RANCAH POST- Powerbank memang sangat berguna untuk mengisi daya baterai HP. Akan tetapi tak sedikit orang tiba-tiba mengalami powerbank yang bermasalah atau bahkan rusak. Lantas apa saja sih ciri-ciri powerbank rusak?

Pada saat pertama kali muncul powerbank ini memang sangatlah nge-hits digunakan oleh banyak orang. Akan tetapi, saat ini sudah jarang terlihat digunakan lagi. Terlebih lagi karena banyaknya ponsel-ponsel yang canggih dan mempunyai kapasitas baterai yang besar.

Sehingga menjadikan alat untuk mengisi daya baterai HP ini perlahan-lahan menjadi ditinggalkan oleh sebagian para penggunanya.

Namun, tentu masih ada di antara kamu yang masih menggunakan powerbank untuk mengisi baterai HP bukan? Nah jika iya, maka berikut ini berbagai informasi mengenai ciri-ciri powerbank rusak yang harus kamu ketahui.

Ciri-ciri powerbank yang rusak

Powerbank mendadak tidak bisa digunakan

Ciri-ciri yang pertama dan tentunya sangat mudah untuk diketahui yakni pada saat sebuah perangkat powerbank sudah tak bisa lagi kamu gunakan untuk mengisi daya baterai HP kamu. Ya, kemungkinan besar memang powerbank yang kamu punya sudah rusak.

Kemudian, jika semua lampu indikator LED yang terdapat pada powerbank masih menyala dengan baik dan juga tak ada masalah sama sekali yang dialami oleh baterai ponsel kamu, alangkah baiknya gunakan kabel USB cadangan yang kamu punya.

Lalu lihatlah apakah powerbank yang kamu punya masih bisa digunakan untuk mengisi daya baterai atau tidak. Jika kabel sudah diganti dan powerbank tetap tak bisa digunakan, bisa jadi memang powerbank yang kamu punya mengalami kerusakan.

Lampu indikator mati total

Ciri-ciri powerbank rusak lainnya juga bisa kamu lihat dari kondisi lampu indikator. Jika lampu indikator tidak menyala sama sekali walaupun kamu telah mengisi daya baterai powerbank selama berjam-jam dengan lama.

Tak hanya itu, kamu pun telah menggunakan kabel USB yang bagus, hingga mengisi daya dengan cara yang danjurkan, yakni memakai stop kontak, kemungkinan besar powerbank yang kamu punya memang sudah rusak.

Jika salah satu lampu atau semua lampu indikator menyala setelah dicharge selama berjam-jam, itu berarti memang powerbank kamu mungkin hanya kehabisan baterai saja ya, guys!

Baterai cepat habis

Salah satu dari sekian banyak ciri-ciri powerbank rusak lainnya yakni kondisi baterai powerbank yang sudah ngedrop dan cepat panas. Misalnya, kamu mendapati baterai powerbank sudah habis, lalu kemudian kamu melakukan pengisian daya seperti biasa.

Akan tetapi, tak lama kemudian lampu indikator powerbank menyala semua, sehingga menandakan jika baterai powerbank sudah terisi penuh. Namun kamu baru mengisi daya sebentar saja. Nah, jika hal itu terjadi, kemungkinan memang baterai powerbank yang kamu punya sudah ngedrop.

Powerbank menjadi mudah panas

Bukan hanya tak bisa kamu pakai, lampu indikatornya mati dan baterainya menjadi cepat habis atau ngedrop saja, suhu powerbank yang menjadi cepat panas atau melebihi batas normal pada saat digunakan mengisi daya pun bisa menjadi ciri-ciri powerbank kamu mengalami kerusakan.

Ada aroma gosong yang tercium

Ciri-ciri powerbank rusak yang terakhir yakni terciumnya aroma gosong pada saat kamu menggunakan powerbank yang kamu punya.

BACA JUGA: 5 Cara Memilih Power Bank yang Harus Diperhatikan!

Aroma gosong pada powerbank memang kemungkinan muncul karena adanya hubungan arus pendek yang sering terjadi. Sehingga, kabel yang digunakan pada powerbank tak bisa menahan panas dari arus listrik tersebut.

Demikianlah ciri-ciri powerbank rusak yang harus kamu ketahui, agar powerbank kamu tetap bisa digunakan dengan baik dan awet maka gunakan powerbank tersebut dengan benar ya, guys!

Share.

Leave A Reply