Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Membedakan Tempered Glass Asli Dengan yang Palsu

Cara Membedakan Tempered Glass Asli Dengan yang Palsu

RANCAH POST – Salah satu cara yang cukup aman dan efektif untuk melindungi layar smartphone kesangan yakni dengan melapisinya menggunakan tempered glass. Namun sayangnya, tak sedikit orang yang ternyata belum mengetahui cara membedakan tempered glass yang asli ataupun palsu.

Penggunaan tempered glass memang merupakan suatu pilihan yang tepat untuk melindungi layar smartphone kamu tetap awet dan mulus. Bahkan untuk penggunaan yang ringan sekalipun, bukanlah suatu hal yang mustahil layar kamu akan terkena goresan tipis.

Apalagi jika ternyata smartphone kamu terjatuh, tentu layar smartphone akan mengalami keretakan. Dan untuk memperbaikinya maka akan sangat membutuhkan biaya yang tak sedikit. Tentu hal tersebut tak ingin terjadi pada smartphone kesayangan kamu, bukan?

Maka dari itu, kamu harus memasangkan tempered glass di smartphone kamu agar layarnya tetap aman. Namun, jika kamu tertarik untuk memasangkan tempered glass di smartphone kamu, perlu diketahui jika diluar sana terdapat jenis yang plasu dengan kualitas yang tak sebaik aslinya.

Dengan demikian, agar kamu tak salah pilih, berikut ini beberapa cara untuk membedakan tempered glass asli dan palsu yang bisa kamu coba terapkan pada saat akan memasangnya di layar smartphone kamu, antara lain:

Cara Membedakan Tempered Glass Asli dan Palsu

Tempered glass palsu akan jauh lebih murah

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dalam membedakan temper glass asli atau palsu yakni pada saat kamu menemukan tempered glass dengan harga yang tak masuk diakal, hal tersebut tentu harus kamu curigai karena bisa saja produk tersebut palsu.

Pasalnya, rata-rata tempered glass asli berkisar anatara Rp50.000 hingga Rp250.000. Jadi, sangatlah tidak wajar jika kamu melihat tempered glass dengan harga dibawah rata-rata. Meskipun pihak penjual mengklaim tengah ada promo besar-besaran.

Tempered glass dengan harga yang terbilang murah ini biasanya dapat kamu temukan di toko fisik maupun online, namun biasanya orang lebih mudah terkecoh pada toko online. Mengapa? karena banyak produk tempered glass palsu yang mempunyai bintang lima dan ulasan yang positif, sehingga terkesan asli.

Namun, jangan berburu-buru menganggap palsu juga, ya. Alangkah lebih baik untuk kamu tak hanya mempertimbangkan mengenai harganya saja, karena masih terdapat beberapa perbedaan lainnya yang bisa kamu perhatikan.

Tempered glass palsu tidak pas pada saat dipasang

Cara membedakan tempered glass asli atau palsu bisa kamu lakukan pada saat memilih tempered glass berdasarkan merk dan juga tipe smartphone yang kamu punya.

Jika ternyata tidak pas pada saat dipasang, besar kemungkinan tempered glass tersebut tak akan menutup keseluruhan layar dengan sempurna, atau bahkan malah menutupi bagian yang seharusnya tak ditutupi seperti kamera depan. Hal itu tentu sangat berpengaruh buruk pada kualitas hasil foto, sebuah aspek penting untukmu yang gemar selfie.

Nah, hal yang serupa juga dapat terjadi untuk tempered glass yang palsu. Meskipun tempered glass yang dibeli sudah sesuai dengan tipe smartphone, produk yang palsu tak akan mempunyai presisi sempurna jika dibandingkan dengan yang asli.

Hal ini karena produk yang palsu tak dirancang oleh orang yang profesional dan yang paling asli dalam bidangnya, jadi sudah sangat wajar jika proses pengukurannya agak meleset.

Tempered glass palsu lebih tebal dari yang asli

Untuk kamu para pengguna smartphone layar sentuh, sensitivitas layar sangatlah penting. Jangan sampai smartphone kamu gagal dalam mengenali perintah tertentu karena terhambat oleh tambahan kaca. Agar hal itu tidak terjadi maka kamu harus benar-benar paham bagaiamana cara membedakan tempered glass yang asli dan palsu.

Karena jika tempered glass yang asli dan berkualitas baik mempunyai ketebalan yang tipis sehingga responsitifitas layar akan tetap tejaga, seolah tak dipakaikan perlindungan anti gores sama sekali.

Umumnya, tempered glass asli yang beredar di pasaran mempunyai ketebalan sekitar 0.3 mm. Kamu bisa mencobanya dengan memakaikan tempered glass di smartphone kamu dan rasakan sensitivitasnya.

Jika ternyata kamu mengetik dan terdapat huruf yang gagal muncul setelah ditekan, maka bisa jadi memang tempered glass yang kamu pasang adalah palsu.

Tempered glass palsu tidak mempunyai anti-shattered yang baik

Cara membedakan tempered glass yang asli dengan yang palsu yakni dari keunggulan utamanya ialah fitur anti-shattered. Fitur ini akan mencegah lapisan tempered glass agar tidak pecah berkeping-keping pada saat terjatuh dan akan menempel meskipun terlihat retak.

Hal tersebut berguna agar taka ada pecahan tajam yang tercecer dan membahayakan jari tangan atau layar smartphone kamu.

Meski demikian, perbedaan ini agak sulit untuk dibuktikan karena kamu perlu menunggu hingga smartphone kamu terjatuh terlebih dahulu setelah kamu melapisinya dengan tempered glass untuk mendeteksi produk tersebut apakah asli atau palsu.

Karena, tempered glass yang palsu tak akan tetap menempel pada layar setelah terjatuh. Setidaknya, setelah kamu tahu produk tersebut palsu, maka kamu bisa menghindari penjual yang sama untuk ke depannya.

Oleophobic coating pada tempered glass asli bertahan jauh lebih lama

Tak hanya melindungi layar smartphone dari benturan, tempered glas juga mempunyai lapisan oleophobic coating yang berguna untuk melindungi layar smartphone dari minyak, debu, dan bekas sidik jari.

Pada umumnya, efek oleophobic coating pada tempered glass yang asli akan bertahan lebih lama, namun jika yang palsu hanya akan bertahan selama beberapa bulan saja.

Maka cara membedakan tempered glass asli atau tidaknya dengan mengetes apakah oleophobic coating yang ada pada tempered glass masih berfungsi atau tidak dengan melakukan pengetesan menggunakan air.

BACA JUGA: Merk Tempered Glass Terbaik Untuk Melindungi Layar Smartphone

Jika kamu menjatuhkan tetesan air pada tempered glass yang oleophobic coating-nya masih aktif, tetesan air tersebut maka akan menggumpal dan tak akan meluber ke sisi smartphone. Sebaliknya, jika oleophobic coastingnya sudah hilang, maka tetesan airnya tidak akan menggumpal.

Demikian beberapa cara membedakan tempered glass asli dan palsu yang bisa kamu lakukan dan dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli. Karena, memilih tempered glass yang asli sangatlah penting guna melindungi layar smartphone kamu dengan baik ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,201FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan