Selasa, 11 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mudah Untuk Mengatasi Kuota Internet yang Cepat Sekali Habis

Cara Mudah Untuk Mengatasi Kuota Internet yang Cepat Sekali Habis

RANCAH POST – Kuota internet yang cepat habis merupakan sebuah masalah utama yang sering dikeluhkan oleh pengguna internet, apalagi jika penggunaan serta kapasitas kuota yang dimiliki tidak seimbang. Tentu hal tersebut akan menyebabkan kuota semakin  cepat habis. Oleh karena itu yuk ketahui cara mengatasi kuota internet cepat habis tersebut.

Penggunaan kuota internet pada HP Android, pada umumnya memang tak ada bedanya dengan saat kamu menggunakannya pula di komputer dan laptop. Karena, data-data yang kamu download saat browsing pun rata-rata masih sama dengan versi dekstop.

Dan bahkan bisa saja, browsing pada HP justru akan sangat menghabiskan kuota jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kamu melakukan browsing di komputer atau laptop.

Hal ini tentu akan sangat membuat kamu kesal, kan? Karena saat ini kebanyakan orang lebih nyaman melakukan browsing dengan menggunakan smartphone dibanding dengan menggunakan PC atau laptop.

Oleh karena itu, untuk menghemat kuota di Android, kamu bisa melakukan sederet cara yang akan dibahas berikut ini guna mengatasi kuota internet yang cepat habis, antara lain:

Cara Mengatasi Kuota Internet Cepat Habis

Pilih browser yang cocok dan hemat kuota

Banyak sekali jenis aplikasi browser yang ada di Google Playstore mulai dari Firefox, Chrome, UC Browser, dan masih banyak lagi yang lainnya. Terkait masalah ini, pada dasarnya kamu bisa memilihnya secara bebas sesuai dengan kebutuhanmu.

Pada saat memilih browser, selalu pastikan jika browser tersebut mempunyai fitur adblock ya, guys. Pasalnya, adblock ini sangatlah berguna untuk mencegah iklan agar tidak tampil, karena memang iklan ini mempunyai andil besar dalam menghabiskan kuota internet pada saat kamu melakukan browsing.

Non-aktifkan gambar saat melakukan browsing

Cara mengatasi kuota internet cepat habis selanjutnya dengan menon-aktifkan gambar pada saat melakukan browser. Karena ketika browsing, setidaknya kamu akan menemukan dua unsur di dalamnya, yakni teks dan juga gambar.

Mungkin untuk teks kamu tak akan menemukan masalah apapun, karena meskipun dalam seberapa banyak karakter di dalamnya pun tetap saja kapasitasnya akan kecil. Akan tetapi lain halnya dengan gambar atau foto.

Bisanya gambar atau foto yang ditemui pada saat melakukan browsing, ukurannya hanya 50 sampai 100kb saja itupun merupakan gambar yang sudah di compress oleh pemilik websitenya.

Namun, lain halnya jika foto tersebut belum di compress terlebih dahulu, tentu akan mempunyai ukuran gambar hingga 100 atau bahkan 500 Kb, yang mana jika di total mungkin 1 kali akses tersebut akan menghabiskan 1 hingga 3 MB kuota lho, guys.

Aktifkan data saver pada browser

Hampir semua browser terkenal di Android mempunyai fitur data saver, yakni fitur yang bisa kamu gunakan dalam melakukan browser agar dapat lebih menghemat penggunaan data yang di download ketika browsing.

Data saver ini akan bekerja dengan cara memblokir bagian-bagian tertentu saat kamu tengah melakukan browsing, entah itu gambar, script, pop-up, hingga iklan. Oleh karena itu kamu bisa mengaktifkan data saver ini pada pengaturan browser kamu.

Aktifkan limit data pada ponselmu

Cara mengatasi kuota internet cepat habis dengan mengaktifkan limit data pada ponsel yang kamu gunakan, karena tak sedikit orang sering lupa waktu pada saat sedang melakukan browsing sehingga mengakibatkan kuotanya menjadi lebih cepat habis.

Maka dari itu segeralah untuk mengaktifkan fitur limit data seluler yang bisa kamu atur sesuai keinginan. Limit data ini mempunyai manfaat untuk bisa mengontrol aktivitas browsing kamu agar tak berlebihan.

Gunakan aplikasi “Lite” untuk sosial media dan aplikasi chatting

Khusus untuk aplikasi chat dan media sosial, beberapa diantaranya terdapat bersi “Lite”. Yang membedakan dari aplikasi lite ini ialah mempunyai fitur yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan versi biasanya.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Untuk Smartphone

Tak hanya itu, dengan melakukan cara mengatasi kuota internet cepat habis yang satu ini maka akan lebih bersahabat dengan user yang mempunyai jaringan jelek atau speak HP yang kurang memadai lho, guys.

Meskipun versi lite ini belum tersediandi semua aplikasi, namun kamu bisa menggunakannya di aplikasi Facebook atau Line.

Demikianlah menganai cara mengatasi kuota internet cepat habis pada saat melakukan browsing. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,185FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan