek kecepatan internet di HP dan juga PC yang paling cepat dan akurat berikut ini.

Internet memang menjadi kebutuhan primer untuk para pengguna smartphone yang tentunya bisa juga untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang dilakukan, salah satunya berinteraksi dengan orang lain.

Maka dari itu, sebagus apapun perangkat yang kamu gunakan, jika jaringan internet tidak stabil karena adanya gangguan atau yang lainnya, maka perangkat tersebut tidak akan mampu menyambungkan kamu dengan sosial media dan lain sebagainya.

Maka sebab itulah jaringan internet yang cepat dan stabil menjadi idaman untuk para pengguna smartphone, karena akan sangat membantu penggunanya melakukan bermacam-macam pekerjaan dengan lebih cepat.

Jika saat ini kamu merasa jaringan internet yang kamu gunakan mengalami naik turun, alangkah baiknya kamu tahu mengenai cara cek kecepatan internet paling ampuh berikut ini:

Cara Cek Kecepatan Internet Pada Android dan PC

Cara Mengecek Kecepatan Internet Pada Laptop atau PC

Cara cek kecepatan internet yang pertama kali ini khusus untuk para pengguna PC saja ya, guys. Metode ini pun tergolong tidaklah sulit untuk kamu lakukan dan tentunya kamu tak usah memasang software apapun agar dapat menjalankannya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar dapat mengecek kecepatan internet di PC dengan akurat dan cepat, antara lain:

Cara Mengecek Kecepatan Jaringan via Ookla Speedtest

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan menggunakan layanan gratis yang dibuat oleh Ookla. Dengan satu kali klik saja maka kamu akan langsung mendapatkan informasi mengenai kualitas jaringan pada internet.

Walaupun layanan ini bisa kamu gunakan secara gratis, namun data yang disajikan masih terbilang akurat. Maka, agar kamu bisa mengetahui kecepatan internet yang tersambung di perangkat komputer yang kamu gunakan, kamu bisa masuk ke halaman https://www.speedtest.net/ kemudian tap tombol Go.

Cara Mengecek Kecepatan Internet via CBN Speedtest

Cara cek kecepatan internet di PC yang selanjutnya mungkin hampir sama dengan poin yang sebelumnya, dan hasilnya pun sama-sama akurat ya, guys.

Nah, agar bisa mengakses layanan CBN ini kamu hanya perlu masuk pada halaman https://speedtest.cbn.id/ kemudian menekan tombol Go yang ada di tengah halaman.

Jika sudah kamu lakukan, maka kamu hanya perlu menunggu beberapa saat hingga situs ini akan mengukur kecepatan jaringan internet yang kamu gunakan dengan cara yang otomatis.

Cek Kecepatan Internet Online via Fast

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kecepatan internet di PC yang terakhir kali ini dibuat oleh salah satu platform streaming film terbesar di dunia, yakni Netflix.

Agar bisa melakukan tes menggunakan layanan yang disponsori oleh Netflix ini, kamu harus masuk pada halaman https://fast.com/, dan website yang satu ini pun dengan otomatis akan mengukur kecepatan internetmu.

Cara Mengecek Kecepatan Internet Pada Android

Nah, tak hanya penting untuk pengguna laptop atau PC, namun internet juga menjadi salah satu elemen yang esensial untuk para pengguna smartphone.

Karena tanpa adanya internet pengguna smartphone tak akan bisa menggunakan perangkat mereka dengan maskimal. Oleh karena itu, cara cek kecepatan internet di Android juga wajib kamu ketahui,

Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan dengan memnginstall beberapa aplikasi di perangkat smartphone yang kamu gunakan, antara lain:

nPerf

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan internet ialah nPerf. Aplikasi ini dipercaya bisa menganalisa kecepatan jaringan internet pada ponsel kamu dengan cepat dan akurat.

Tak hanya kecepatan jaringan internet saja, namun pada aplikasi ini kamu juga bisa mendapatkan informasi lainnya misalnya browsing test dan streaming test. Semua data mengenai jaringan internet di HP kamu bisa kamu peroleh dengan cepat menggunakan aplikasi ini.

Meteor

Cara cek kecepatan internet di Android yang selanjutnya ialah aplikasi bernama Meteor yang tak hanya bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan internet di HP saja, namun juga bisa memberikan data kelayakan kecepatan internet untuk aplikasi yang ada pada HP kamu.

Meteor pun dapat kamu manfaatkan untuk menyimpan data koneksi di berbagai tempat yang pernah kamu datangi, sehingga kamu mempunyai data mengenai daerah mana saja yang cocok denga provider internet yang kamu gunakan.

Speedtest Master

Aplikasi terakhir Speedtest Master ini diketahui telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Play Store, sehingga menunjukan bahwa data yang diberikan oleh aplikasi ini terbilang cukup akurat, bukan?

Aplikasi Speedtest Master ini bisa kamu gunakan untuk melakukan tes kecepatan dan stabilitas internet di HP kamu, dan bisa juga untuk menampilkan data tersebut dalam bentuk yang real time.

BACA JUGA: Bikin Ngebut Internetan, Ini Dia Aplikasi Penguat Sinyal Terbaik Untuk Android

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga tak hanya dapat kamu gunakan untuk mengecek kecepatan WiFi, namun juga bisa menunjukkan sebarapa banyak pengguna WiFi yang tengah kamu akses, lho!

Demikianlah sederet cara yang bisa kamu lakukan untuk cek kecepatan internet di PC dan juga Android dengan menggunakan beberapa aplikasi. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,185FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan