RANCAH POST – HP Android tanpa adanya akses WiFi memang akan terasa tidak lengkap. Karena dengan adanya WiFi maka para pengguna Android bisa leluasa mengakses internet dengan kecepatan yang stabil. Lantas, bagaimana cara mengatasi WiFi yang tidak menyala stabil tersebut?

Mungkin semua orang sudah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan WiFi. Ya, hanya dengan menekan tombol WiFi di menu notifikasi, maka langsung akan menyambungkan.

Pada normalnya memang seperti itu, namun tombol WiFi tersebut bisa muncul beberapa masalah, lho! Misalnya WiFi yang tidak bisa menyala pada saat kamu mengaktifkannya.

Ada beberapa kemungkinan yang akan mengakibatkan WiFi kamu menjadi tidak bisa menyala atau aktif. Misalnya karena fungsi HP yang error, fitur airplane sedang aktif, modem atau router bermasalah, ada aplikasi yang membuat error, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Nah, untuk mengatasiny maka kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

Cara mengatasi Wifi yang tidak menyala dan stabil

Reboot dahulu Hp Android

Mungkin tak banyak yang tahu jika dengan melakukan reboot dapat membantu kamu dalam memperbaiki WiFi Android yang tiba-tiba error dan tak bisa menyala. Karena dengan melakukan hal tersebut, maka sistem pada HP akan di-refresh.

Caranya reboot sendiri yakni dengan pertama-tama kamu harus menekan power HP hingga akan tampil jendela notifikasi. Lalu tap opsi reboot.

Maka secara otomatis HP kamu akan memulai ulang. setelah HP hidup kembali, geser ke bawah notifikasi HP dan tap tombol mode Airplane. Dan tunggu hingga mode Airplane menyala, dan reboot kembali.

Menekan tombol WiFi secara berulang

Mungkin cara mengatasi Wifi yang tidak menyala yang satu ini terdengar agak sederhana, namun dengan menekan tombol WiFi secara berulang akan membantu kamu dalam memperbaiki WiFi yang tak bisa menyala di Hp kamu.

Caranya cukup dengan pergi ke pengaturan sistem dan buka setelan HP kamu lalu masuk ke menu WiFi dan kemudian ketuk ON secara berulang.

Periksa memori HP yang tersedia

Memori yang dimaksud disini yakni memori RAM, ya! Untuk kamu yang belum tahu, RAM berguna untuk menyimpan data aplikasi sementara sebelum akhirnya diproses.

RAM yang penuh ini dapat berpengaruh pada WiFi juga, lho! Hal ini disebabkan karena sistem yang tak stabil, sehingga pada akhirnya akan menjadikan fungsi tertentu pada HP menjadi error.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu membuka Setelan pada sistem HP kamu dan geser ke bawah, dan mencari menu memori ataupun sejenisnya. Di sana kamu akan melihat jumlah penggunaan memori, serta kapasitas bebas yang tersedia. Nah, disitu kamu akan melihat opsi untuk menghemat aplikasi.

Tak semua HP mempunyai menu untuk bisa mengecek memori yang tersedia. Namun, ada solusi lain yang bisa kamu lakukan yakni dengan menginstall aplikasi pengecek aplikasi berjalan yang bisa kamu download di Playstore.

Cek mode Airplane

Tanpa sadar, ternyata mode Airplane dapat menjadikan WiFi kamu menjadi tak dapat aktif. Akan tetapi biasanya hal ini hanya akan terjadi pada HP yang memang sudah tua atau lama.

Nah, cara mengatasi Wifi yang tidak menyala ini bisa kamu lakukan dengan menggeser sistem Android ke sebelah bawah, kemudian ketuk opsi mode Airplane tersebut menjadi nonaktif dan coba kembali untuk menyambungkan Wifinya.

Matikan Hp untuk beberapa saat

Cara yang satu ini kurang lebih sama seperti pada saat kamu akan me-restart HP. Namun tujuan mematikan HP di sini yaitu agar menghilangkan semua daya yang ada pada HP kamu.

Caranya bisa kamu lakukan dengan menekan tombol power, kemudian matikan HP kamu seperti biasanya. Jika HP sudah mati, tunggu dan biarkan selama beberapa menit. Selanjutnya lepas casing baterai belakang HP, dan lepas baterai yang terpasang.

Jika sudah kamu hanya tinggal meunggu kurang lebih 3 menit agar daya yang terdapat pada HP benar-bvenar menghilang sebelum kamu memasang baterainya kembali dan menyalakan HP-nya.

Periksa Aplikasi terakhir yang terinstall

Terkadang aplikasi tertentu yang terpasang dapat menyebabkan suatu fungsi pada HP Android menjadi tak dapat aktif, termasuk juga dengan WiFi.

Maka dari itu coba kamu ingat-ingat kembali aplikasi apa yang terakhir kamu install sebelum WiFi kamu menjadi error dan tak menyala, kemudian kamu harus menghapus aplikasi tersebut.

Nah, cara mengatasi Wifi yang tidak menyala akibat aplikasi yang terakhir di install ini yaitu dengan membuka setelan HP Android kamu kemudian membuka aplikasi dan mencari aplikasi mana yang akan kamu hapus.

Forget WiFi di HP

WiFi yang tak dapat menyala bisa pada saat kamu menekan tombol ON, dan bisa juga pada saat kamu ingin menyambungkan WiFi. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa memilih koneksi WiFi yang dapat kamu pakai, kemudian ketuk WiFi dan pilih lupakan atau forget sebelum kamu menyambungkannya kembali.

Namun perlu kamu ingat, jika dengan menekan tombol lupakan, maka secara otomatis password WiFi kamu harus dimasukan ulang ya, guys!

BACA JUGA: Cara Mempercepat Koneksi WiFi yang Lemot dan Tidak Stabil

Reset Hp Android kamu

Jika cara mengatasi Wifi yang tidak menyala sebelumnya belum berhasil juga, mungkin langkah untuk reset HP kamu ini menjadi cara terakhir yang harus kamu coba. Karena dengan reset, maka pengaturan pada HP kamun akan dikembalikan pada setelan pabrik dan semua yang error pada sistem akan hilang.

Nah, demikianlah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi WiFi yang tidak menyala. Kamu tinggal memilih diantaranya hingga WiFi dapat kamu gunakan kembali. Selamat mencobanya!

Share.

Leave A Reply