Kamis, 29 Oktober 2020
Beranda Teknologi Penyebab Foto di Gallery Smartphone Hilang Secara Tiba-tiba

Penyebab Foto di Gallery Smartphone Hilang Secara Tiba-tiba

RANCAH POST – Siapa saja tentu akan merasakan emosi dan kesal jika foto yang baru saja diambil dan tersimpan di gallery tiba-tiba menghilang begitu saja. Terlebih lagi tanpa tahu penyebab foto di gallery smartphone hilang tersebut.

Dalam sebuah gallery ponsel tentu akan ada banyak sekali foto-foto yang dianggap penting dan tak boleh hilang, misalnya saja jika foto terebut terkait dengan pekerjaan atau lain sebagainya.

Nah, sebelum kamu mengatasi kejadian tersebut, alangkah baiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu beragam penyebab foto di gallery HP hilang teresebut. Ini dia beberapa diantaranya:

Penyebab foto di gallery smartphone hilang

Smartphone kamu terkena virus

Sebagaimana yang diketahui, jika tak hanya pada komputer maupun laptop saja yang bisa terjangkit oleh virus, namun smartphone yang kamu gunakan pun bisa saja rentan dari ancaman virus.

Beberapa penyebab smartphone terkena virus diantaranya yakni seringnya mengoleksi atau menginstall aplikasi gratisan atau dengan mengunduh game dan aplikasi dari vendor yang abal-abal, bukan dari Google Play Store.

Tak hanya itu, membuka blog atau website tertentu yang ternyata di dalamnya mengandung virus pun bisa menjadi salah satu alasan smartphone terkena virus.

Dan kemungkinan besar virus-virus tersebutlah yang menjadikan file-file kamu menjadi hilang secara tiba-tiba maupun terjadi file corrupt yang menjadi salah satu penyebab foto di gallery smartphone hilang.

Smartphone kamu tak di-update

Salah satu penyebab foto di gallery hilang lainnya yakni kamu tidak pernah meng-update sistem yang terdapat pada ponsel. Padahal, biasanya dari pihak vendor secara berkala telah melakukan update sistem.

Meskipun dengan melakukan update smartphone akan menjadikan memory kamu akan cukup membengkak, namun hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan membiarkan virus menggerogoti file-file penting kamu.

Tidak membersihkan cache

Kebanyakan orang sering mengabaikan pentingnya tools yang berguna untuk membersihkan file sampah atau cache di smartphone kamu. Padahal dengan membersihkan cache, smartphone kamu akan mempunyai kapasitas memori serta RAM yang lebih longgar.

Untuk menghindari penyebab foto di gallery smartphone hilang yang satu ini, maka sangatlah disarankan untukmu selalu rutin membersihkan cache yang terdapat di smartphone kamu, ya.

Memori penyimpanan penuh

Sebelum merekam video pastikan terlebih dahulu untuk kamu telah memperkirakan durasi dan juga kapasitas memori pada smartphone. Karena jika kapasitas memori penyimpanan tidak cukup maka rekaman kamu akan terbuang dengan sia-sia.

Mungkin file rekaman kamu akan tersimpan selama beberapa saat, namun kemudian file tersebut akan terhapus. Hal tersebut diakibatkan oleh penuhnya kapasitas memori penyimpanan sehingga tak memungkinkan untuk menampungnya.

Oleh karena itu, memori penyimpanan yang penuh akan menjadi salah satu penyebab foto di gallery smartphone hilang.

Menyimpan video dan foto dari sosial media

Dalam mendownload dan menyimpan foto dari sosial media kamu sangatlah harus berhati-hati lho! Meskipun kontennya terbilang bermanfaat, namun belum tentu dengan encode videonya.

Bisa saja ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memasukkan kode yang mengandung virus pada foto atau video yang kamu download tersebut.

BACA JUGA: Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Smartphone Single Kamera

Maka, jika sampai kamu mendownload virus, tentu saja akan menjadi pemicu hilangnya foto di gallery smartphone. Untuk itu, pastikan kamu lebih teliti dan waspada pada saat mendownload foto dan video dari sosial media.

Nah, itulah beberapa penyebab foto di gallery HP hilang yang bisa kamu jadikan sebagai referensi agar lebih berhati-hati. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan