Rabu, November 25, 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Simpel Banget, Begini Cara Mengatasi Notifikasi SMS Tidak Bunyi

Simpel Banget, Begini Cara Mengatasi Notifikasi SMS Tidak Bunyi

RANCAH POST – Salah satu maslaah yang akan dihadapi oleh para pengguna Smartphone Android ialah notifikasi yang tiba-tiba tidak berbunyi atau muncul, salah satunya notifikasi SMS atau pesan. Hal tersebut tentu akan sangat membuat penggunanya tidak nyaman karena tak akan mengetahui pesan masuk. Lantas, ada gak sih cara mengatasi notifikasi SMS tidak bunyi?

Seperti yang diketahui jika notifikasi atau pemberitahuan pada sebuah smartphone menjadi salah satu yang sangat penting karena akan sangat memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang masuk secara real-time.

Dengan tidak adanya notifikasi atau terkadang delay pada notifikasi, maka hal tersebut akan menjadikan aktivitas yang dilakukan akan terasa kurang maksimal. Terlebih untuk hal-hal penting, semisal mendapat pesan SMS dari teman, saudara dan lainnya, maka hal itu harus ditanggapi dengan cepat.

Cara Mengatasi Notifikasi SMS Tidak Bunyi

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa cara mengatasi notifikasi SMS tidak bunyi, karena tentu saja tanpa notifikasi berkirim dan menerima pesan akan menjadi kurang lengkap pada saat nadanya tak berbunyi, kan?

Maka untuk bisa mengetasi masalah yang terjadi pada ponselmu itu, alangkah baiknya kamu menyimak beberapa metode berikut ini.

Cek Mode Pilihan

Langkah yang paling sederhana bisa kamu lakukan yakni dengan mencoba mengecek bagian mode yang kamu pilih, pastikan untuk tidak memilih mode getar atau hening ya, guys.

Karena jika kamu memilih opsi yang satu ini, maka sampai kapanpun juga notifikasi tidak akan pernah masuk dan tidak akan berbunyi.

Untuk itu kamu perlu membuka menu Pengaturan> Suara dan Notifikasi> Mode Suara> Kemudian pilih bagian Suara agar semua notifikasinya dapat berbunyi kembali.

Cek Volume Dering

Selain mengecek mode, cara mengatasi notifikasi SMS tidak bunyi yakni dengan mengecek pula volume dering smartphone kamu, karena biasanya meskipun pengguna telah memilih mode dering namun volumenya tak di besarkan maka notifikasi yang masuk pun akan terasa menjadi kurang maksimal.

Oleh karena itu coba naikkan volume seperempat atau setengahnya, atau kamu bisa pergi ke menu Pengaturan> Suara dan Notifikasi> Lalu naikkan volume dering sesuai keinginanmu.

Cek Nada Dering Terpilih

Selanjutnya, cek bagian nada dering terpilih, karena secara default pilihannya tak ada (none). Itu artinya, kamu sebagai pengguna harus memilih nada dering.

Caranya dengan membuka menu Pengaturan> Suara dan Notifikasi> Nada Dering Notifikasi> Kemudian pilih nada dering sesuai keinginanmu.

Cek Notifikasi Layar Kunci

Jika kamu ingin notifikasi muncul pada saat layar kunci atau pop-up maka bagian yang satu ini harus kamu perhatikan. Dan untuk melakukan cara mengatasi notifikasi SMS tidak bunyi kali ini maka kamu harus mengecek menu pengaturan yang terdapat di smartphone kamu ya, guys.

Buka menu Pengaturan> Suara dan notifikasi> Notifikasi di Layar Kunci> Kemudian pilih Tampilkan Konten untuk tetap menampilkan konten meskipun smartphone dalam keadaan terkunci.

Cek Perizinan Notifuikasi Aplikasi

Hal lain yang juga harus kamu perhatikan yakni dengan memastikan perizinan notifikasi pesan terpilih. Karena jika tidak, maka setelan nada dan notifikasi apapun tak akan berpengaruh jika perizinannya tidaklah aktif.

Untuk melakukannya, maka kamu hanya tinggal mengecek dibagian notifikasi aplikasi dengan membuka menu Pengaturan> Suara dan Notifikasi> Notifikasi Aplikasi> Kemudian pilih aplikasi Pesan> Kemudian pastikan bagian Izinkan Aplikasi dalam kondisi yang aktif (enable).

Bersihkan Cache dan Data Aplikasi

Jika semua fungsi dan fitur telah kamu aktifkan namun masih tak membuahkan hasil apapun, maka cara mengatasi notifikasi SMS tidak bunyi kali ini yakni dengan membersihkan cache dan juga data pada aplikasi pesan.

Hal ini bertujuan untuk bisa memaksimalkan kinerja aplikasi tersebut dan mengembalikannya lagi pada setelan default Aplikasi.

BACA JUGA: Sederet Penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul

Langkahnya pun cukup mudah yakni dengan buka menu Pengaturan> Manajer Aplikasi> Kemudian pilih aplikasi Pesan> Penyimpanan> Kemudian tap Hapus Data dan Hapus Memori.

Nah, itulah sederet metode dan cara mengatasi notifikasi SMS tidak berbunyi yang sangat sederhana dan bisa kamu coba lakukan di rumah. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here