Selasa, 11 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Menghidupkan HP Tanpa Harus Menggunakan Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Tanpa Harus Menggunakan Tombol Power

RANCAH POST – Mungkin tak sedikit orang yang mengalami kerusakan pada tombol power di smartphone yang mereka gunakan, sehingga menyebabkan kendala pada saat akan menghidupkan HP. Namun tak usah khawatir, karena kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan cara menghidupkan HP tanpa tombol power lho!

Kerusakan pada tombol power ini memang menjadi salah satu problem yang cukup sering terjadi kepada para pengguna Android. Hal ini pula yang nantinya akan menjadi penghambat jika perangkat sedang berada dalam keadaan nonaktif alias mati total.

Perlu kamu ketahui, bahwa setidaknya ada dua kondisi yang mengakibatkan tombol power pada HP menjadi rusak, yakni karena ada pada keadaan aktif dan nonaktif atau mati total ya, guys.

Masing-masing kondisi itu pun tentu bisa kamu atasi dengan sangat mudah sehingga kamu bisa menyalakan kembali layar HP Android kamu dengan beberapa metode di bawah ini, antara lain:

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Colokkan dengan menggunakan benda lain

Untuk beberapa kasus tombol power yang rusak atau tidak berfungsi terjadi karena adanya bagian luar atau covernya yang hilang dan hanya meninggalkan bagian karet di dalamnya.

Jika kamu mengalami kondisi yang seperti ini, maka kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan benda khusus misalnya tusuk gigi, SIM card ejector, atau sejenisnya agar bisa kamu gunakan untuk menekan bagian tombol kecil yang terdapat di dalamnya.

Perlu kamu ingat pula, jangan pernah menggunakan benda tajam untuk mecoloknya, dan jika kamu menggunakan tusuk gigi selalu pastikan jika ujungnya sudah ada dalam keadaan yang tumpul ya, guys!

Sambungkan dengan charger

Jika kamu seseorang yang nggak suka ribet, maka kamu bisa mencoba cara menghidupkan HP tanpa tombol power dengan mengisi daya smartphone sesaat dengan menghubungkan charger ke HP menggunakan kabel USB ke PC atau laptop, dan juga powerbank.

Apabila smartphone kamu memang dalam keadaan yang masish aktif atau menyala, maka secara otomatis layarnya akan menyala dengan sesaat dan kamu tinggal membuka layar kuncinya deh!

Gunakan tombol lain untuk menyalakan layar HP

Cara menghidupkan HP tanpa tombol power yakni dengan menggunakan tombol lain yang berfungsi sebagai tombol power. Salah satunya yakni dengan menggunakan tombol volume up dan down.

Namun, sebelumnya alangkah baiknya kamu memastikan bisa membuka layar dengan menggunakan metode poin 1 dan 2. Maka selanjutnya kamu langsung saja mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama-tama download dan install aplikasi Power Button to Volume Button.
  • Jika sudah selesai melakukan pemasangan, buka aplikasi dan aktifkan opsi Enable/Disable Volume Power sampai ikon menyala.
  • Kamu pun dapat mengaktifkan opsi Boot dan Screen Off untuk keseluruhannya hanya dengan menggunakan tombol volume pengganti tombol power. Setelah semuanya aktif, restar HP kamu dan mulai menggunakannya.
  • Kemudian kamu bisa menyalakan HP tanpa tombol power dan digantikan dengan tombol volume up dan down. Untuk mematikan layar, masuk pada menu notification bar dan klik opsi Turn off screen.

Aktifkan fitur double tap to wake

Cara menghidupkan HP tanpa tombol power juga bisa menggunakan fitur Double Tap to Wake yang pada dasarnya memang telah tersedia pada smartphone Android keluaran terbaru ya, guys.

Nantinya kamu hanya cukup mengetuk layar dua kali saja dalam keadaan mati untuk menyalakan layar dan membuka kunci smartphone kamu. Namun untuk ponsel Android seri lama yang belum mempunyai fitur ini, maka kamu bisa mengunduh aplikasinya, ya.

Menggunakan sensor biometrik

Smartphone Android keluaran terbaru, mulai dari segmen entry level hingga flagship memang saat ini pada umumnya telah dilengkapi dengan sensor biometrik.

BACA JUGA: Nggak Ribet! Begini Cara Memperbaiki Konektor HP yang Rusak

Salah satu yang biasanya ditemui ialah adanya sensor fingerprint atau disebut pula dengan sidik jari. Tak hanya itu, ada pula fitur biometrik yang lainnya, misalnya face unlock hingga irish scanner yang juga pernah digunakan.

Nah, itulah sederet cara menghidupkan HP tanpa tombol power yang bisa kamu coba lakukan. Kini, kamu tak usah panik lagi dan segera membawanya ke service center untuk diperbaiki. Coba saja dulu beberapa cara di atas ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,184FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan