Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Nggak Ribet! Begini Cara Memperbaiki Konektor HP yang Rusak

Nggak Ribet! Begini Cara Memperbaiki Konektor HP yang Rusak

RANCAH POST – Saat ini kamu sedang mengalami konektor HP yang rusak sehingga kamu kesulitan dalam melakukan pengisian daya? Coba deh kamu lakukan beberapa cara memperbaiki konektor yang rusak ini sebelum membawanya ke ahli service HP.

Pada setiap Handphone tentu komponennya akan mempunyai masa pakai yang berbeda-beda. Tentunya suatu saat komponen tersebut akan mulai tidak berfungsi dengan baik sehingga berakhir dengan kerusakan dan harus segera diperbaiki.

Hal itu pun yang bisa saja terjadi pada konektor yang terdapat di HP kamu. Aktivitas memasukan dan mengeluarkan kabel charger dari konektor HP berpotensi menjadikannya longgar dan bahkan rusak tak bisa dipakai.

Penyebab dari konekor HP yang rusak biasanya terjadi karena port HP yang kotor atau lubang port kemasukkan debu atau air yang tentu saja akan menghambat pada aliran arus listrik yang masuk.

Tak hanya itu, faktor usia pemakaian pun bisa menjadi penyebab konektor HP menjadi bermasalah, pasalnya semakin lama penggunaan maka semakin lebar pula ukurannya karena sering cabut dan pasang. Atau bisa jadi karena port sering tersenggol sehingga mengakibatkan lubang port konektor tersebut menjadi semakin longgar.

Konektor yang rusak tentu akan mengakibatkan repot maksimal, apalagi konektor HP yang rusak akan membuatmu menjadi tak bisa mengisi daya baterai dengan baik. Oleh karena itu, yuk coba melakukan cara memperbaiki konektor yang rusak ini.

Cara Memperbaiki Konektor HP yang Rusak

Menggunakan Jarum Pentul

Disini kamu bisa menggunakan semua jenis jarum pentul ya! Hal ini berfungsi untuk mengutak-atik lubang konektor yang sudah longgar. Namun ingat, kamu disini tetap harus hati-hati agar konektor HP kamu tak bertambah parah kerusakannya.

Bersihkan Port HP Cas yang Kotor

Cara memperbaiki konektor yang rusak lainnya ialah dengan membersihkan konektor pada HP. Hal ini bertujuan, bisa saja konektor HP yang rusak tersebut memang bukan karena komponennya yang rusak, namun memang karena kotor atau kemasukan benda asing.

Jika kasunsnya memang seperti ini, maka kamu bisa melakukan beberapa cara agar bisa membersihkannya. Salah satunya, yakni dengan menggunakan jarum atau cotton bud ya, guys.

Kemudian, secara perlahan gosokan pada sisi atas dan bawah konektor. Atau kamu bisa mengambil dan membersihkan benda asing yang memang dirasa akan sangat mengotori port konektor HP kamu.

Ganti Konektor HP

Jika cara-cara memperbaiki konektor yang rusak sebelumnya sudah kamu lakukan dan ternyata konektor baterai HP kamu masih saja bermasalah, maka alangkah baiknya kamu segera menggantinya dengan yang baru.

Sangatlah disarankan untukmu dengan tidak menggantinya sendiri di rumah, karena selain sulit, garansi HP kamu tak akan bisa terpakai lagi jika kamu membongkar HP dengan cara yang tidak benar atau resmi.

Maka dari itu, kamu bisa menggantinya ke tempat service HP yang berada di sekitarmu, dan kamu pun bisa mempertimbangkan untuk membeli jenis charger HP fast charging agar kecepatan pada saat mengisi daya semakin cepat.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Dicas

Demikianlah pembahasan mengenai informasi dan juga cara memperbaiki konektor yang rusak untuk kamu kamu coba lakukan di rumah jika saat ini mungkin kamu tengah mengalaminya.

Gimana? Mudah sekali bukan? Semoga dengan cara-cara di atas bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah yang terjadi pada konektor HP kamu, ya. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan