Kamis, 6 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang di Smartphone

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang di Smartphone

RANCAH POST – Tidak cukup ruang pada perangkat biasanya terjadi di ponsel dengan memori Internal ukuran kecil. Tidak cukup ruang bukan berarti kamu harus membeli HP baru, ya. Namun, alangkah baiknya kamu mengakalinya terlebih dahulu dengan beragam cara untuk mengatasi tidak cukup ruang tersebut.

Penyebab terjadinya masalah tidak cukup ruang pada perangkat ini biasanya akan muncul apabila aplikasi terlalu banyak yang terinstall di ponsel kamu sehingga menjadikan memori internal kamu menjadi penuh.

Atau mungkin bisa juga karena kamu yang malas atau bahkan tak pernah menghapus cache Android sehingga terjadinya penumpukan yang sangat banyak hingga menguras memori internal ponselmu.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan memberikanmu sedikit solusi yang bisa kamu gunakan sebagai cara untuk mengatasi tidak cukup ruang tersebut, antara lain:

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang

Lakukan Pengecekan Pada Internal

Pertama, cobalah untuk melakukan pengecekan pada memori Internal di smartphone Android kamu. Karena bisanya memori yang penuh disebabkan karena banyak hal, misalnya foto, video, dokumen, musik, basis data, aplikasi dan juga game.

Maka kamu bisa mengeceknya untuk memastikan file atau aplikasi mana yang harus kamu hapus, pindahkan atau uninstall.

Hapus Pesan Masuk (SMS)

Cara mengatasi tidak cukup ruang selanjutnya yakni kamu harus membersihkan pesan masuk atau Inbox. Hal ini jangan kamu lakukan untuk aplikasi pesan saja, namun juga di aplikasi lainnya seperti LINE, WhatsApp, dan lainnya.

Dengan melakukan metode ini, setidaknya memori internal kamu akan jauh lebih baik dan lega ya, guys.

Hapus File Cache Android

Kemudian, kamu bisa membersihkan cacahe yang ada pada sistem maupun aplikasi Android kamu. Di sini kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner agar dapat membersihkan file sampah dengan cepat hanya dengan satu kali klik saja.

Atau kamu bisa melakukannya dengan cara yang manual langsung dari yang disediakan pada smartphone kamu.

Gunakan Aplikasi Cleaner

Cara mengatasi tidak cukup ruang selanjutnya bisa kamu coba dengan menggunakan aplikasi Cleaner. Ada banyak sekali aplikasi Cleaner yang bisa kamu gunakan secara gratis dengan fitur yang lengkap.

Dengan demikian, semua file sampah, basis data, history, dan virus akan terhapus semuanya. Beberapa aplikasi Cleaner diantaranya CCleaner, Clean Master, dan yang lainnya.

Gunakan Aplikasi Keamanan

Pada dasarnya aplikasi keamanan ini sama halnya dengan aplikasi Cleaner yang berguna dalam hal membersihkan semua file sampah, virus, dan melakukan boost pada RAM Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membersihkan semua file sampah yang ada.

Pindahkan Aplikasi pada MicroSD

Kemudian cara mengatasi tidak cukup ruang yang bisa kamu coba yaitu dengan memindagkan sebagian aplikasi pada SD Card atau memori eksternal. Namun, sebelum melakukannya alangkah baiknya untuk kamu memastikan terlebih dahulu telah memasang memori eksternal dengan kapasitas yang cukup besar, minimal 4GB.

Pindahkan Foto, Musik, Video pada MicroSD

Tak hanya memindahkan aplikasi saja,m namun kamu juga harus memindahkan file atau data penting lainnya pada SD Card misalnya dokumen, foto, gambar, musik, audio, video, dan yang lainnya.

BACA JUGA: Sederet Penyebab RAM Smartphone yang Cepat Penuh

Karena dengan melakukan hal ini, setidaknya memori Internal kamu tak akan terlalu banyak menyimpan data di dalamnya.

Factory Reset

Dan cara yang terakhir bisa kamu coba dengan melakukan factory reset atau mengembalikan smartphone pada pengaturan pabrik. Metode ini kamu lakukan jika semua cara di atas tak bisa mengatasi masalah yang kamu alami, ya.

Itulah pembahasan mengenai tips dalam mengatasi tidak cukup ruang yang bisa kamu coba di rumah. Semoga dapat membantu dan bermanfaat ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,225FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan