RANCAH POST – Disadari atau tidak, terdapat beberapa kebiasaan sepele yang dapat menjadi penyebab rambut Anda mudah lepek.

Rambut sering disebut sebagai mahkotanya wanita, rambut on point tentu membuat penampilan lebih cantik dan memukau.

Namun, rambut yang indah sering kali dilanda masalah, mulai dari kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal hingga rambut lepek.

Rambut lepek menjadi salah satu masalah yang membuat kita merasa tidak nyaman, rasa percaya diri pun berkurang karena penampilan kurang maksimal, terutama bagi wanita.

Biasanya rambut lepek akan terdeteksi jika kulit kepala sudah berminyak, akar rambut kempes serta kehilangan volumenya dan susah untuk diatur.

Banyak hal yang dapat menyebabkan rambut lepek, mulai dari cuaca hingga kebiasaan-kebiasaan sepele yang tanpa sadar sering kita lakukan.

Akan tetapi, pada dasarnya rambut lepek diakibatkan oleh minyak yang menumpuk, keringat, dan kotoran di kulit kepala. Volume rambut akan hilang ketika ketiganya menumpuk di area akar rambut.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut Anda menjadi mudah lepek.

Penyebab Rambut Lepek

Salah memilih produk sampo

Menggunakan produk sampo yang tepat dan sesuai dengan jenis rambut Anda sangatlah penting. Tentu jika salah memilihnya dapat menjadi penyebab timbulnya ketombe dan kulit kepala yang gatal.

Sesuaikan dengan jenis rambut Anda, apakah kering, mudah berminyak atau jenis rambut yang lainnya.

Cara keramas yang salah

Penyebab rambut lepek selanjutnya adalah keramas yang salah. Keramas yang salah tentu bisa membuat rambut menjadi kurang bersih.

Cobalah untuk tidak melakukan beberapa kesalahan ketika keramas, dan cucilah rambut dengan bersih.

Sebaiknya jangn terburu-buru, keramasalah secara perlahan dengan memijat kulit kepala dengan lembut. Setelah selesai, bilaslah rambut sampai bersih.

Karena jika tidak, sisa sampo yang menumpuk di kulit kepala dapat menebal lalu berubah menjadi ketome. Selain itu, kulit kepala juga menjadi berminyak dan mudah lepek.

Terlalu sering keramas

Jarang atau terlalu sering keramas keduanya sama-sama berdampak kurang baik bagi rambut.

Ketika terlalu sering keramas dapat membuat kulit kepala menjadi kering, rentan terkena ketombe, dan lepek.

Hal ini karena pada saat keramas sampo akan membersihkan debu dan kotoran pada kulit kepala, tak terkecuali minyak alami rambut. Kulit kepala yang terasa kering akan membuat tubuh memproduksi minyak lebih banyak.

Menggunakan kondisioner yang salah

Kesalahan dalam penggunaan kondisioner dapat menjadi penyebab rambut Anda mudah lepek.

Hindari mengaplikasikan kondisioner hingga ke kulit kepala saat keramas karena bisa membuat rambut menjadi berminyak dan lepek.

Cobalah untuk melakukannya dengan cara yang benar, yakni dengan mengusapkannya di bagian tengah sampai ujung rambut.

Menggunakan sisir yang kotor

Kebiasaan yang satu ini apakah sering Anda lakukan? Jika iya, segeralah ubah kebiasaan ini karena bisa menyebabkan rambut mudah lepek.

Sisir yang kotor tentu menjadi penampungan bagi kotoran dan debu. Apabila digunakan, kotoran-kotoran dan debu akan berpindah ke rambut. Alhasil rambut pun menjadi lengket dan kotor.

Pakai hijab ketika rambut masih basah

Penyebab rambut mudah lepek yang satu ini juga harus Anda perhatikan, hindari menggunakan hijab ketika rambut Anda belum benar-benar kering.

Ketia Anda tetap ingin menggunakan hijab saat rambut masih basah akan membuat rambut mudah lepek, beruban, hingga kerontokan.

Sering menyentuh rambut

Rambut panjang yang bersih dan lembut terkadang membuat Anda ingin terus menyentuhkan. Akan tetapi sebaiknya hal ini jangan dilakukan terlalu sering.

Ketika terlalu sering menyentuh rambut dapat memindahkan minyak serta partikel lain ke rambut, rambut pun akan mudah kotor.

Itu dia, teman-teman beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab rambut mudah lepek. Apakah Anda sering melakukannya?

Share.

Leave A Reply