Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Kamera Hp yang Tiba-tiba Buram

Cara Mengatasi Kamera Hp yang Tiba-tiba Buram

RANCAH POST – Tak sedikit pengguna smartphone tentu pernah mengalami kamera yang buram pada saat memotret sesuatu. Nah, jangan langsung membawanya ke service HP atau bahkan menggantinya dengan yang baru, ya. Alangkah baiknya kamu memperbaikinya dengan cara mengatasi kamera HP yang buram tersebut.

Seperti yang kita ketahui jika kamera yang terdapat di ponsel seseorang memang menjadi salah satu fitur penting yang sering digunakan. Maka tak heran, jika kini banyak sekali smartphone yang telah mempunyai kamera HP semakin canggih.

Bahkan saat ini, sudah ada beberapa HP yang mempunyai kamrera hingga lebih dari 20Mp lho, dan tentunya sudah dilengkapi pula dengan sensor-sensor keren lainnya.

Biasnya pula kualitas gambar yang dihasilkan pun tentu akan sangat berpengaruh dari spesifikasi HP yang digunakan. Karena semakin tinggi spesifikasi HP, maka kamera yang dimilikinya pun akan semakin baik.

Akan tetapi, terlepas dari itu semua, tentunya kamu pernah kan mengalami kamera HP yang tiba-tiba menjadi bura,? Pada saat memotret, hasil yang didapatkan pun akan menjadi tidak bagus, cenderung gelap, dan bahkan terlihat banyak noise.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi kamera HP yang buram tersebut, kamu harus mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan kamera HP kamu menjadi buram diantaranya kamera adanya kotoran yang menempel, kamera terganggu lensa casing tambahan yang kualitasnya kurang bagus, lensa HP yang bermasalah atau bahkan memang karena kamera HP yang kurang memadai.

Nah, jika saat ini kamera HP kamu buram, maka kamu bisa menggunakan solusi dan cara mengatasi kamera HP yang buram berikut ini agar dapat kembali jernih, antara lain:

Cara Mengatasi Kamera HP yang Buram

Bersihkan Kamera HP

Kotoran bisa saja menempel pada lensa kamera HP tanpa kamu sadari. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan yakni hasil foto akan menjadi lebih buram.

Oleh karena itu, kamu harus membersihkan kamera HP kamu dengan rutin agar tak ada kotoran yang mungkin saja akan menempel pada saat kamu menyentuhnya dengan tidak sengaja.

Kamu bisa membersihkan kamera dengan menggunakan kapas dan tisu, atau kamu bisa menggunakan cairan LCD cleaner agar hasil yang didapatkan lebih bersih.

Menggunakan Selotip di Kamera

Mungkin cara mengatasi kamera HP yang buram yang satu ini sangat unik dan menarik untuk kamu lakukan. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan selotip yang bisa kamu tempel di kamera guna mendapatkan hasil foto yang tidak buram dan menjadikannya lebih jelas.

Caranya dengan mengambil sedikit selotip dan potong agar tak terlalu besar, kemudian tempelkan pada kamera dengan menyesuaikan, dan pastikan selotip yang kamu tempelkan sudah benar sehingga tidak meninggalkan celah.

Perlu kamu ingat, jangan sampai menyentuh dan mengotori bagian selotip pada kamera, ya. Karena, jika selotip sampai kotor, maka kamera di HP kamu justru akan tambah buram bahkan semakin parah dari sebelumnya, lho!

Leas Casing HP

Untuk kamu yang menggunakan casing Hp, apalagi yang terdapat pula perlindungan pada kameranya, alangkah baiknya kamu melepaskannya terlebih dahulu. Karena bisa saja hal itu merupakan salah satu penyebab dari masalah buramnya kamera di HP kamu.

Alasannya, kamera terhalang oleh casing atau pelindung tersebut, sehingga mengakibatkan kamu menjadi tak bisa mendapatkan objek secara langsung dan membuat kualitas gambar menjadi tidak bagus dan tidak jernih.

Menggunakan Hair Dryer

Tak hanya kotor saja, namun kamera HP yang buram juga bisa disebabkan karena ponselmu terkena air, misalnya pada saat kamu kehujanan. Oleh karena itu cara yang cocok untuk mengatasi kamera HP yang buram tersebut yakni dengan menggunakan Hair Dryer.

Caranya dengan terlebih dahulu mematikan HP kamu dengan baterai yang dilepaskan, kemudian aktifkan hair dryer dengan mengatur suhu terendah, hangatkan HP dari jauh khususnya pada bagian kamera, dan jangan lupa untuk memastikan HP kamu tidak menjadi terlalu panas pada saat menggunakan hair dryer ini, ya!

Mengganti Lensa HP

Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengetasi kamera HP kamu yang buram, mungkin salah satu solusi terbaik yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengganti lensa HP.

Namun jika kamu ingin melakukan cara ini, alangkah baiknya kamu membawanya ke tempat service terdekat saja ya guys guna menghindari kerusakan yang tidak diinginkan nantinya.

BACA JUGA: Tips Merawat Kamera HP dengan Baik dan Benar

Reset Pengaturan Kamera

Cara mengatasi kamera HP yang buram yang terakhir ialah dengan me-reset pengaturan kamera yang berguna agar bisa meningkatkan dan menurunkan kualitas dari hasil potret.

Hal ini dilakukan karena bisa saja kamu tak sengaja mengubah pengaturan kamera sehingga mengurangi kualitas gambar yang menjadikannya gelap atau buram.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan guna mengatasi kamera HP yang buram. Semoga dengan melakukan langkah-langkah di atas bisa menjadikan kamera HP kamu menjadi jernih kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan