30.3 C
Ciamis
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Bermasalah dan Rusak

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Bermasalah dan Rusak

RANCAH POST – Keyboard merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam laptop, karena semua aktifitas di komputer dimulai dari keyboard. Itu sebabnya, jika sampai mengalami kerusakan maka akan fatal akibatnya. Maka dari itu, kamu harus tahu cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak tersebut.

Seperti yang diketahui jika tanpa adanya keyboard, kamu tak akan bisa menggunakan laptop dengan baik dan maksimal. Namun terkadang papan ketik tersebut memang mengalami masalah dan tentunya akan mengganggu pada aktivitas kerja.

Jika kamu sedang mengalami masalah keyboard tersebut, maka ini dia beberapa cara memperbaiki keyboard laptop rusak ini bisa kamu terapkan.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Bersihkan laptop dari debu

Biasanya tombol pada laptop tidak akan berfungsi dengan baik bisa jadi disebabkan karena terhalang oleh debu. Dengan demikian, gunakanlah komposer atau blower kecil untuk membersihkan debu yang mungkin terperangkap di sela-sela keyboard laptop.

Cek kerusakan software dan hardware

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak bisa kamu lakukan dengan mengecek software dan hardware laptop karena kerusakan pada keyboard laptop juga bisa disebabkan oleh software dan hardware.

Untuk mengetahui hal tersebut, kamu harus masuk pada menu BIOS yang ada pada laptop kamu. Jika ternyata tombol berfungsi dengan baik, kemungkinan kerusakan yang terjadi hanyalah pada software.

Namun jika di menu BIOS, keyboard juga tetap tak bisa berfungsi dengan baik, kemungkinan besar memang kerusakan terjadi pada hardware keyboard laptop yang kamu gunakan ya, guys!

Lakukan restore windows

Biasanya kerusakan kecil juga bisa terjadi setelah pengguna menginstal suatu aplikasi atau melakukan pengaturan lainnya yang akan mengakibatkan keyboard tidak berfungsi dengan baik.

Salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan System Restore pada Windows. Fitur ini digunakan agar dapat mengembalikan pengaturan sistem pada Windows ke kondisi pada check point sebelumnya.

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak dengan langkah ini pun cukup mudah, yakni kamu tinggal mengetik Recovery pada tab pencarian, lalu pada menu tersebut, klik opsi Open System Restore.

Setelah itu akan muncul pilihan waktu dan tanggal yang bisa kamu lakukan restore. Klik Next untuk melakukan restore.

Namun harus kamu ingat, jika setelah melakukan restore beberapa pengaturan seperti instalasi aplikasi yang mungkin sebelumnya dilakukan, akan ter-uninstall kembali.

Update driver

Jika setelah mengecek BIOS, kamu menemukan kemungkinan kerusakan hanya sebatas software, kemudian cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak selanjutnya yang harus kamu lakukan yakni dengan meng-update driver.

Cara untuk meng-update driver pada PC Windows cukup mudah, yakni dengan masuk pada menu Device Manager> Keyboard. Kemudian klik kanan, dan akan muncul opsi Update Driver.

Jika sudah, kemudian lakukan update driver dengan cara online dengan opsi Search Automatically….” Atau jika kamu mempunyai file driver untuk keyboard, lakukan update dengan opsi Browse My Computer….

Ganti part baru

Jika saat masuk ke menu BIOS tadi kamu menemukan jika kemungkinan kerusakan yang dialami ada pada hardware, maka cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak dengan mengganti keyboard part yang baru.

Pastikan kamu membeli keyboard yang sesuai dengan perangkat laptop yang kamu punya. Cari tahu terlebih dahulu nomor model dari perangkat laptop kamu agar kamu tak salah model dam membeli keyboard yang baru.

BACA JUGA: Sederet Aplikasi Keyboard Menarik dan Sederhana Untuk Android

Cara memasang keyboard memang terbilang agak rumit, namun kmau bisa mencari tahu beberapa tutorial video yang ada di internet. Jika masih merasa sulit, kamu bisa menghubungi teknisi service conter resmi jika laptop kamu masih dalam masa garansi.

Atau jika ternyata sudah lewat garansinya, kamu bisa menghubungi IT support atau tukang service laptop untuk membantu memasang keyboard baru pada laptop kamu.

Itu dia beberapa cara memperbaiki keyboard laptop bermasalah dan tidak berfungsi dengan benar yang bisa kamu coba lakukan di rumah sebelum membawanya ke tukang service ya, guys!

Stay Connected

105,080FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here