22.4 C
Ciamis
BerandaTeknologiTips n Trik5 Cara Memilih Power Bank yang Harus Diperhatikan!

5 Cara Memilih Power Bank yang Harus Diperhatikan!

RANCAH POST – Untuk kamu yang mempunyai smartphone tentu akan siap siaga jika sewaktu-waktu baterai akan habis, salah satunya dengan menyiapkan alat bantu power bamk untuk charger HP. Namun apakah kamu tahu bagaimana cara memilih power bank yang bagus?

Power bank sendiri sangatlah bermanfaat sekali karena bisa kamu gunakan sebagai baterai cadangan sekaligus pengisian portable, pasalnya power bank juga mempunyai ukuran yang cukup kecil dan hanya cukup untuk mengisi satu smartphone android saja.

Akan tetapi, power bank juga dapat kamu isi ulang seperti layaknya smartphone android. Dan lebih tepatnya kamu bisa membawannya kemana-mana sehingga menjadikan pengisian menjadi mudah.

Dalam membeli power bank, kamu harus memilihnya dengan sangat baik karena jika tidak, bisa saja android kesayangmu itu mengalami kerusakan karena pemilihan powerbank yang tak berkualitas baik.

Dengan demikian, pastikan sebelum membeli power bank kamu menerapkan cara memilih power bank berkualitas yang berkualit dan awet berikut ini:

Cara memilih power bank yang berkualitas baik

Sesuaikan power bank dengan kapasitas baterai android

Dalam memilih power bank, langkah pertama yang harus kamu perhatikan yakni mengenai penyesuaian kapasitas baterai yang ada di smartphone kamu dengan kapasitas daya pada power bank.

Dengan menyesuaikan kapasitas baterai dengan power bank, maka itu akan sangat bagus jika keduanya sesuai dengan daya nantinya. Hal ini bertujuan agar memberikan kenyamanan yang lebih lama lagi nantinya.

Nah, disini kamu tak disarankan untuk memilih power bank yang mempunyai kapasitas lebih rendah dibandingkan dengan baterai smartphone kamu. Karena hal itu akan sia-sia saja sebab kamu tidak bisa mengisi daya 100% penuh.

Dengan begitu, kamu harus memilih power bank yang kapasitasnya lebih besar agar power bank yang kamu beli nantinya akan mengisi baterai dengan penuh dan bahkan bisa digunakan lagi isinya di kemudian hari.

Penyamaan nilai arus power bank

Cara memilih power bank yang kedua yakni kamu harus memperhatikan arus daya. Karena hal ini sangatlah mempunyai peranan baik dalam penggunaan smartphone. Maka semakin tinggi arus daya yang dialirkan maka akan semakin cepat pula baterai smartphone akan terisi oleh power bank nantinya.

Oleh karena itu, kamu tak boleh salah salam memilih power bank pada saat akan membelinya, jika arus yang dibutuhkan pada baterai 3 ampere, maka pastikan kamu pun membeli power bank dengan arus yang sama pada baterai smartphone kamu.

Hal ini bertujuan yakni untuk pengisian baterai oleh power bank dapat terisi dengan normal dan penyamaan arus tersebut akan mempengaruhi umur baterai.

Nah, untuk bisa melihat arus daya power bank biasanya bisa kamu lihat detailnya pada bungkus kardus booknya pada kemasan power bank dan pada dus book smartphone kamu. Maka samakanlah arus baterai smartphone kamu dengan arus power bank yang akan kamu beli.

Pemilihan jenis sel baterai pada power bank

Selanjutnya cara yang bisa kamu lakukan dalam memilih power bank yang berkualitas yakni dengan melihat jenis sel pada beterai, sebenarnya ada dua jenis baterai yang biasanya digunakan oleh produsen power bank untuk ditawarkan kepada konsumennya.

Pada umumnya mereka akan menggunakan Li-po dan Li-Ion. Jenis sel baterai tersebut mempunyai kelebihan yang beragam, misalnya pada saat baterai jenis Li-po yang ada pada sebuah power bank akan lebih unggul dibandingkan dengan baterai jenis Li-Ion.

Jika diabndingkan dengan Li-Ion, baterai jenis Lipo lebih bagus powernya pada saat mengisi daya pada baterai smartphone dan tablet. Dengan power dan arus yang masuk dari power bank pada sebuah baterai dari smartphone atau tablet, maka akan memperpanjang umur dari baterai tersebut.

Keamanan power bank

Tak sedikit orang pada saat akan membeli power bank sering mengabaikan fitur keamanan yang ada pada sebuah power bank, pasalnya keamanan pada power bank termasuk menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Oleh karena itu cara memilih power bank yang baik kamu harus memperhatikan keamanannya. Karena jika kamu salah pilih dalam memilih power bank akan mengakibatkan baterai mengalami masalah misalnya korsleting smartphone, ini akan mempengaruhi kerusakan pada komponen hardware sebuah tablet atau smartphone.

Pada saat memilih sebuah power bank kamu harus memastikan terlebih dahulu jika power bank tersebut mencantumkan fitur keamanan Over Charging Portection, yang berarti jika baterai di perangkat sudah diisi oleh power bank dengan penuh, maka dengan otomatis arus listrik yang dialirkan akan terputus dengan sendirinya.

Kemudian cara memilih power bank yang baik yakni harus terdapat fitur Short Circuit Portection, fitur yang satu ini bisa mencegah terjadinya arus pendek maupun korsleting pada perangkat smartphone maupun tablet yang kamu punya.

Dengan begitu, jika kedua hal tersebut sudah terdapat di power bank yang akan kamu beli, maka sudah bisa dipastikan jika power bank tersebut sudah aman untuk digunakan.

Pilih power bank merek asli dan ternama

Cara memilih power bank yang terakhir yaitu dengan memilih power bank berdasarkan keaslian produk tersebut, merek merupakan tanda apakah barang itu sudah ternama atau belum, karena jika sebuah power bank bermerek dan sudah teruji ke asliannya sudah bisa dipastikan akan mempunyai kulitas yang bagus dan awet.

BACA JUGA: Cara Memilih Anti Gores Berkualitas Baik Untuk Android

Nah, itulah sederet cara memilih power bank yang bisa kamu lakukan pada saat akan membelinya. Karena jika kamu memilihnya dengan tepat maka akan mendapatkan power bank dengan kualitas yang baik.

Tak hanya itu, pemilihan yang tepat akan memberikan dampak positif untuk daya yang diberikan sehingga akan terhindar dari kerusakan pada hardware. Semoga bermanfaat, guys!

Stay Connected

104,871FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here