Selasa, 11 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Memunculkan Kembali Ikon Aplikasi yang Hilang di HP

Cara Memunculkan Kembali Ikon Aplikasi yang Hilang di HP

RANCAH POST – Berhasilnya sebuah aplikasi terunduh di HP biasanya akan ditandai dengan adanya ikon. Karena ikon mempunyai fungsi sebagai shortcurt dari aplikasi-aplikasi yang terunduh di HP. Lantas, bagaimana jika kamu tak sengaja menghilangkannya? Adakah cara memunculkan kembali ikon aplikasi yang hilang?

Hilangnya ikon aplikasi yang sudah kamu unduh ini memang biasa terjadi pada para pengguna Android, dan mungkin kamu salah satunya. Nah, pada saat hal ini terjadi tentu kamu mengira jika aplikasi tersebut hilang memang karena tak sengaja terhapus, kan?

Padahal, pada saat kamu akan mengunduhnya kembali aplikasi tersebut ternyata masih terisntall di HP yang kamu gunakan. Maka, hal ini tentu menunjukan jika aplikasi tersebut memang masih terpasang di smartphone kamu hanya kamu tak menemukan ikon tersebut.

Sebelum membahas cara memunculkan kembali ikon yang hilang ini, alangkah baiknya kamu mengatahui apa saja yang menjadi penyebabnya, yakni karena adanya kerusakan yang terjadi pada sistem atau memori HP, memori card tercabut atau tak sengaja terformat serta kamu menggunakan theme launcher yang berbeda.

Namun tak usah khawatir, karena kamu bisa menampilkannya kembali dengan menggunakan cara-cara berikut ini, antara lain:

Cara Memunculkan Kembali Ikon yang Hilang

Cek Status Memory Card

Langkah pertama yang bisa kamu coba lakukan ialah dengan mengecek status memory card yang terpasang di smartphone Android kamu. Bisa saja statusnya ter-eject atau terlepas.

Meski kamu merasa tidak mengotak-atik memory card kamu, hal tersebut tak menutup kemungkinan jika memory card kamu bisa ter-eject dengan sendirinya.

Hal ini biasanya disebabkan karena memory card yang sudah longgar atau memang karena terkena guncangan sehingga mengakibatkan smartphone kamu tak bisa membaca memory card dengan benar.

Restart

Cara memunculkan kembali ikon yang hilang selanjutnya yakni dengan memuat ulang atau merestart kembali sistem operasi yang berguna untuk me-refresh Android yang kamu gunakan tersebut.

Karena bisa ketika kamu tengan mengunduh aplikasi, launcher pada HP kamu belum merespon aplikasi yang barus saja diunduh, sehingga ikon tersebut tak muncul di halaman utama ponselmu.

Mengakses Popup di Layanan Screen

Di layar utama HP, coba kamu lakukan penekanan dan tahan beberapa saat di area kosong yang ada pada Home Screen kamu. Dengan menggunakan metode ini biasanya akan memunculkan kembali menu popup dengan beragam piliha, dan kamu bisa memilih opsi “Widgets dan Apps”. Lalu klik pada menu “Apps”.

Biasanya semua aplikasi yang terinstall di HP kamu akan muncul di sini. Kamu hanya perlu memilih ikon dari aplikasi yang hilang tersebut lalu menempatkan ikon di Home Screen perangkat Androidmu.

Hapus Data & Cache Aplikasi Launcer

Jika kamu sudah melakukan pengecekan dan ternyata aplikasi tersebut masih ada pada HP kamu, maka kemungkinan ikon tersebut tersembunyi di salah satu folder hidden.

Dan cara memunculkan kembali ikon yang hilang ini bisa kamu lakukan dengan menghapus data dan juga cache yang ada pada aplikasi launcher di smartphone kamu.

Akan tetapi pada saat kamu melakukan metode ini maka akan menjadikan folder tersembunyi yang berisi aplikasi tersebut menjadi ikut terhapus, lho!

Karena dengan hilangnya folder tersembunyi tersebut, layar home screen akan meminta kamu untuk mengatur ulang ikon-ikon yang ingin kamu munculkan di layar utama HP. Kemudian kamu dapat memunculkan kembali ikon yang hilang dan sering kamu gunakan.

Hapus dan Unduh Ulang Aplikasi

Langkah lain untuk memunculkan kembali ikon aplikasi yang hilang bisa kamu lakukan dengan menghapus aplikasi yang hilang ikonnya tersebut kemudian kamu menginstallnya kembali.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Layar HP yang Blank

Jika sudah kamu bisa merestart ponselmu, kemudian masuk pada Play Store dan unduh kembali aplikasi yang ikonnya hilang tersebut.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan kembali ikon yang hilang di smartphone kamu. Semoga cara-cara di atas bisa membantu ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,185FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan