RANCAH POST – Tren foto bokeh memang harus diakui tengah menjamur di smartphone android. Namun sayangnya efek bokeh ini hanya bisa dibuat dengan smartphone dual kamera. Kendati demikian, kamu tak usah khawatir karena ada tips foto bokeh dengan smartphone single kamera juga, lho.

Untuk mengambil foto bokeh menggunakan single kamera bisa kamu lakukan dengan beragam cara, mulai dari yang mudah bahkan sampai yang advance sekalipun bisa kamu gunakan.

Atau kamu pun bisa memulainya dengan menggunakan mode Expert, menginstal aplikasi tambahan, atau dengan beberapa tips dan trik fotografi hanya dengan menggunakan tools yang sederhana.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkah dan tips foto bokeh dengan smartphone single kamera ini, antara lain:

Tips foto bokeh dengan smartphone single kamera

Mendekat pada objek

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar bisa mengambil foto dengan efek bokeh pada smartphone android yang single kamera yakni dengan mendekat pada objek yang akan kamu foto.

Karena dengan mendekatkan kamera pada objek pertama, maka dengan otomatis sensor pun akan memutuskan fokus untuk objek yang terdapat di depannya saja.

Sehingga objek yang terdapat di bagian belakang akan menjadi blur. Namun, perlu untuk kamu perhatikan juga agar tak mengambil foto dengan background yang terlalu ramai, karena hal tersebut akan mengurangi efek bokeh itu sendiri.

Pakai aplikasi GCam

Tips foto bokeh dengan smartphone single kamera yang bisa kamu lakukan yakni dengan menggunakan aplikasi GCam.

Pada aplikasi GCam, terdapat fitur Lens Blur yang bisa kamu manfaatkan untuk mengambil foto bokeh. Karena pada dasarnya aplikasi ini akan mengambil gambar dua kali untuk menciptakan layer fokus dan blur pada gambar.

Akan tetapi, aplikasi GCam ini hanya dapat mendukung pada smartphone-smartphone yang hanya menggunakan chipset Snapdragon saja, ya!

Hindari banyak objek foto dan latar belakang yang ramai

Untuk dapat mengoptimalkan foto bokeh yang akan kamu ambil, kamu harus menghindari banyaknya objek yang terdapat pada satu frame.

Tak hanya itu, pastikan pula semua objek dalam posisi yang sejajar. Jika ingin melakukan foto grup, alangkah baiknya dilakukan dalam jumlah yang kecil, misalnya dua sampai tiga orang saja.

Pilih objek dan gunakan fokus manual

Tips foto bokeh dengan smartphone menggunakan single kamera guna mendapatkan hasil optimal, bisa kamu lakukan dengan mengatur fokus objek terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa melakukan tap pada objek yang ingin dijadikan fokus.

Dalam beberapa smartphone, kamu juga bisa memanfaatkan fitur fokus manual. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa mengatur tingkat blur dan juga jarak fokus pada smartphone yang kamu gunakan.

Sebagai catatan, kamu pun harus mengatur komposisi foto dengan menerapkan rule of third. Untuk membantu, kamu harus mengaktifkan pula grid pada layar sebagai acuannya.

Pakai fitur lens blur di google camera

Tak hanya beberapa tips di atas, kamu juga bisa memanfaatkan fitur lens blur yang terdapat pada aplikasi Google camera. Namun sebelumnya, kamu harus memgambil jarak kurang lebih 1,5 meter dari objek.

Cara menggunakannya pun sangatlah mudah, kamu hanya cukup megikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar. Mesi tak terlalu sempurna, cara ini bisa kamu lakukan jika tak ingin mendapatkan hasil foto bokeh tanpa repot.

Edit menggunakan aplikasi pihak ketiga

Tips foto bokeh dengan smartphone single kamera lainnya juga bisa kamu coba yakni dengan menggunakan filter blur.

Filter blur ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun biasanya hanya menawarkan pilihan blur yang sederhana seperti straidht blur dan linear blur.

BACA JUGA: Aplikasi Kamera Bokeh Terbaik Untuk Smartphone!

Beberapa aplikasi edit foto terbaru memungkinkan pengguna untuk menciptakan blur dengan lebih spesifik, dimana pengguna bisa menentukan area blur dan fokus dengan cara yang manual. Seperti misalnya di aplikasi PicsArt, Blur Maker dan juga Afterfokus.

Itulah sederet tips foto bokeh dengan smartphone yang bisa kamu coba. Maka dari itu, tak usah khawatir dengan keterbatasan smartphone yang kamu punya karena hal tersebut karena kamu bisa mengakalinya ya, guys!

Share.

Leave A Reply