Rabu, Desember 2, 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap Orang Lain

Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap Orang Lain

RANCAH POST – Apakah kamu pernah mengalami WhatsApp yang disadap oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab? Jika pernah, untuk menghindari hal tersebut agar tidak terulang lagi, maka kamu harus melakukan beberapa cara mengatasi WhatsApp disadap berikut ini.

WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai media pengiriman pesan instan pada saat ini.

Kepopuleran WhatsApp sendiri kini menjadikannya aplikasi yang menjadi salah satu standar komunikasi di indonesia. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika kepopulerannya begitu kencang saat ini.

Akan tetapi, WhatsApp pun tak selamanya aman karena pada beberapa kesempatan, WhatsApp yang digunakan bisa saja disadap oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya penyadapan tersebut terjadi karena keteledoran pengguna itu sendiri dalam menjaga privasi saat menggunakan WhatsApp. Untuk itu, lakukan cara mengatasi WhatsApp disadap berikut ini.

Cara mengatasi WhatsApp disadap orang lain

Tidak menggunakan WiFi yang sifatnya umum

Kamu sering menggunakan WiFi di tempat umum? Sebaiknya kegiatan itu kini lebih sering kamu kurangi. Hal itu disebabkan penggunaan WiFi di tempat umum akan berpotensi membocorkan semua data-data yang kamu lakukan.

Data yang bisa didapatkan oleh para hacker pun bisa bermacam-macam, mulai dari transaksi keuangan sampai ke bagian chatting yang sifatnya sangat pribadi.

Jika kamu ingin melakukan transaksi ataupun chatting yang sifatnya pribadi, maka sebaiknya menggunakan jaringan pribadi seperti kuota.

Adapaun kamu tetap ingin menggunakan WiFi, pastikan tempat WiFi tersebut tak banyak digunakan oleh umum, misalnya WiFi kantor atau tempatmu bekerja. Sebab, WiFi tempat kerja biasanya sudah dirancang khusus agar tidak semua orang bisa menggunakan jaringan tersebut.

Tidak membuka aplikasi WhatsApp pada komputer umum

Cara mengatasi WhatsApp disadap lainnya dengan tidak membuka WhatsApp di komputer umum yang digunakan oleh banyak orang. Karena seperti yang sudah diketahui jika WhatsApp memang bisa kamu buka di komputer atau laptop karena aplikasi WhatsApp bisa dibuka dengan melalui web.

Nah, untuk kamu yang ingin menggunakan WhatsApp versi web, maka sebaiknya gunakan pada komputer atau laptop yang sifatnya pribadi. Jika kamu sampai membuka WhatsApp di versi web di komputer atau laptop orang lain, maka kemungkinan akun kamu akan disadap semakim besar.

Meskipun kamu telah melakukan Logout, akan tetapi history kamu akan tetap terlacak di komputer yang sifatnya random. Apalagi jika komputer tersebut digunakan oleh banyak orang, maka peluang akun kamu disadap sangatlah tinggi.

Tidak mengunduh aplikasi di luar Play Store

Cara mengatasi WhatsApp disadap yang selanjutnya kamu pun jangan pernah mengunduh aplikasi android apapun di luar aplikasi resmi seperti Play Store atau Apple Store.

Mengunduh aplikasi di luar aplikasi resmi akan sangat rentan terkena spyware atau pun penyadapan dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Maka dari itu, untuk install aplikasi yang aman, akan jauh lebih baik unduh langsung dari aplikasi resmi seperti Play Store dan Apple Store.

Instal aplikasi anti virus

Pemasangan anti virus pada smartphone bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi WhatsApp disadap. Tak hanya itu, aplikasi anti virus ini pun juga bisa kamu manfaatkan dalam mencegah kemungkinan adanya virus yang bersemayam di smartphone seperti jenis-jenis malware, trojan, dan lain sebagainya.

Selalu melakukan logut setelah menggunakan WhatsApp Web

Hal terpenting pada saat menggunakan WhatsApp versi web yaitu selalu logut meskipun menggunakan komputer dan laptop milik sendiri. Dengan sering melakukan logout, maka kamu telah mengamankan data-data yang kamu punya. Apalagi percakapan di dalam WhatsApp yang bersifat sangat pribadi.

Melakukan verifikasi dua langkah

Cara mengatasi WhatsApp disadap yakni dengan melakukan verifikasi dua langkah. Karena di dalam aplikasi WhatsApp terdapat sebuah fitur yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan verifikasi dua langkah ini.

BACA JUGA: Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Oleh Seseorang

Maka sistem pengamanan dapat ditambahkan menjadi dua kali lipat. Langkah ini pun bisa menyulitkan untuk hacker yang akan menyadap akun WhatsApp yang kamu gunakan.

Gimana sangatlah mudah untuk kamu lakukan sederet cara mengatasi WhatsApp disadap di atas, bukan? Semoga dengan melakukan ke enam cara tersebut akun WhatsApp kamu aman dari para hacker yang tak bertanggung jawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here