Rabu, 28 Oktober 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi penggunaan RAM Android yang Penuh

Cara Mengatasi penggunaan RAM Android yang Penuh

RANCAH POST – Tak sedikit orang yang mengeluhkan dengan RAM ponsel yang sudah penuh atau over. Padahal, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengatasi penggunaan RAM Android penuh tersebut.

Perangkat yang paling banyak digunakan saat ini memang berupa ponsel pintar Android. Smartphone yang satu ini memang seolah-olah membius setiap orang agar bisa memilikinya. Tak jarang kita menemui seseorang yang memang menggunakan ponsel pintar ini.

Memang sudah seharusnya Android ini disebut dengan smartphone atau ponsel pintar karena kegunaannya yang canggih dapat mempermudah setiap orang yang menggunakannya dalam kebutuhan sehari-hari.

Seperti halnya komputer, android juga mempunyai yang namanya RAM. Sering kita mendengar istilah RAM ini dalam spesifikasi Android. Jika kita tak bisa mengelola aplikasi dengan baik maka hal tersebut akan mempengaruhi pada kinerja RAM yang akan bekerja dengan lebih keras.

Pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa cara mengatasi penggunaan RAM ponsel yang penuh atau selalu over. Yang dimaksud over disini yaitu penggunaan RAM pada Android yang memakan jumlah banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tipsnya, diantaranya:

Cara Mengatasi penggunaan RAM Android yang Penuh

Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Cara yang pertama yakni dengan menghentikan aplikasi yang memang sudah jarang kamu gunakan. Karena kebanyakan aplikasi yang membuat RAM cepat sekali penuh yakni aplikasi chat.

Maka dari itu alangkah baiknya untukmu segera menghentikan aplikasi chat yang berjalan di belakang layar tersebut misalnya, LINE, WeChat, Facebook Messenger, Instagram, atau lain sebagainya.

Pindahkan Aplikasi dari Internal ke Eksternal Card

Cara mengatasi penggunaan RAM Android penuh kedua ini memang tak berhubungan dengan penuhnya memori RAM, akan tetapi metode ini juga bisa kamu coba sebagai alternatif untuk menghemat memori internal Android.

Selain RAM, setidaknya kamu juga harus menghemat memori internal agar mempunyai space yang lebih besar.

Untuk memindahkan aplikasi ke eksternal card kamu bisa secara langsung melalui smartphone Android itu sendiri tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi tambahan LINK2SD ya, guys.

Hapus Atau Nonaktifkan Aplikasi yang Jarang Digunakan

Jika kamu ingin RAM Android kamu tetap dalam keadaan yang normal dan tak sering mengalami penuh, maka cara mengatasi penggunaan RAM Android penuh yakni dengan menonaktifkan aplikasi bawaan yang memang jarang sekali digunakan olehmu.

Atau jika mau, kamu bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak kamu gunakan tersebut. Dengan melakukan cara ini, maka akan menjadikan RAM kamu lebih lega, terlebih memori internal kamu juga akan mempunyai space ruang yang cukup banyak.

Bersihkan Cache Secara Rutin

Sebagai pengguna Android yang bijak, kamu harus selalu membersihkan file cache Android dengan rutin minimal 3 hari dalam seminggu ya, guys. Hal ini bertujuan agar performa Android kamu akan tetap optimal dan tak gampang lemot.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Penambah RAM Untuk HP Android Semua Tipe

Selain itu, membersihkan cache aplikasi juga akan mengurangi dampak eror pada aplikasi seperti lag, macet, force close secara tiba-tiba, muncul pesan error, dan lainnya.

Gunakan Aplikasi Booster

Cara mengatasi penggunaan RAM Android penuh yakni dengan menggunakan aplikasi booster yang merupakan aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan performa Android secara signifikan. Aplikasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengguna RAM supaya leboh optimal dan tak gampang lemot.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi penggunaan RAM yang penuh yang bisa kamu gunakan di semua perangkat smartphone, guys. Selamat mencobanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan