Sederet Penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul

0
Sederet Penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul
Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul. (IST/NET)

RANCAH POST – Seperti yang kita ketahui jika notifikasi di handphone sangatlah penting, namun tak sedikit sistem operasi smartphone tersebut juga mengalami berbagai macam masalah, salah satunya notifikasi yang tidak muncul. Nah, apakah kamu tahu penyebab dan cara mengatasi notifikasi tidak muncul tersebut?

Jika kamu merupakan pengguna smartphone, tentu kamu telah mengetahui bukan betapa pentingnya notifikasi pada smartphone tersebut.

Karena jika tanpa adanya notifikasi, jelas kamu akan merasa kerepotan sendiri karena tak bisa mengetahui hal baru dari setiap aplikasi yang kamu gunakan.

Nah, lantas apa sih yang menjadi penyebab dari masalah notifikasi yang terlambat atau bahkan tidak muncul di smartphone tersebut? Dan bagaimana cara mengatasi notifikasi tidak muncul itu? Berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasinya:

Penyebab dan cara mengatasi notifikasi tidak muncul

Apa sih yang menjadi penyebab masalah notifikasi android sering terlambat atau bahkan tidak muncul sama sekali di smartphone? Ternyata ini dia beberapa penyebabnya, antara lain:

Aplikasi yang bermasalah

Jika hanya ada beberapa aplikasi android saja yang terlambat atau tidak menampilkan notifikasi sama sekali, kemungkinan besar memang ada masalah pada aplikasi-aplikasi tersebut.

Terlalu sering melalukan force stop pada aplikasi tertentu

Jika semua aplikasi yang terpasang di smartphone android tak menampilkan notifikasi apapun, maka hal itu bisa jadi diakibatkan karena adanya kerusakan pada sistem operasi android di dalam smartphone.

Koneksi internet yang tak stabil

Masalah terlambat atau tidak adanya notifikasi apapun pada smartphone android juga disebabkan karena konkesi internet yang kamu gunakan sangatlah tidak stabil.

Karena koneksi yang kamu gunakan tak stabil itulah, maka sudah sangat jelas aplikasi yang terpasang pun akan menjadi tidak lancar dan tidak akan memberikan notifikasi.

Sistem android bermasalah

Jika semua aplikasi yang terpasang di smartphone android tak menampilkan notifikasi apapun, hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya kerusakan pada sistem operasi android di dalam smartphone.

Namun tak usah khawatir karena ada cara mengatasi notifikasi tidak muncul yang akan dibahas berikutnya ya, guys!

Nah, gimana sudah tahu kan apa saja yang menjadi penyebab notifikasi tidak muncul? Lalu bagaiamana sih cara mengatasi masalah notifikasi yang tidak muncul tersebut?

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah terlambat atau tidak munculnya notifikasi pada smartphone android yang kamu gunakan tersebut, antara lain:

Update aplikasi yang tidak memberikan notifikasi

Jika hanya ada satu atau beberapa aplikasi saja yang tidak muncul atau tidak memberikan notifikasi secara berkala, maka kamu bisa mencoba mengatasinya dengan cara melakukan update.

Kemungkinan besar hal itu memang diakibatkan karena versi yang kamu gunakan sudah ketinggalan. Maka lakukan pengecekan secara langsung melalui Google PlayStore untuk dapat mengetahuinya.

Masukkan aplikasi tertentu dalam exclusion jika kamu menggunakan pengaturan power saver

Cara mengatasi notifikasi tidak muncul kali ini bisa kamu lakukan jika kamu memang sangat membutuhkan pengaturan power saver, namun tetap ingin mendapatkan notifikasi terbaru dari aplikasi-aplikasi tertentu di smartphone androidmu, maka sebaiknya gunakan fitur exclusion.

Pengaturan power saver bawaan ataupun dari aplikasi pihak ketiga biasanya menyediakan fitur exclusion yang bisa kamu gunakan.

Fitur tersebut menjadikan aplikasi tertentu yang kamu pilih tetap bisa terhubung dengan koneksi internet walaupun smartphone dalam kondisi idle.

Lakukan reset factory pada smartphone

Nah, jika masalahnya memang pada semua aplikasi yang kamu pasang di smartphone tak memberikan notifikasi apapun, maka cara mengatasi notifikasi tidak muncul paling efektif yakni dengan melakukan factory reset di smartphone kamu.

Karena dengan melakukan factory reset, kamu tak hanya bisa memperbaiki sistem android yang kemungkinan mengalami kerusakan.

Namun, kamu juga bisa mengatasi kemungkinan adanya aplikasi tertentu yang menyebabkan sistem android di smartphone mengalami kerusakan.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Memori Card Tidak Terbaca di Ponsel Android

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi notifikasi tidak muncul yang terjadi pada smartphone kamu. Memang sekilas masalah tersebut merupakan masalah yang ringan untuk sebagian orang.

Akan tetapi, jika mengalami masalah tersebut secara langsung, maka kemungkinan besar kamu juga bisa saja menjadi kebingungan karena terlambat membalas chat atau berbagai hal lainnya yang masuk di smartphone kamu. Maka dari itu, semoga dengan cara-cara di atas bisa bermanfaat untukmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here