Rabu, 23 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengamankan Data dan Privasi yang Ada di Laptop

Cara Mengamankan Data dan Privasi yang Ada di Laptop

RANCAH POST – Laptop memang bukan benda yang sembarangan. Sama halnya dengan handphone, laptop juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan file-file yang penting. Terutama yang berkaitan dengan privasi dan data. Nah, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara mengamankan data dan privasi di laptop?

Menyimpan data-data penting memang harus kamu lakukan agar terhindar dari orang-orang yang iseng dan tak bertanggung jawab. Apalagi jika yang berkaitan dengan privasi, entah itu foto atau video yang sangat sensitif dan bersifat pribadi.

Mungkin saja kamu bisa kehilangan data penting hanya karena hal sepele, misalnya dengan lupa mengunci laptop. Meskipun kesalahannya memang sedikit, namun efeknya banyak dan bisa sangat berbahaya mengingat betapa masifnya permasalahan mengenai data pribadi belakangan ini.

Untuk bisa mencegah hal buruk itu tersebut, maka ada baiknya kamu meningkatkan keamanan terhadap file-file yang kamu simpan di laptop. Ini dia cara mengamankan data dan privasi di laptop, antara lain:

Cara mengamankan data dan privasi di laptop

Gunakan kata sandi atau password yang susah

Langkah pertama yang paling penting untuk bisa mengamankan laptop guna mencegah orang lain mengakses file kamu tanpa izin yakni dengan menggunakan password pada saat kamu akan menggunakan laptop.

Dan pastikan pula kamu membuat kata sandi atau password yang susah ditebak oleh orang lain. Jangan pernah menggunakan tanggal lahir, nama kucing, atau nama orang yang kamu cintai, ya.

Gunakan screensaver yang dilindungi oleh kata sandi

Untuk memastikan orang lain tidak bisa masuk dan mengintai laptop kamu pada saat ditinggalkan, maka kamu harus memastikan telah mengatur screensaver untuk memulai secara otomatis jika laptop tak digunakan dalam waktu yang sudah ditentukan dan siapapun.

Nah, jika kamu menggunakan cara mengamankan data dan privasi di laptop dengan screensaver ini maka kamu pun harus melindunginya juga dengan kata sandi, dengan kata lain hanya bisa dihilangkan dengan memasukkan password.

Enkripsi hard drive

Melindungi laptop kamu dengan kata sandi tampaknya tak cukup kuat dalam mencegah peretas alias hacker yang akan mengakses file penting kamu.

Masalah akan menjadi tambah rumit jika laptop kamu dicuri, atau peretas mempunyai cara lain dengan menghapus hard drive agar bisa membaca file yang ada secara langsung.

Untuk mencegah hal ini, kamu wajib melakukan cara mengamankan data dan privasi di laptop dari serangan apa pun yang ada dengan mengenkripsi hard drive pada laptop.

Jika ingin lebih aman, coba pertimbangkan lagi untuk selalu mengenkripsi setiap file di dalam harddisk. Hal ini akan sangat melindungi data-data yang kamu miliki.

Back-up setiap data yang penting

Mencadangkan alias memback-up data sangatlah penting. Dengan melakukan backup data, maka kamu akan terbebas dari ancaman ransomware yang dirancang agar bisa mengunci komputer atau mengunci data sampai uang tebusan dibayarkan.

Ransomware pada umumnya tersebar melalui email phising, atau bisa jadi secara tidak sengaja situs web terinfeksi. Pada intinya, ransomware akan mengunci data kamu sehingga kamu tak bisa mengaksesnya kecuali kamu melakukan pembayaran tertentu.

Selalu perbarui sistem dan software laptop

Cara mengamankan data dan privasi di laptop agar bisa terhindar dari malware ialah dengan tidak mendownload hal-hal random. Misalnya update Flash yang kelihatan kurang terpercaya, jangan download file bajakan, jangan kunjungi situs bajakan, dan masih banyak lagi.

Kamu juga harus menjaga sotware yang ada pada laptop kamu dengan selalu diperbarui atau update dengan cara yang berkala. Browser modern seperti Chrome dan Firefox mempunyai pembaruan otomatis pada saat diaktifkan secara default, namun kamu masih harus me-restartnya dengan rutin.

Tak hanya itu, jangan lupa untuk memastikan pula agar selalu mengaktifkan pembaruan otomatis OS dan aplikasi yang terinstal di laptop, agar bisa mendapatkan manfaat dari pengaman terbaru yang disediakan oleh para developernya.

Gunakan pengaman layar laptop

Hilangnya data penting bisa saja terjadi karena hal yang sepele, misalnya saja kamu lupa menurunkan brightness (kecerahan) pada layar atau lupa menutup layar pada saat akan meninggalkan laptop.

Hal ini bisa saja terjadi karena bisa saja terdapat seseorang yang penuh dengan rasa penasaran dan akan secara alami melirik sesuatu yang ingin dia ketahui di laptop kamu.

BACA JUGA: Cara Untuk Mengatasi Baterai Laptop yang Cepat Sekali Habis

Nah sebagai cara mengamankan data dan privasi di laptop, kamu bisa meningkatkan keamanan privasi dengan menambahkan pengaman layar yang bisa membatasi sudut pandang (jika miring layar akan terlihat gelap).

Tampilannya pun tak jauh berbeda dengan temper-glass yang biasa digunakan untuk melindungi layar HP touchscreen. Oleh karena itu, menggunakan pengaman layar merupakan salah satu cara yang sangat penting untuk menyelamatkan data-data penting yang terdapat pada laptop.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan data dan privasi di laptop. Maka dengan kamu melakukan cara-cara tersebut, data dan juga privasi kamu pun akan tetap terjaga  keamanannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,967FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan