Sabtu, Maret 28, 2020

5 Kesalahan yang Tanpa Sadar Dilakukan Saat Keramas

Beberapa kesalahan saat keramas masih banyak orang yang belum menyadarinya, bahkan hal tersebut sering mereka lakukan setiap keramas.

Keramas dapat membuat rambut lebih bersih dan kulit kepala terasa segar. Namun, selain itu keramas juga ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan rambut.

Di antaranya dapat mencegah munculnya ketombe, membasmi kutu rambut, mencegah rambut rontok dan membuat rambut lebih wangi.

Berapa kali keramas dalam seminggu itu ditentukan oleh jenis rambut masing-masing dan masalah rambut serta kulit kepala yang dialami.

Akan tetapi, pemilihan sampo yang sesuai dengan jenis rambut itu sangatlah penting. Karena kalau tidak dapat menimbulkan beberapa masalah pada rambut.

Kegiatan rutin ini sangat mudah bukan, hanya dengan membasahi rambut lalu menuangkan sampo, menggosok-gosoknya, kemudian membilasnya sampai benar-benar bersih.

Namun ternyata ada beberapa kesalahan yang tanpa sadar sering dilakukan ketika ritual keramas dilakukan. Belum tahu apa saja kesalahan-kesalahannya? Di artikel ini kami akan menyajikannya untuk Anda.

Kesalahan Saat Keramas

Berikut ini beberapa kesalahan ketika keramas yang mesti Anda ketahui agar nanti tidak mengulanginya lagi.

Pemilihan sampo yang salah

Sebelum berkeramas, terlebih dahulu Anda harus memperhatikan pemilihan sampo yang tepat. Karena tidak semua jeni sampo memiliki kandungan yang sama bagi setiap jenis rambut.

Apalagi sampo yang mengandung sulfat, biasanya jenis sampo seperti itu akan menciptakan banyak busa tapi ternyata hal tersebut malah membuat rambut menjadi mudah rontok dan kering.

Untuk itu, usahakan untuk menghindari sampo yang mengandung sulfar agar kurtikula rambut bisa lebih rapat dan lebih halus.

Cara memberikan sampo yang salah

Cara memberikan sampo yang salah sering kali tak banyak orang yang mengetahuinya. Banyak orang yang menuangkan sampo terlalu berlebihan dan langsung ke rambut.

Ternyata hal tersebut merupakan salah satu kesalahan saat keramas karena bisa membuat rambut menjadi kering.

Cara yang benar adalah dengan menuangkan sampo ke telapak tangan sedikit dulu, usap sampai berbusa, baru kemudian ratakan ke seluruh rambut. Lakukan pijatan dengan lembut dari mulai atas kepala lalu menyebar ke bagian kepala lainnya.

Menyisir rambut sebelum keramas dengan cara yang salah

Sebaiknya, sebelum keramas terlebih dahulu meluangkan waktu 1-2 menit untuk menyisir rambut terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk memecah residu dan mencegah rambut berantakan di WC.

Akan tetapi, menyisir rambut sering kali dianggap sepele dan malah melakukannya dengan cara yang salah. Menurut para ahli, cara menyisir rambut yang paling baik adalah dengan perlahan. Sisirlah mulai dari bawah ujung rambut lalu perlahan naik ke atas.

Terlalu sering keramas

Kesalahan yang sering dilakukan saat keramas adalah dengan berkeramas terlalu sering, bahkan setiap hari. Bukannya membuat rambut sehat, terlalu sering keramas justru dapat membuat rambut menjadi berminyak, terutama bagi seseorang yang memiliki kulit kepala yang sensitif.

Memijat kepala dengan cara yang salah

Untuk membuat kulit kepala menjadi sehat, saat keramas jangan hanya sekedar membasahi dan menggosoknya dengan sampo saja, lakukan pijat-pijatan yang lembut pada wilayah kepala.

Jika melakukan treatment ini, sirkulaso dapat meningkat, rambut akan lebih kuat, dan meleraksasi kulit kepala. Namun, Anda juga harus memperhatikan jangan sampai kesalahan memijat kepala saat keramas ini terjadi.

Cara yang benar adala dengan memijat kulit kepala dari dahi ke arah tengkuk. Lakukan cara ini dengan mengikuti garus rambut dan usahakan untuk menghindari terlalu keras ketika menekan kulit kepala.

Bagaimana, apakah beberapa kesalahan saat keramas tadi sering Anda lakukan? Jika demikian, mulai sekarang lakukan dengan cara yang benar dan jangan lupa untuk membilas rambut sampai bersih. semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,948FansSuka
1,767PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan