Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Jangan Buru-buru Menggantinya! Begini Cara Memperbaiki Charger yang Rusak

Jangan Buru-buru Menggantinya! Begini Cara Memperbaiki Charger yang Rusak

RANCAH POST – Saat ini kamu sering mengalami masalah pada saat mengisi baterai HP karena charger yang bermasalah? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara memperbaiki charger rusak yang bisa kamu lakukan sendiri lho!

Pada saat mengisi baterai HP bukan tak mungkin akan ada saja masalah yang timbul yang tentunya akan membuat pengguannya menjadi kesal, entah itu gagal charging total, lemot, atau persentase baterai yang naik turun.

Dan tak jarang pula para pengguna smartphone tersebut akan mengambil kesimpulan jika charging mereka mengalami masalah atau bahkan handphone yang digunakan mulai mengalami kerusakan. Padahal, belum tentu masalahnya ada pada hal tersebut.

Pada kenyataannya, sebagian besar masalah charging pada dasarnya dapat diatasi dengan mudah tanpa harus terburu-buru membawnaya ke service center apalagi sampai menggantinya dengan yang baru.

Oleh karena itu, jika terdapat beberapa masalah dengan charging kamu, alangkah baiknya kamu mencoba cara memperbaiki charger yang rusak berikut ini:

Cara Memperbaiki Charger yang Rusak

Betulkan Posisi Strip pada Port USB

Jika kamu perhatikan, pada bagian tengah port USB ada sebuah strip berukuran kecil. Nah, strip itulah yang terkadang kendor dan menjadikan colokan USB menjadi tak stabil sehingga menjadikan HP tidak bisa charging dengan baik.

Maka dari itu, kamu harus memperbaikinya agar kembali pada posisi yang tepat dan stabil. Caranya pun tidaklah sulit, hanya dengan mengungkitnya sedikit ke arah atas dengan menggunakan tusuk gigi.

Membersihkan Debu

Cara memperbaiki charger yang rusak selanjutnya yakni dengan membersihkan debu yang ada di port USB, hal ini karena akan menjadi penghambat aliran daya listrik. Cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan debu tersebut yakni dengan meniup manual dengan kencang atau bisa dengan bantuan sedotan.

Namun, jika ternyata cara ini belum juga berhasil, maka gunakanlah komposer udara kalengan. Tiupan udara yang lebih kuat dari komposer tentu akan berhasil menghilanmgkan sumbatan yang ada pada port.

Ganti Kabel

Kabel merupakan bagian dari charger yang paling mudah sekali mengalami kerusakan. Apalagi jika ternyata kabel tersebut sering kamu gulung, tekuk, atau bahkan dibiarkan tetap tercolok meskipun kamu telah selesai menggunakannya. Oleh karena itu cobalah untuk mengganti kabel dan lihat bagaimana hasilnya.

Kendati demikian, jangan asal memilih kabel dengan sembarangan ya guys! Pilihlah kabel yang mempunyai arus yang juga sesuai dengan charger. Dan usahakan agar memilih kabel yang tebal dan tak mudah rusak.

Gunakan Charger dengan Benar

Meskipun mempunyai bentuk colokan yang sama, namun tak semua charger dapat mengisi daya baterai HP dengan baik seperti charger asli bawaan. Perbedaan arus dapat mengakibatkan slow vharging atau bahkan baterai mudah bocor.

Jika kamu perlu menggunakan charger universal ataupun charger HandPhone lain maka sebaiknya kamu memastikan jika charger tersebut mempunyai arus dan tegangan yang sama dengan charger yang asli.

Cek Baterai

Cara memperbaiki charger yang rusak dengan mengecek kondisi baterai ponselmu. Karena baterai smartphone sendiri memang tak didesain untuk bisa bekerja dengan optimal selamanya.

Biasanya, jika sudah berusia 2 tahun lebih, maka baterai mulai memberikan tanda-tanda keusangan. Hal ini tentunya akan sangat terlihat jelas.

Cobalah untuk beberapa menit mematikan HP kamu kemudian melepaskan baterainya. Perhatikan apakah baterai agak mengembung atau terdapat cairan yang keluar? Jika iya, hal tersebut memang berarti kamu harus segera menggantinya dengan yang baru.

Matikan HP

Kamu sudah terbiasa memainkan HP pada saat di charge? Nah, mungkin hal inilah yang menjadi penyebab utamanya. Terutama jika aplikasi yang kamu buka termasuk kepada aplikasi-aplikasi yang dapat memboros daya. Kebiasaan ini akan menjadikan baterai kamu menjadi mudah bocor.

Oleh karena itu, cara memperbaiki charger yang rusak yakni dengan mendiamkannya dalam keadaan mati total sehingga baterai bisa beristirahat sejenak. Tak hanya itu, cara ini pun juga akan mempercepat durasi charging dengan cara yang signifikan, lho!

Kalibrasi

Jika indikator ini error, kasus yang kerap terjadi ialah baterai tak pernah mencapai 100% pada saat melakukan charging. Atau bahkan baterai menjadi lebih cepat habis meskipun kamu sudah melakukan pengisian daya yang cukup lama.

BACA JUGA: Tips Untuk Memilih Charger yang Baik dan Benar

Maka dari itu, cara memperbaiki charger yang rusak ini yakni dengan melakukan kalibrasi. Kalibrasi baterai ini dapat dilakukan pada smartphone yang sudah rooted ataupun belum ya, guys!

Nah, semoga dengan cara memperbaiki charger yang rusak di atas bisa menjadikan indikator baterai kamu menjadi normal kembali. Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan