24.5 C
Ciamis
Beranda Teknologi Tips n Trik Inilah Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak

Inilah Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak

RANCAH POSTLaptop merupakan suatu barang berharga yang harus dirawat dengan baik, khususnya masalah baterai. Ya, banyak pengguna laptop yang mengeluh karena baterai cepat rusak. Masalah utama yang terjadi biasanya adalah mudah menurunnya daya baterai sehingga tidak bisa tahan lama saat dipakai, dan memaksa para pengguna untuk selalu mencolokkan laptop pada listrik.

Namun tanpa mereka sadari, kerusakan pada baterai sebenarnya akan terjadi akibat kelalaiaan mereka sendiri, karena tidak memperhatikan masalah baterai dengan baik. Ya, para pengguna laptop seringkali mengabaikan masalah baterai dan menganggapnya sebagai sesuatu yang sepele. Padahal jika baterai sudah rusak maka hal tersebut akan berpengaruh cukup signifikan pada kinerja laptop serta kegunaannya.

Lalu apa saja penyebab baterai cepat rusak? Untuk mendapat pelajaran dan supaya bisa menghindari rusaknya baterai, sebaiknya anda menyimak beberapa penyebabnya berikut ini. Selamat menyimak, dan perhatikan dengan teliti.

Penyebab Baterai Laptop Mudah Rusak

Penggunaan laptop yang berlebihan
Penggunaan laptop secara berlebihan tentu akan membuat baterai mudah rusak. Hal ini bisa terjadi karena baterai laptop bekerja melebihi kapasitasnya. Sebaiknya aturlah jadwal penggunaan laptop setiap hari, khususnya bagi anda yang suka bermain game. Jika laptop digunakan bermain game, maka baterai dituntu bekerja lebih keras dan berat, sehingga sangat rawan terjadi kerusakan. Penggunaan laptop yang ideal adalah 2-3 jam dalam sehari.

Menggunakan laptop sambil men-charge baterai
Meskipun hal ini sudah terbukti dapat merusak baterai, namun masih saja banyak para pengguna yang memakai laptop sambil men-charge baterai. Hal tersebut tentu sangat disayangkan, karena kondisi baterai akan mudah lemah dan rusak. Untuk menghindari kerusakan, jangan pernah menggunakan laptop saat kondisi sedang di-charge. Jika anda lebih sering memakai laptop di rumah, sebaiknya cabut baterai dan gunakan daya listrik. Hal tersebut tentu akan membuat laptop anda lebih awet dan tahan lama.

Meletakan laptop di atas benda empuk
Hal ini terdengar sangat sepele sehingga sering diabaikan oleh mayoritas pengguna laptop. Banyak beberapa diantaranya yang hobi menggunakan laptop di atas benda yang empuk seperti kasur atau bantal. Padahal, jika aktivitas tersebut dilakukan secara terus menerus, maka kondisi baterai akan semakin menurun dan bisa rusak total. Hindari penggunaan laptop di atas benda empuk, sebaliknya letakanlah laptop di atas bidang datar.

Terlalu lama men-charge baterai
Terlalu lama men-charge baterai bisa menyebabkan kerusakan yang fatal. Jika baterai di-charge dalam jangka waktu lama dan tidak segera dicabut, hal ini akan menyebabkan daya listrik terus masuk sehingga baterai terisi terlalu penuh melebihi kapasitas. Untuk menghindarinya, aturlah jadwal saat men-charge baterai. Perlu diketahui bahwa setiap baterai laptop memiliki batasan tersendiri saat di-charge, sesuai dengan merk masing-masing.

Itulah beberapa penyebab baterai laptop cepat rusak. Setelah mengetahui beberapa hal di atas, kini saatnya anda lebih teliti tentang masalah baterai supaya bisa menghindari terjadinya kerusakan. Jangan pernah menganggap sepele hal tersebut, karena semua hal pada masalah laptop sangat penting untuk diperthatikan termasuk pada baterai.

BACA JUGA : Tips dan Panduan Sebelum Membeli Laptop

Perlu diketahui bahwa harga baterai laptop yang original bisa menyentuh angka jutaan rupiah. Sangat mahal bukan? Maka dari itu anda harus merawat baterai dengan baik supaya tidak harus membeli baterai baru, yang mana hal tersebut akan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Terima kasih sudah menyimak ulasan tentang penyebab baterai cepat rusak, semoga bermanfaat.

Stay Connected

105,312FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

1 KOMENTAR

  1. “ika anda lebih sering memakai laptop di rumah, sebaiknya cabut baterai dan gunakan daya listrik. Hal tersebut tentu akan membuat laptop anda lebih awet dan tahan lama.”

    Ini malah berbahaya banget. Kalau tiba-tiba tegangan listrik nggak stabil, atau lampu tiba-tiba mati, maka yang rusak bukan baterai, melainkan mainboard atau instrumen lain dalam laptop. Perbaikannya akan lebih besar daripada beli baterai baru kualitas OEM.

    cmiiw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here