Selasa, 29 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Tips Untuk Memilih Charger yang Baik dan Benar

Tips Untuk Memilih Charger yang Baik dan Benar

RANCAH POST – Charger atau pengisi daya tentu sangatlah berperan penting untuk kelangsungan hidup ponsel yang kamu gunakan. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui berbagai tips memilih charger yang benar agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

Semua orang tentu akan sangat merasa jengkel jika ternyata ia kehilangan sebuah charger smartphone karena memang hal tersebut menjadi salah satu aksesoris penting yang wajib ada agar bisa mengisi daya baterai ponsel yang digunakannya.

Pada kondisi seperti itulah maka kamu pun harus membeli pengisian daya atau charger yang baru agar smartphone kamu tidak mati. Sehingga tak jarang karena sangat membutuhkannya, maka kamu akan membeli pengisi daya yang seadanya tanpa memperhatikan kualitasnya.

Umumnya memang kamu akan menemukan banyak sekali charger smartphone yang dijual di pasaran. Namun jika kamu membeli charger yang tidak tepat hal tersebut justru akan memberikan dampak yang buruk untuk ponsel yang kamu gunakan tersebut.

Karena tak semua pengisi daya dibuat sama, meskipun terlihat serupa ya, guys. Pada dasarnya tiap ponsel mempunyai kemampuan tersendiri untuk mengisi dayanya. Pengisian daya yang tepat tentunya akan menjadikan baterai ponselmu menjadi bertahan lebih lama dan tak mudah rusak.

Kendati demikian, agar kamu dapat membeli charger yang baik dan berkualitas bagus, yuk lakukan beberapa tips memilih charger yang benar berikut ini agar ponsel kamu pun tak mudah rusak, antara lain:

Tips Untuk Memilih Charger yang Baik dan Benar

Periksa tegangan charger

Perlu kamu ketahui bahwa daya pengisian didasarkan pada tiga hal yakni daya atau power (P) diukur dalam Watt, arys (I) diukur dalam amp atau milimeter, dan tegangan (V) diukur dalam volt. Jumlah daya ditentukan oleh persamaan P = IV. Dengan kata lain, daya merupakan produk arus yang dikalikan dengan tegangan.

Nah, pada saat kamu memilih pengisi daya kamu bisa memeriksa keterangan tegangan tersebut dibagian kemasan charge yang akan kamu beli. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi ini melalui kepala charger. Charger yang mempunyai keterangan tegangan pada bagian kepalanya.

Lihat baterai

Tips memilih charger yang benar yakni kamu harus mengetahui mengenai spesifikasi baterai pada ponsel yang kamu gunakan. Caranya dengan membuka casing ponsel dan lihat keterangan volt pada baterai. Pada keterangan baterai selalu ada keterangan beberapa voltase atau tegangan listrik yang akan masuk ke baterai.

Misalnya, jika baterai mempunyai voltase 4,35V-2600mAh maka kamu bisa mencari pengisi daya yang mendekati angka voltasenya denga voltase baterai tersebut. Contohnya, charger dengan voltase 5V-2000mAh akan lebih cepat mengisi daya jika dibandingkan dengan voltase 5V-1000mAh.

Membeli charger yang asli

Tips memilih charger yang benar untuk ponselmu yang lainnya yaitu dengan membeli langsung di toko resmi. Charger yang asli tentunya akan sangat terjamin keamanan dan juga kualitasnya.

Dengan membeli langsung pengisi daya di toko yang resmi merk ponselmu, maka kamu tak harus merasa khawatir lagi salah membeli charger yang tepat untuk ponselmu. Baterai pun tentunya akan menjadi lebih awet dan tak mudah rusak karena voltase yang digunakan sudah disesuaikan oleh produsen.

Perhatikan garansi

Tips lainnya yang harus kamu perhatikan pada saat membeli vharger yakni dengan tidak lupa untuk memperhatikam garansi yang diberikan oleh pihak produsen charger yang kamu beli. Hal ini tentu akan sangat berguna agar kamu dapat mengajukan perbaikan atau penggantian pengisian daya tersebut dengan yang baru jika ternyata terdapat masalah.

Tentunya, untuk itu kamu juga sangat diharuskan untuk membaca dengan teliti syarat dan ketentuan agar dapat melakukan klaim garansi pengisian daya yang kamu beli tersebut.

Beli dari service center atau seller toko online yang terpercaya

Tips memilih charger yang benar yang harus kamu lakukan selanjutnya yakni dengan mengunjungi service center smartphone terpercaya yang ada di daerahmu , kemudian tanyakan charger yang sesuai dengan ponsel yang kamu punya.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi toko online maupun fisik untuk membeli charger asli yang sesuai dengan ponsel yang kamu miliki.

BACA JUGA: 5 Cara Memilih Power Bank yang Harus Diperhatikan!

Jika tersedia, maka usahakan untuk memilih penjual yang memang sudah teruji kualitas produk yang mereka tawarkan dengan cara melihat ulasan para pembelinya. Kamu juga bisa memilih penjual di toko online yang mempunyai label “verifikasi” yang menandakan jika penjual tersebut mempunyai kualitas yang tak usah diragukan lagi.

Dengan begitu, maka tak hanya mendapatkan charger yang cocok dengan smartphone yang kamu gunakan, keaslian produk yang kamu beli pun tentunya akan sangat terjamin dong, guys!

Demikianlah kelima tips memilih charger yang benar untuk smartphone yang harus kamu terapkan agar kamu tidak menyesal telah membeli pengisi daya yang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasimu. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,941FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan