Jumat, 25 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Penyebab Internet WiFi Menjadi Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Internet WiFi Menjadi Lemot dan Cara Mengatasinya

RANCAH POST – Saat ini memang internet menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk semua pengguna smartphone. Akan tetapi, terkadang internet WiFi mengalami kendala yakni salah satunya lemot. Sebenarnya apa sih yang menjdi penyebab WiFi lemot dan bagaimana cara mengatasinya?

Nah, bagi para pengguna WiFi aktif mungkin tak jarang pasti pernah mengalami WiFi yang lemot padahal sinyal penuh. Jika kamu salah satunya, maka jangan langsung menyalahkan providernya terlebih dahulu, ya!

Pasalnya, ada beberapa kemungkinan jika router WiFi kamu yang justru mengalami masalah. Namun, tak menutup kemungkinan pula jika provider penyedia layanan WiFi memang sedang bermasalah.

Lantas bagaimana caranya mengatasi WiFi yang lemot? Tentu saja kamu harus terlebih dahulu mengetahui penyebab kenapa WiFi menjadi lemot sebelum mengatasinya. Maka dari itulah, berikut ini sederet penyebab WiFi lemot dan cara mengatasinya, antara lain:

Penyebab wifi lemot dan cara mengtasinya

Provider internet bermasalah

Hal pertama yang menyebabkan koneksi internet WiFi menjadi lemot yakni karena adanya masalah internet dari penyedia service (ISP).

Maka jika jaringan internet dari penyedia bermasalah, tentu kamu pun tak akan bisa terhubung dengan lancar pada jaringan internet WiFi.

Jika hal tersebut terjadi, cara untuk mengetasinya yakni dengan menghubungi langsung layanan pelanggan dari penyedia internet.

Konsultasikan mengenai masalah teknis yang sedang kamu alami sehingga kamu akan mendapatkan perbaikan koneksi internet yang lemot tersebut.

Kabel jaringan terputus

Penyebab WiFi lemot yang berikutnya yakni diakibatkan karena kabel jaringan yang terputus. Baik kabel jaringan UTP dari penyedia internet ke router di rumah, maupun kabel LAN dari router ke acces point lainnya.

Atau bisa juga terjadi karena sambungan kabel LAN ke perangkat router tidaklah pada port yang tepat. Untuk mengatasinya kamu harus memeriksa satu persatu kabel LAN yang ada pada jaringan internet WiFi kamu.

Jika memang ternyata ada yang terputus, maka kamu dapat menggantinya dengan yang baru. Atau jika kamu awam dengan hal itu, kamu bisa memanggil tenaga ahli untuk memeriksa jika memang ada kabel yang bermasalah.

Router mengalami kerusakan

Router tentunya menjadi salah satu perangkat utama untuk koneksi WiFi, dimana perangkat ini berguna dalam menerima jaringan internet melalui kabel, kemudian membagikannya pada perangkat pengguna dengan kabel atau sinyal WiFi.

Jika ternyata router mengalami kerusakan, tentunya hal tersebut akan menjadi penyebab WiFi yang lemot dan bermasalah. Untuk dapat mengecek jika router mengalami kerusakan, kamu membutuhkan perangkat router lain yang masih bisa bekerja dengan baik.

Posisi router rendah

Posisi router juga sangatlah penting untuk kamu perhatikan saat memasang jaringan WiFi. Pastikan router diletakan pada tempat yang tinggi sehingga router pun akan memancarkan sinyalnya dengan baik.

Agar WiFi tak mengalami masalah, jangan meletakan router di tempat rendah misalnya kolong meja ataupun lantai. Karena hal tersebut akan menjadikan pancaran sinyal dari router menjadi sulit untuk ditangkap perangkat yang terhubung.

Posisi router di ruang yang tertutup

Selain meletakan router di tempat yang rendah, penyebab WiFi lemot juga bisa terjadi karena posisi router berada di ruang tertutup sehingga menyebabkan sinyal WiFi menjadi terganggu.

Hal ini terjadi karena sinyal WiFi terhalang oleh dinding dan sebagainya jika diletakan di ruang tertutup seperti kamar tidur.

Nah, untuk mengatasinya maka kamu harus meletakan router di tempat yang terbuka seperti ruang tamu. Dengan demikian, router akan memancarkan sinyal WiFi dengan leluasa tanpa terhalang oleh dinding.

Posisi router yang terlalu jauh

Posisi router yang terlalu jauh juga bisa menjadi salah satu penyebab WiFi menjadi lemot dan bermasalah. Karena semakin jauh perangkat yang terkoneksi dari router, maka jaringan yang diterima pun akan semakin lemah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan access point tambahan, misalnya repeater. Dengan menggunakan repeater, maka kamu bisa menambah jangkauan WiFi menjadi lebih luas dan lebih kuat.

Bandwith yang kecil

WiFi yang lemot juga bisa terjadi karena bandwith yang tersedia pada jaringan internet kecil. Sementara pemakaian yang kamu gunakan membutuhkan bandwith internet yang besar.

Misalnya karena sering digunakan untuk streaming video dengan kualitas tinggi, atau mengakses game online dengan grafis tinggi. Maka semakin tinggi bandwith yang tersedia, tentu jaringan internet akan semakin kencang.

Untuk mengatasinya memang tidak ada cara lain selain mengupgrade bandwith kamu pada penyedia layanan internet. Akan tetapi, semakin besar bandwith yang digunakan, tentu semakin besar pula biaya yang harus kamu keluarkan, ya!

Interferensi jaringan

Penyebab WiFi lemot yang terakhir ialah interferensi jaringan. Interferensi jaringan yakni teerjadinya kemacetan di frekuensi jaringan karena banyaknya perangkat yang menggunakan jaringan yang sama.

Misalnya, ketika rumah kamu menggunakan jaringan WiFi 2.4 GHz, dan banyak perangkat yang terhubung ke koneksi tersebut, maka akan banyak trafik data yang akan saling bertabrakan.

Belum lagi jika tetanggamu juga menggunakan jaringan WiFi dengan frekuensi yang sama yakni 2.4 GHz, maka interferensi akan lebih banyak terjadi. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan router yang menyediakan pilihan frekuensi jaringan WiFi.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Wifi Pada Android yang Tidak Menyala

Perlu kamu ketahui, jika saat ini banyak perangkat router yang menyediakan jaringan WiFi dengan frekuensi 2.4 GHz dan 5GHz. Dengan menggunakan frekuensi yang berbeda, maka kamu dapat terhindar dari terjadinya interferensi di jaringan internet WiFi.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab WiFi menjadi lemot dan bermasalah. Kamu juga bisa mengikuti beberapa cara mengatasi kelemotan WiFi yang telah dijelaskan di atas. Semoga bemanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,958FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan