Jumat, 25 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik 6 Manfaat yang Bisa Didapatkan Jika Melakukan Factory Reset Android

6 Manfaat yang Bisa Didapatkan Jika Melakukan Factory Reset Android

RANCAH POST – Untuk sebagian pengguna smartphone, mungkin saat mendengar kata factory reset android selalu dikaitkan dengan terjadinya masalah. Dalam artian, pengguna hanya berani melakukan hard reset pada saat terjadi kerusakan dan error. Padahal, terdapat banyak keutungan dan manfaat factory reset android yang bisa didapatkan.

Fungsi factory reset android pada dasarnya untuk menjadikannya kembali pada pengaturan pabrik. Yang artinya, semua hal yang terkait dengan data maupun pengaturan yang telah kamu buat sebelumnya akan kembali ke awal seolah HP android kamu masih baru.

Akan tetapi, apakah hanya berguna untuk itu saja kah? Tentu tidak, berikut ini penjelasan mengenai keuntungan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan factory reset android.

Manfaat factory reset pada android

Jika dijumlahkan, manfaatnya mungkin akan terbilang sangat banya karena bisa saling berkaitan. Namun, kali ini hanya akan menjelaskan bagian penting yang biasanya dilupakan atau bahkan belum diketahui oleh para pengguna android, ya.

Bisa mengatasi android yang lemot

Manfaat factory reset android bisa kamu dapatkan guna mengatasi android yang lemot. Hal ini terjadi karena dengan melakukan factory reset maka akan mengembalikan smartphone yang kamu gunakan kembali pada pengaturan pabrik.

Itu artinya, semua pengaturan dan aplikasi kembali seperti baru. Selain itu, android pun akan bersih dari file sampah, history, bookmark, temporary files, dan lainnya. Maka dari itu, jelas saja factory reset ini bisa mengatasi android yang lemot dan sering macet tiba-tiba.

Membersihkan virus dan malware

Jika android anda serasa sangat berat, lemot, macet, error, tidak bisa membuka aplikasi, dan yang lainnya. Kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena adanya virus dan juga malware yang telah merusak sistem android itu sendiri.

Pada dasarnya, dengan antivirus pun bisa menjadi salah satu solusi dalam membersihkan virus dan malware ini, namun jika kamu ingin lebih bersih maka caranya dengan melakukan factory reset. Sehingga kamu pun akan mendapatkan manfaat factory reset android tersebut dengan virus dan malware yang akan hilang secara total.

Membuang privasi dan data pribadi

Jika kamu mempunyai banyak akun di smartphone androidmu pada saat akan menghilangkannya tentu akan sangat ribet bukan? Nah dengan melakukan factory reset ini semua akun pribadi kamu mulai dari BBM, WhatsApp, Facebook, Instagram, Game, dan lain sebagainya akan bersih total tanpa harus ribet menghapusnya satu per satu.

Mengatasi masalah android restart sendiri

Manfaat factory reset android juga bisa kamu rasakan jika kamu mempunyai masalah android yang sering mati sendiri atau bisa disebut juga dengan bootlop yang biasanya kerusakan tersebut terjadi pada sistem android itu sendiri.

Solusinya memang hanya satu yakni dengan factory reset atau mengembalikan smartphone ke pengaturan awal. Untuk melakukannya, kamu harus melalui Recovery Mode dan barulah bisa melakukan Factory Reset. Dan untuk masuk pada Recovery Mode, biasanya setiap smartphone mempunyai cara yang berbeda, ya!

Berguna saat lupa pin atau pola pengaman android

Pada saat kamu lupa pola dan pin pengaman android pada dasarnya kamu masih bisa log in atau masuk dengan menunggu waktu sekitar 15 menit setelahnya.

Namun jika ternyata kamu sudah tidak ingat sama sekali maka manfaat factory reset android sangatlah membantumu untuk bisa masuk kembali karena androidmu telah kembali ke pengaturan awal yang belum menggunakan pola atau pin apapun.

Ruang penyimpanan kembali kosong

Dengan melakukan factory reset android ini, maka kamu akan mendapatkan manfaat yakni kapasitas penyimpanan yang kamu punya menjadi kosong kembali sama seperti saat pertama kali kamu membelinya, sehingga nantinya tak akan mempunyai masalah pada saat kamu menggunakan smartphone android kamu.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Smartphone yang Restart Sendiri

Nah, itu dia beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan factory reset. Kesimpulannya, dengan melakukan factory reset maka akan meningkatkan performa device android kamu dan juga menjauhkan smartphone dari kesalahan system dan kinerja yang berat karena file sampah yang menumpuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,960FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan