Sabtu, 31 Oktober 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Jangan Panik! Begini Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Jangan Panik! Begini Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

RANCAH POST – Foto memang menjadi salah satu hal yang sangat penting yang ada pada handphone seseorang. Karena pada sebuah foto lah seseorang bisa mengabadikan semua momen pentingnya. Namun tak sedikit orang yang tidak sengaja menghapus fotonya dan ingin mengembalikannya lagi, namun tak tahu bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus tersebut.

Pada saat kamu tak sengaja menghapus foto yang ada pada album foto tentu kamu akan sangat merasa panik. Terlebih, jika foto yang terdapat di android biasanya akan terhapus secara langsung tanpa masuk terlebih dahulu ke recycle bin seperti di PC Windows.

Jika hal tersebut terjadi, maka kamu tak usah khawatir karena mengembalikan foto yang sudah terhapus bukanlah suatu hal yang mustahil. Apalagi jika kamu mengetahui cara-cara mengembalikan foto yang terhapus di android.

Pasalnya sesaat setelah dihapus, foto tersebut sebenarnya belum benar-benar terhapus dari perangkat android kamu. Maka dari itu, kamu harus bergerak cepat agar bisa menyelamatkan foto-foto tersebut.

Tak banyak yang tahu, jika saat sebuah data di android terhapus, baik itu foto, lagu, dokumen, dan lainnya, data tersebut sebenarnya belum benar-benar menghilang sampai ada data lain yang ditulis di atasnya.

Yang dihapus pertama kali sebenarnya hanya index yang mengarah pada data itu saja, sehingga jika kamu bisa menemukannya maka kamu bisa mengembalikan data itu lagi.

Untuk melakukan hal tersebut, maka ini dia beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus di android dengan menggunakan beberapa metode ini, antara lain:

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Menggunakan Google Photos

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus di android yaitu dengan menggunakan aplikasi Google Photos. Namun. langkah ini disebut-sebut menjadi langkah prevantif atau tindakan pencegahan sebelum foto terhapus.

Untuk menyimpan foto lebih banyak dalam waktu yang tak terbatas, maka ada baiknya kamu harus mencadangkan file foto tersebut di aplikasi Google Photos ini.

Fitur bawaan Google yang satu ini pun sangat memungkinkan kamu untuk bisa menyimpan foto tanpa batas (selama file tidak terlalu besar) dan bahkan fungsi cadangannya pun bisa dengan mudah untuk kamu atur.

Caranya, kamu hanya perlu meembuka aplikasi Google Photos, pilih opsi Pengaturan. Kemudian tekan Backup & Syinc, lalu pilih periode waktu dan metode apa saja yang kamu inginkan untuk mencadangkan file foto yang terdapat diponselmu.

Menggunakan Deleted Photo Recovery Free

Jika kamu tak sempat melakukan tindakan preventif sebelumnya agar bisa mencadangkan file foto kamu di ponsel, kamu masih bisa menggunakan beberapa aplikasi yang akan membantu kamu dalam mengembalikan foto yang terhapus.

Cara mengembalikan foto yang terhapus kali ini yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Deleted Photo Recovery Free. Aplikasi ini dipercayai bisa mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah dan cepat.

Caranya kerjanya yakni dengan mencari dan memindai foto yang terhapus dan juga mengembalikannya ke tempat sebelumnya. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengunduh aplikasi Deleted Photo Recovery Free di Google Play ya, guys!

Setelah terunduh, kemudian pindai semua foto yang ada di ponsel kamu. Dan langkah yang terakhir, tunggulah beberapa saat hingga aplikasi ini selesai mengembalikan semua foto kamu yang sudah terhapus.

Menggunakan Aplikasi Dumpster

Aplikasi Dumpster ini pada dasarnya berguna sebagai keranjang sampai yang bisa mencadangkan dan menyimpan semua data yang baru saja kamu hapus. Jadi, cara kerja aplikasi ini merupakan sebagai salah satu tindakan preventif.

Maka aplikasi ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus. Caranya pun sangatlah mudah kamu hanya perlu mendownload aplikasi ini melalui Google Play Store.

Kemudian jika sudah selesai, kamu harus membuka aplikasi tersebut dan menerima semua syarat dan ketentuan yang muncul di ponsel kamu.

Lalu pilih jenis file, dan hapus saja file apa pun dari penyimpanan internal atau eksternal kamu maka dengan cara yang otomatis aplikasi Dumpster ini akan menyimpan file yang terhapus tersebut.

Menggunakan DigDeep Image Recorvery

Cara mengembalikan foto yang terhapus selanjutnya adalah dengan mengandalkan aplikasi pihak ketiga yang bernama DigDeep Image Recorvery. Dengan aplikasi ini maka sudah bisa dipastikan semua foto yang terhapus akan kembali lagi.

BACA JUGA: Penyebab Foto di Gallery Smartphone Hilang Secara Tiba-tiba

DigDeep Image Recorvery memang menjadi salah satu aplikasi pemulihan yang kuat untuk android dengan melakukan pencarian folder penyimpanan yang terhapus dan memulihkan dengan mudah.

Kamu hanya perlu mengunduh dan menginstall aplikasi DigDeep Image Recorvery ini di ponsel kamu untuk memindai semua memori internal dan eksternal pada ponsel android.

Itulah beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP android atau iPhone kapan saja tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Semoga dapat menjadi solusi, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,260PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan