Senin, 13 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 5 Makanan Lebaran yang Sebaiknya Dihindari Penderita Maag

5 Makanan Lebaran yang Sebaiknya Dihindari Penderita Maag

RANCAH POST – Bagi penderita maag, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi secara berlebihan saat Lebaran.

Seseorang yang memiliki penyakit maag, memang perlu berhati-hati dan waspada dalam pemilihan makanan yang hendak dikonsumsi.

Jangan sampai makanan yang Anda konsumsi memicu kenaikan asam lambung, dan hindari juga mengkonsumsi makanan yang sembarang.

Setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan, Hari Raya merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu.

Saat Hari Raya Idul Fitri tiba, tentu beragam makanan khas Lebaran pun banyak tersaji di meja makan. Mulai dari opor ayam hingga semur daging.

Namun sebaiknya bagi Anda penderita maag harus mampu mengontrol apa yang dikonsumsi. Anda tentu tidak ingin bukan mengalami maag kambuh saat Hari Raya?

Supaya kondisi maag tak kambuh saat hari Lebaran tiba, dan aktivitas Anda tetap lancar, berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsusmi secara berlebihan saat lebaran.

Makanan Lebaran yang Dihindari Penderita Maag

Langsung saja berikut makanan-makanan yang sebaiknya dihindari saat Lebaran seperti dilansir dari Doktersehat.com.

Makanan yang terlalu pedas

Saat lebaran, makanan-makanan yang bercita rasa pedas memang sering terhidang di meja makan atau banyak dijual oleh pedagang.

Makanan bercita rasa pedas memang menggugah selera dan membuat orang yang mengkonsumsinya ingin lagi dan lagi alias ketagihan ingin segera untuk menghabiskan semuanya.

Namun sebaiknya, makanan yang terlalu pedas harus dihindari bagi Anda yang memiliki gangguan maag karena tidak baik bagi lambung.

Bagi Anda yang memiliki GERD, sebaiknya hindarilah makanan yang terlalu pedas karena bisa membuat lambung bergejolak. Jika sulit untuk menghindarinya, setidaknya makanlah dalam porsi sedikit saja.

Makanan dari gula olahan

Makanan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi terlalu berlebihan bagi penderita maag saat Lebaran yang selanjutnya adalah makanan dari gula olahan.

Mereka yang memiliki penyakit maag tentu akan mempunyai lambung yang sensitif. Beberapa makanan yang Anda konsumsi bisa saja menyebabkan lambung terluka dan iritasi.

Makanan seperti kue kering, roti, dan beragam produk olahan gula serta karbohidrat lainnya dapat menjadi beberapa makanan yang bisa membuat Anda mengalami gangguan pada lambung.

Untuk itu, lebih bijak dan batasi dalam mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Jangan sampai Anda mengkonsumsi terlalu berlebihan, bahkan semuanya.

Makanan bersantan

Ketika lebaran tiba, tentu orang-orang akan sibuk menyiapkan hidangan spesial untuk disantap bersama keluarga di rumah.

Salah satu makanan yang paling umum terhidang di meja makan saat Lebaran adalah makanan bersantan seperti opor ayam dan rendang.

Perlu Anda ketahui, makanan bersantan mengandung lemak jenuh dan trans yang cukup tinggi. Lemak tersebut merupakan jenis lemak yang sulit dicerna tubuh.

Tidak hanya itu saja, ketika makanan-makanan tersebut mendarat di lambung bisa menyebabkan asam menjadi meningkat.

Untuk itu, perlu dibatasi dalam mengkonsumsi makanan yang bersantan atau yang digoreng dengan metode deep fried supaya lambung tidak bergejolak.

Makanan yang terlalu asam

Selain makanan bersantan, makanan yang terlalu asam juga sebaiknya dihindari dikomsumsi secara berlebihan bagi penderita maag saat lebaran tiba.

Makanan yang terlalu asam dapat menimbulkan masalah pada lambung. Apalagi bagi mereka yang sering mengalami asam lambung naik, tentu bisa langsung mengalami nyeri pada lambung.

Alhasil, momen lebaran bersama keluarga pun dapat terganggu. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindar adalah minuman berbahan dasar jeruk atau lemon, rujak buah, sambal mangga muda, serta makanan-makanan asam lainnya.

Hindari konsumsi kafein

Ketika bulan puasa, makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari adalah yang mengandung kafein. Kafein bersifat diuretik yang membuat kita sering buang air kecil dan rentan dehidrasi.

Salah satu minuman yang memiliki kandungan kafein adalah kopi. Manfaat kopi untuk kesehatan memang sangat luar biasa, namun ingat konsumsilah secukupnya.

Jika terlalu berlebihan tentu akan memicu masalah pada. Ingat, sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Itulah beberapa makanan lebaran yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi terlalu berlebihan bagi penderita maag. Tetap jaga kesehatan agar momen Lebaran dapat berjalan lancar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,361FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan