26.1 C
Ciamis
Beranda Teknologi Sederet Penyebab RAM Smartphone yang Cepat Penuh

Sederet Penyebab RAM Smartphone yang Cepat Penuh

RANCAH POST – RAM smartphone memang menjadi salah satu komponen sebuah ponsel yang cukup penting. Meski banyak perusahaan HP menawarkan kualitas RAM besar, namun jika terlalu banyak menginstall aplikasi akan menjadi penyebab RAM smartphone yang cepat penuh.

Seperti yang kita ketahui, saat ini memang smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk semua orang, hal tersebut ditandai dari penggunaan ponsel pintar ini yang semakin hari semakin melambung pesat saja.

Fungsi dari smartphone sendiri memang sangatlah multiguna, hal itulah yang menjadikannya tak bisa bisa lepas dari genggaman tangan. Namun, tentu saja semua orang pernah mengalami masalah di ponselnya itu, salah satunya RAM yang cepat sekali penuh.

Meskipun kamu telah mengorbankan beberapa aplikasi kesayangan agar RAM smartphone kamu menjadi longgar. Namun ternyata, RAM tersebut tetap saja masih penuh. Penasaran, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab RAM smaretphone cepat sekali penuh? Yuk simak beberapa penyebabnya berikut ini:

Penyebab RAM Smartphone yang Cepat Penuh

Aplikasi bawaan hyanbb terus menerus berjalan

Mungkin semua orang sudah mengetahuinya jika pada sebuah Android terdapat aplikasi yang sudah terpasang sejak kamu membelinya. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi sistem yang akan terus menerus berjalan sepanjang HP kamu dalam kondisi aktif.

Karena terus menerus bekerja, pada akhirnya akan menyita banyak memori RAM. Namun sayangnya beberapa sistem ini tak bisa dihentikan, apabila sistem dihentikan maka terdapat fitur Android yang akhirnya tidak bekerja.

Namun beberapa sistem yang lain masih bisa dihentikan, kok. Meskipun dengan catatan sistem tersebut tidak sedang kamu gunakan, ya.

Terdapat aplikasi yang berjalan di latar belakang

Penyebab RAM smartphone cepat penuh selanjutnya yakni adanya aplikasi yang terus berjalan di latar belakang. Perlu kamu ketahui jika aplikasi Android ada yang berjalan hanya pada saat aplikasi dibuka, dan ada pula yang berjalan meski tidak digunakan.

Aplikasi yang bekerja di latar belakang ini biasanya disebut dengan aplikasi yang real time. Misalnya aplikasi komunikasi karena setiap saat bisa menerima pesan, atau juga aplikasi peta (maps) karena selalu mengupdate lokasi hingga akhirnya menyebabkan RAM penuh.

Hal tersbeut disebabkan karena aplikasi tetap bekerja meskipun tidak digunakan sehingga pada akhirnya akan berbagi dengan aplikasi lain yang sedang digunakan.

Aplikasi sedikit tetapi menyita banyak RAM

Mungkin kamu telah menghapus beberapa aplikasi kesayangan demi kosongnya RAM sebagai cara agar HP kamu tidak lemot, dan kamu pun hanya menyisihkan beberapa aplikasi yang memang kamu butuhkan saja. Namun sayang, terkadang cara ini masih belum berhasil juga untuk menambah RAM yang tersisa di Android kamu.

Mengapa demikian? Karena aplikasi favorit yang tinggal sedikit tersebut, ternyata aplikasi yang justru paling banyak menghabiskan RAM. Sehingga menjadi penyebab RAM smartphone yang cepat penuh meskipun aplikasi sedikit bahkan hanya menyisakan satu atau dua aplikasi kesayangan.

Terpasang aplikasi penambah RAM dan pembersih RAM

Mungkin untuk sebagian orang menggunakan aplikasi penambah RAM atau pembersih RAM sangatlah penting sehingga mereka menggunakannya dengan cara yang ruti. Namun, alangkah baiknya kamu memeriksa penggunaan RAM di smartphone kamu, deh! Karena bisa saja aplikasi tersebut justru menjadi penyebab RAM smartphone yang cepat penuh.

Karena pada dasaranya aplikasi tersebut sering kali bukanlah untuk menambah RAM. Karena RAM merupakan perangkat keras, sehingga cara memperbesar RAM Android tak bisa ditambah hanya dengan menggunakan aplikasi saja.

BACA JUGA: Cara Mengatasi penggunaan RAM Android yang Penuh

Fungsi dari aplikasi penambah RAM Android ini ialah untuk mengoptimalkan kinerja RAM yang kamu miliki saja. Kalaupun ada aplikasi penambah RAM yang bekerja, maka biasanya aplikasi tersebut mensyaratkan agar smartphone kamu sudah harus di Root.

Kapasitas RAM Android yang kecil

Penyebab RAM smartphone yang cepat penuh lainnya bisa saja terjadi karena memang kapasitas RAM yang terdapat di smartphone kamu kecil. Dan biasanya HP keluaran lama akan mempunyai RAM yang kecil karena pada saat itu aplikasi tak menyita banyak space RAM.

Itulah 5 penyebab RAM smartphone yang cepat penuh yang bisa saja terjadi pada ponsel kamu saat ini. Semoga bermanfaat!

Stay Connected

105,069FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here