Jumat, November 27, 2020
Beranda Teknologi 6 Penyebab Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

6 Penyebab Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

RANCAH POST – Sebagai salah satu media penyimpanan, harddisk eksternal menjadi senjata yang cukup mumpuni untuk kamu yang sibuk dan membutuhkan ruang penyimpanan besar. Namun kadang kala harddisk pun mengalami masalah, salah satunya hardddisk tidak terbaca. Lalu, apa sih penyebab harddisk eksternal tidak terbaca?

Harddisk eksternal ini memang menjadi salah satu senjata yang cukup berguna untuk kamu mempunyai ruang penyimpanan yang cukup besar. Memang praktis, namun ia juga sering mengalami masalah salah satunya tidak terbaca saat terkoneksi pada PC atau laptop.

Penyebabnya pun sangatlah beragam, mulai dari hardware sampai dengan software. Harddisk yang tidak terbaca ini bisa menjadi salah satu masalah yang cukup besar, apalagi jika kamu harus mengakses sebuah file untuk urusan penting dan mendesak.

Nah, hal ini pula lah yang juga bisa dikatakan menjadi salah satu masalah yang cukup ditakuti oleh para penggunanya, karena jika harddisk mengalami kerusakan total, tentu saja data yang terdapat pada harddisk kamu tak akan bisa terselamatkan.

Kebanyangkan jika data yang terdapat di dalam harddisk kamu hilang? Hal tersebut tentu akan menjadikanmu menjadi sangat pusing. Apalagi jika data-datanya cukup penting.

Oleh karena itu, untuk menghindarinya kamu harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab harddisk eksternal tidak terbaca, berikut ini beberapa peenyebabnya, antara lain:

Penyebab harddisk eksternal tidak terbaca

Faktor usia

Sama halnya dengan perangkat elektronik yang lainnya, harddisk juga mempunyai usia pemakaian untuk bisa bekerja dengan baik. Maka semakin lama usia penggunaan, semakin menurun pula kinerja yang dihasilkan oleh harddisk tersebut.

Apalagi jika ternyata harddisk mempunyai piringan yang berputar di dalamnya (mirip CD). Maka semakin tua umurnya, tentunya putarannya pun tidak akan semulus pada saat masih baru.

Kabel

Penyebab harddisk eksternal tidak terbaca diakibatkan karena kabel dari harddisk eksternal ke port USB. Hal tersebut dapat terjadi karena kesalahan penggunaan atau saat membawa terjadi masalah pada konektor yang menyebabkan terhambatnya transfer data yang sampai tidak terbaca.

Pada umumnya, kabel yang sering rusak yaitu kabel yang bukan bawaannya, melainkan kabel bawaan tapi harddisk nya bukan brand besar.

Jarang di defrag

Penggunaan harddisk eksternal yang tinggi bisa saja akan mengakibatkan sampah seperti cache. Defragment merupakan salah satu cara untuk menjaga performa harddisk tetap optimal dan menghindari bad sector.

Jatuh

Penyebab harddisk eksternal tidak terbaca kali ini menjadi salah satu yang cukup berpengaruh, apalagi jika ternyara harddisk kamu pernah terjatuh dengan cukup keras. Sehingga mengakibatkan komponen yang terdapat di dalamnya mengalami kerusakan.

Mirip dengan poin nomor satu, bagian yang paling rentan rusak pada saat jatuh yakni piringan di dalamnya yang selalu berputar pada saat menyala.

Selain harddisk, jatuh ini pun akan menyebabkan flashdisk tidak terbaca, namun resikonya tak sebesar harddisk, karena flashdisk tak mempunyai komponen yang bergerak.

Windows tidak mengenali drive

Pada saat Harddisk disambungkan pada windows secara otomatis akan langsung mengenali dan membaca harddisk tersebut. Kemudian, bagaimana jika ternyata tidak terbaca? Maka kemungkinan besar terdapat masalah pada pengaturan sistemnya.

Casing harddisk yang longgar

Dalam casing harddisk terdapat port SATA dengan corveter ke USB, bisa dibayangkan bukan jika ternyata casingnya itu longgar? Tentu hal ini menjadi salah satu penyebab harddisk eksternal tidak terbaca oleh komputer, dong.

BACA JUGA: Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Demikianlah beberapa penyebab kenapa harddsik eksternal kamu menjadi tidak terbaca oleh PC maupun laptop. Meski demikian, walaupun ukurannya kecil, kamu harus benar-benar menjaganya agar kondisinya tetap baik guna menjaga performa harddisk eksternal kamu tetap bagus dan baik-baik saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here