Rabu, 8 Juli 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

RANCAH POST – Pernah mengalami touchpad yang tak berfungsi sehingga kamu tak bisa mengoprasikan laptop kamu dengan baik? Jika iya, lakukan beberapa cara mengatasi touchpad tidak berfungsi berikut ini, deh!

Touchpad merupakan salah satu komponen yang sangat berperan penting pada laptop. Sebagai pengganti peran mouse, touchpad ini memberikan kemudahan pada setiap pengguna laptop untuk bisa mengklik suatu aplikasi atau file apa saja yang ingin dibuka.

Maka dari itu, pada saat touchpad mengalami gangguan yang menjadikannya tak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, tentu hal tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan dalam melakukan kegiatan komputasi.

Namun, tak usah terburu-buru panik, ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Berikut ini cara mengatasi touchpad tidak berfungsi atau bermasalah.

Cara mengatasi touchpad tidak berfungsi

Aktifkan touchpad yang disable

Pada beberapa laptop biasanya telah dilengkapi dengan tombol khusus di keyboard untuk mengaktifkan dan menonaktifkan touchpad. Nah, bisa saja tanpa kamu sadari kamu telah menekan tombol tersebut hingga menjadikan touchpad laptop kamu tak berfungsi.

Maka, cara mengatasi touchpad tidak berfungsi tersebut bisa kamu lakukan dengan mencari tombol di keyboard yang mempunyai icon bergambar touchpad.

Biasanya tombol tersebut terdapat di antara tombol F1-F12. Jika kamu berhasil menemukannya, kamu hanya perlu melakukan tekan kombinasi Fn + tombol tersebut untuk mengaktifkan kursor yang freeze, misalnya Fn + F6 atau Fn + F9.

Hapus perangkat lunak mouse

Banyak pengguna laptop yang memasang perangkat lunak bawaan mouse untuk tujuan tertentu. Sayangnya, software tersebut bisa menjadikan touchpad menolak untuk bekerja dengan baik. Maka dari itu, hapuslah software mouse tersebut, kemudian restart laptop kamu.

Update atau install driver

Cara mengatasi touchpad tidak berfungsi lainnya yaitu dengan melakukan install ulang laptop. tentu sudah bisa dipastikan semua driver yang terdapat pada laptop kamu pun akan ikut menghilang.

Oleh karena itu, hal ini kemungkinan besar bisa menjadikan touchpad kamu menjadi tidak berfungsi dengan baik. Kendati demikian, kamu bisa mengunjungi situs produsen laptop kamu untuk mencari instalasi driver touchpad yang sesuai.

Kerena biasanya, produsen besar akan menyediakan unduhan driver secara gratis untuk mengurangi resiko error. Jika tidak, kamu dapat mendatangi pusat servis resmi untuk melakukan update driver untuk touchpad.

Lihat pada pengaturan bios

Kadangkala, kamu bisa saja lupa jika fitur touchpad bisa dinonaktifkan pada bios, sehingga kamu tak usah masuk ke bios dan mengaktifkannya kembali. Untuk bisa masuk ke dios, beberapa produsen mungkin menghadirkan pilihan tombol yang berbeda.

Sehingga jika kamu tak tahu cara untuk masuk ke bios, kamu mungkin harus melihat buku manual. Pilihan touchpad biasanya ada di bagian hardware device settings, dan jika kamu melihat terdapat opsi disable pada tracpad, touchpad atau istilah lainnya, kamu harus mengaktifkan kembali fitur ini.

Perbaiki laptop

Jika semua cara mengatasi touchpad tidak berfungsi sebelumnya tetap tak bisa mengatasi masalah touchpad kamu, maka mungkin memang ada sesuatu yang salah dengan laptop yang kamu miliki.

Jika laptop kamu masih baru, alangkah baiknya untuk segera membawanya ke pusat service resmi agar bisa mendapatkan bantuan yang lebih lanjut.

BACA JUGA: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Bermasalah dan Rusak

Sehingga nantinya pihak teknisi akan membantu menemukan penyebab pasti masalah yang terjadi pada laptop kamu dan menentukan apakah perangakat kamu bisa diperbaiki atau harus diganti.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tak berfungsi. Semoga dengan melakukan cara-cara di atas, touchpad kamu bisa digunakan kembali dengan baik ya, guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,384FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan