Rabu, 8 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 4 Makanan yang Harus Dibatasi Saat Lebaran

4 Makanan yang Harus Dibatasi Saat Lebaran

Saat lebaran, ada beberapa makanan yang sebaiknya dibatasi dalam mengkonsusminya. Jangan terlalu banyak dan berlebihan.

Seperti diketahui, Hari Raya selalu identik dengan beragam makanan yang melimpah terhidang di meja makanan.

Beberapa makanan khas Hari Raya biasanya berbahan dasar daging, makanan berkuah santan, hingga kue-kue seperti nastar, kastengel, dan lidah kucing.

Makanan yang begitu lezat ini tentu membuat Anda ingin segera menyantapnya, bahkan menghabiskan semuanya. Tak jarang, orang-orang pun kalap mengkonsumsinya.

Jika Anda memiliki kebiasaan seperti itu, mulai sekarang harus dihindari. Karena kebiasaan tersebut dapat membuat tubuh rentan mengalami obesitas dan muncul masalah pencernaan.

Selain itu, banyak hidangan khas Lebaran yang mengandung serta menyebabkan kolesterol tinggi. Maka dari itu, bijaklah dalam mengkonsumsinya.

Jika tidak, hal tersebut tentu dapat memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh. Kalau kolesterol dalam tubuh sudah naik, bisa memicu stroke dan serangan jantung.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa makanan yang harus dibatasi ketika Lebaran tiba.

Makanan Yang Harus Dibatasi Saat Lebaran

Berikut ini makanan-makanan yang perlu dibatasi dalam mengkonsumsinya ketika Lebaran seperti dilansir dari Fimela.com.

Makanan asin

Makanan pertama yang perlu dibatasi ketika lebaran Idul Fitri adalah makanan asin, termasuk pada makanan berat dan cemilan.

Ketika Lebaran tiba, beragam makanan banyak terhidang di meja makan untuk disantap bersama keluarga, mulai dari yang manis hingga yang asin.

Perlu Anda perhatikan, batasilah mengkonsumsi makanan asin yang banyak ditemukan saat Hari Raya tiba.

Makanan asin yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menjadi pemicu tekanan darah tinggi, kolesterol, hingga gangguan jantung.

Seafood

Seafood menjadi makanan selanjutnya yang wajib dibatasi saat Lebaran Idul Fitri tiba. Meski memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun hindari mengkonsumsinya secara berlebihan karena tidak baik bagi tubuh.

Hindari juga jenis-jenis seafood yang mengandung kolesterol tinggi seperti udang. Selain membatasi makan seafood secara berlebihan, jangan lupa juga untuk berolahraga.

Gorengan

Makanan-makanan yang digoreng harus dibatasi karena dapat memicu peningkatan kolesterol. Anda tentu tidak ingin bukan mengalami kenaikan kolesterol saat Lebaran tiba?

Gorengan memiliki kandungan lemak yang berbahaya bagi tubuh. Kolesterol jahat dari kandungan lemak di makanan ini akan menyerang tubuh dan menyebabkan pengendapan di dalam pembuluh darah.

Risiko penyakit kardiovaskular dapat meningkat ketika Anda mengkonsumsi hidangan yang mengandung minyak yang sangat banyak.

Lebih baik, perbanyak konsumsi makanan-makanan sehat yang bergizi seperti sayur dan buah-buahan.

Hidangan berlemak

Makanan yang harus dibatasi saat Lebaran selanjutnya adalah hidangan berlemak. Selain makanan asin, hidangan berlemak tentu juga tak ketinggalan tersaji di meja makan anda.

Makanan berlemak merupakan sumber kolesterol yang tinggi. Makanan bersantan adalah makanan berlemak yang sulit dicerna oleh tubuh.

Selain makanan bersantan, batasi juga mengkonsumsi beragam jenis cokelat karena memiliki kandungan lemak jenuh yang dapat menjadi pemicu kolesterol naik.

Makanan yang mengandung lemak tinggi akan lebih banyak tersimpan di dalam bentuk jaringan di bawah kulit tubuh.

Lemak yang tidak bisa dicerna secara sempurna akhirnya mengendap dan dapat menjadi penyebab yang bisa memicu obesitas.

Jika tidak mengontrol dalam mengkonsumi makanan berlemak seperti santan dan cokelat, hati-hati bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan.

Itu dia makanan-makanan yang harus dibatasi saat Lebaran Idul Fitri tiba. Ingatlah, sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh, konsumsilah secukupnya saja. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,384FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan