Rabu, 5 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Hati-hati! Ini 6 Penyebab Payudara Terasa Gatal

Hati-hati! Ini 6 Penyebab Payudara Terasa Gatal

RANCAH POST – Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab payudara terasa gatal. Tentu saja, kaum wanita wajib tahu apa penyebabnya.

Gatal pada payudara memang dapat terjadi pada semua orang. Akan tetapi, dalam sejumlah kasus puting payudara gatal lebih sering dirasakan oleh perempuan.

Rasa gatal yang dialami tentu membuat Anda ingin menggaruknya agar rasa gatal menghilang.

Namun, Anda perlu waspada karena hal tersebut bisa menimbulkan risiko terjadi kerusakan kulit di sekitar payudara.

Ketika gatal pada payudara terjadi, banyak orang mengeluh karena merasa tidak nyaman akan hal ini, apalagi ketika berada di tempat kerja, atau tempat umum lainnya.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab susu terasa gatal, apa sajakah itu? Di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya untuk Anda.

Penyebab Payudara Gatal

Seperti dilansir dari beberapa sumber, berikut ini penyebab susu terasa gatal. Langsung saja, mari kita simak!

Bra atau baju yang terlalu ketat

Sejumlah kasus wanita yang mengalami payudara gatal bisa disebabkan oleh bra atau baju yang digunakan. Kain pada pakaian yang dipakai dapat menimbulkan reaksi alergi.

Apalagi ketika Anda sering mengenakan bra atau baju yang ketat, alhasil kondisi ini bisa menyebabkan bagian payudara lembab, terlebih lagi jika tinggal di suhu yang panas.

Kulit kering

Kulit kering juga bisa menjadi penyebab payudara terasa gatal bahkan bisa sampai iritasi. Beberapa orang memang sudah mempunyai kulit kering.

Namun, kulit kering pada payudara bisa disebabkan juga oleh produk perawatan yang berbahan keras, keringat berlebih, hingga paparan sinar matahari.

Agar bisa mengatasi hal tersebut, Anda bisa memakai pelembab atau sunblock. Taruh pelembab ke dalam kulkas agar ketika hendak dipakai, kulit akan terasa dingin dan rasa gatal bisa berkurang.

Payudara membesar

Kulit di area payudara ikut merenggang ketika payudara mulai membesar, alhasil rasa gatal dan tidak nyaman pun dapat timbul.

Banyak hal yang bisa menyebabkan payudara membesar, seperi kehamilan, kenaikan berat badan, pubertas perubahan hormon yang bisa terjadi ketika haid.

Untuk mencegah kondisi ini, Anda dapat mengompresnya untuk mengurangi rasa gatal di area payudara.

Mastitis

Penyebab payudara terasa gatal selanjutnya adalah mastitis atau infeksi pada payudara. Umumnya, kondisi ini terjadi pada ibu yang sedang dalam masa menyusui.

Kendati begitu, wanita yang tidak sedang menyusui pun bisa mengalami kondisi ini. Demam, payudara terasa gatal, nyeri, bengkak, dan panas merupakan kondisi yang akan dialami penderita mastitis.

Payudara pun akan berubah warna menjadi kemerahan. Untuk menyembuhkannya bisa dengan antibiotik dan obat pereda nyeri. Akan tetapi, jika terasa semakin parah, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Kanker payudara

Kanker payudara juga bisa menjadi penyebab susu terasa gatal, tentu Anda harus mewaspadai gejala yang satu ini.

Kanker payudara yang bisa menimbulkan rasa gatal seperti jenis kanker payudara terinflamasi dan penyakit Paget.

Kanker payudara terinflamasi kerapkali disadari ketika sudah parah. Sementara, penyakit Paget kerap menyalahartikan sebagai eksim dan iritasi kulit.

Jika rasa gatal di payudara tak kunjung sembuh juga dibarengi dengan gejala kanker payudara yang lainnya, segera hubungi dokter!

Alergi

Penyebab payudara gatal berikutnya adalah alergi. Ketika kuli payudara mengalami alergi, rasa gatal yang muncul akan dibarengi dengan warna kulit yang berubah menjadi kemerahan.

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan Anda menggunakan produk-produk yang berbahan pemicu alergi. Produk-produk tersebut seperti sabun, produk kosmetik, parfum, atau detergen.

Nah, itu dia beberapa penyebab payudara yang terasa gatal. Segera periksakan ke dokter jika kondisi ini tak kunjung mereda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,226FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan