Kamis, 29 Oktober 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

RANCAH POSTFlashdisk adalah sebuah media untuk penyimpanan data, yang bisa ditransfer oleh komputer atau laptop. Alat ini biasanya digunakan untuk menyimpan data-data penting, sehingga data tersebut bisa dipakai kembali saat dibutuhkan.

Harganya pun cukup bervariasi, tergantung dari kualitas dan kapasitas penyimpanan data. Yang termurah biasanya adalah flashdisk dengan kapasitas 2 GB. Apapun merk-nya, biasanya harganya tidak terlalu jauh. Namun Flashdisk tidak selamanya bisa berjalan normal, karena adakalanya flashdisk tersebut tidak bisa membaca data akibat diserang virus.

Ya, Flashdisk sangat rentan terkena virus, maka dari itu Anda harus memastikan Flashdisk berada dalam kondisi safe saat akan dicabut dari laptop. Biasakan melakukan eject pada flashdisk sebelum mencabutnya. Namun jika flashdisk tersebut sudah terlanjur rusak, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memulihkannya. Ulasan selengkapnya silahkan simak di bawah ini.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Tips 1
Colokkan Flashdisk pada laptop atau komputer.
Setelah itu Klik Start > Run lalu ketik tulisan “compmgmt.msc” (tanpa tanda petik).
Tekan OK, maka akan muncul program compmgmt.msc, klik program tersebut.
Pilih menu Storage > Disk Management.
Jika sudah masuk ke menu tersebut, biasanya flashdisk akan terdeteksi otomatis.
Klik kanan, lalu pilih Create Partition.
Tahap selanjutnya adalah melakukan format pada Flashdishk. Caranya klik kanan lalu pilih Format.

Tips 2
Colokkan Flashdik pada laptop atau komputer
Buka Control Panel, lalu Klik Add Hardware, pilih Next.
Jika sudah, kemudian pilih “Yes, I have already connected the hardware“.
Biasanya flashdisk akan terdeteksi secara otomatis. Jika flashdisk berhasil dikenali, maka akan muncul beberapa hal berikut. Muncul menu Autorun, Muncul ikon “Removable hardware” pada system tray, dan muncul drive baru di Menu My Computer atau Windows Explorer.
Jika muncul beberapa hal di atas, maka pendeteksian flashdisk tidak perlu dilanjutkan. Anda bisa memilih Cancel pada menu berikutnya. Namun jika tidak terdeteksi, lanjutkan ke tahap berikutnya.

Tips 3
Jika kedua cara di atas masih belum berhasil memperbaiki flashdisk Anda kembali seperti semula, maka disarankan untuk melakukan tips berikutnya yaitu dengan menggunakan Tool HDD Low Level Format. Anda bisa mendownloadnya secara gratis di beberapa situs penyedia software. Setelah didownload, ikuti panduan yang ada di dalamnya.

Secara umum, panduan tersebut sangat mudah dan sederhana sehingga bisa dilakukan oleh siapapun bahkan bagi anda seorang pemula dalam dunia komputer. Tool tersebut sangat bermanfaat untuk membantu memulihkan flashdisk yang terkena virus komputer, sehingga bisa kembali bekerja dengan normal.

BACA JUGA : Inilah Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki flashdisk. Sangat sederhana bukan? Siapapun bisa melakukannya asal mengikuti panduan di atas dengan baik dan benar. Dengan tips di atas, kami harap flashdisk anda bisa kembali berjalan normal dan bisa menyimpan data dengan baik. Namun jika semua cara di atas tidak berfungsi dan flashdisk anda tidak kembali normal, maka disarankan untuk membawanya ke toko service komputer, karena itu artinya kerusakan pada flashdisk sudah sangat parah.

BACA JUGA : 6 Tips Agar Baterai Handphone dan Laptop Tahan Lama

Namun kami lebih menyarankan untuk membeli yang baru, karena pada umumnya harga flashdisk baru tidak jauh harganya dengan biaya perbaikan. Terima kasih sudah membaca ulasan kami. Anda juga bisa membaca ulasan menarik lain di blog kami, yang masih berkaitan dengan Teknologi, Internet, dan Komputer. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa membantu memecahkan masalah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,261PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan