Selasa, 14 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan 5 Cara Mengatasi Telapak Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan Saat Pandemi

5 Cara Mengatasi Telapak Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan Saat Pandemi

RANCAH POST – Mengatasi telapak tangan kering karena sering cuci tangan di tengah pandemi virus corona (Covid-19) ternyata bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan mudah.

Mencuci tangan dengan bersih menjadi salah satu kegiatan yang rutin kita lakukan, apalagi di saat pandemi corona ini.

Kegiatan mencuci tangan memang sudah menjadi hal biasa dilakukan jauh sebelum pandemi.

Namun ada yang berbeda, jika biasanya kita mencuci tangan ketika sebelum dan sesudah makan, sekarang ini Anda harus sering mencuci tangan untuk mencegah virus corona.

Pemerintah menyarankan agar kita bisa bekerja sama dalam menekan penyebaran virus corona, salah satunya adalah dengan mencuci tangan setidaknya selama 20 detik.

Selain mencuci tangan dengan sabun, banyak orang yang menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman dengan lebih praktis.

Namun, sekarang ini Anda mungkin sedang mengeluhkan beberapa masalah kulit seperti kulit kering dan kasar yang disebabkan oleh sering mencuci tangan atau pemakaian hand sanitizer.

Jangan khawatir dengan masalah kulit telapak tangan yang kering dan kasar, karena di artikel kali Rancah Post punya beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Telapak Tangan Kering

Pilihlah sabun yang tepat

Pemilihan sabun yang tepat menjadi cara pertama mengobati kulit telapak tangan yang kasar dan kering.

Sebaiknya, pilihlah jenis sabun yang yang memiliki formula untuk melembutkan tangan agar terhindar dari kulit yang kering dan kasar.

Sabun yang memiliki efek membuat tangan lembut biasanya ditandai dengan pH-balanced yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, sabun cair bisa menjadi pilihan untuk mencuci tangan daripada sabun batang. Hal ini karena sabun batang cenderung mengandung pH leih tinggi yang dapat membuat kulit tangan kering.

Hindari pemakaian air panas ketika mencuci tangan

Cobalah untuk menghindari pemakan air panas sebagai cara sederhana mengatasi telapak tangan yang kering dan kasar akibat sering mencuci tangan.

Ada baiknya untuk menggunakan air dingin ketika mencuci tangan. Sebab, telapak tangan merupakan salah satu bagian kulit yang sensitif.

Minyak alami yang ada pada telapak tangan bisa mengering ketika Anda sering mencuci tangan menggunakan air hangat atau panas.

Jangan lupa juga untuk menggunakan air yang mengalir agar kotoran dan senyawa sabun yang menempel di permukaan tangan ikut terbawa.

Memakai pelembab

Pemakaian pelembab tangan tentu saja berfungsi untuk melembabkan tangan agar kulit telapak tangan tidak lagi kering, kasar, dan pecah-pecah.

Anda bisa memilih pelembab tangan yang memiliki kandungan bahan-bahan seperyi Oklusif, Humektan, dan Emolien.

Bahan-bahan tersebut memiliki kegunaan untuk menjaga kelembaban kulit. Pelembab tangan dapat dipakai sesuai mencuci tangan, sebelum tidur, atau setiap kali Anda merasakan kulit tangan kering.

Keringkan tangan dengan benar

Cara mengatasi telapak tangan yang kasar dan kering selanjutnya adalah dengan mengeringkannya dengan benar.

Apakah Anda selalu mengeringkan tangan benar? Jika tidak, sebaiknya mulai saat ini keringkan tangan setelah mencuci tangan dengan cara yang benar.

Salah satu caranya adalah dengan mengeringkan menggunakan tisu. Hal tersebut karena tisu memiliki daya serab yang lebih baik dibanding kain atau handuk.

Tak hanya itu, kebersihan tisu yang dipakai untuk mengeringkan tangan pastinya terjaga, karena hanya sekali pakai.

Menggunakan sarung tangan

Menggunakan sarung bisa jadi cara sederhana yang Anda lakukan ketika kondisi tangan yang kering sudah cukup parah.

Anda bisa mengoleskan pelembap terlebih dahulu, lalu kenakan sarung tangan selama 1-2 jam.

Namun, untuk tangan yang benar-benar pecah-pecah, Anda bisa mengoleskan pelembab, dan pakai sarung tangan berbahan katun semalaman.

Demikian beberapa cara mengatasi telapak tangan yang kering akibat sering mencuci tangan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,354FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan