RANCAH POST – Tips membuat password yang aman dan benar memang sangatlah dibutuhkan dalam semua akun sosial media yang kamu punya, karena di zaman yang semakin canggih ini bisa saja para hacker meretas akun kamu.

Seperti yang kita ketahui jika perkembangan teknologi sudah sangat pesat, dalam pengembangan teknologi bidang internet dulu sudah ada username dan password atau yang biasa dibilang dengan kata sandi yang hingga saat ini masih digunakan. Karena kegunaan dan fungsinya itu sangatlah besar.

Banyak penyedia e-mail dan jejaring sosial yang memanfaatkan fitur username dan juga password, hal tersebut tentu untuk meningkatkan keamanan pengguna agar semakin nyaman. Mengingat mungkin adanya data pribadi yang tak boleh orang lain ketahui sama sekali.

Password itu sendiri memang bersifat pribadi dan tak boleh dibagikan secara umum, karena jika kamu tak ingin informasi yang sekiranya pribadi tak diketahui oleh orang lain, maka jangan memberitahukan pada siapapun password kamu.

Tips membuat password yang benar sangatlah dibutuhkan karena pada hal ini password juga tentu akan mempunyai masalah, biasanya seseorang yang mempunyai email atau akun media sosial akan menggunakan password secara salah dan hal ini tentu saja akan membuat keamanan akun tersebut menjadi tidak aman.

Mungkin sewaktu-waktu akun tersebut dapat diretas oleh seseorang yang ingin melihat informasi pribadi kamu atau sekedar iseng-iseng saja. Hal ini tentu saja akan merugikan kamu, oleh karena itu kamu harus mengamankan akun kamu dari tangan yang tak bertanggung jawab tersebut.

Untuk mengamankan akun kamu, sebaiknya kamu menggunakan beberapa tips membuat password berikut ini agar bisa lebih mengoptimalkan keamanan pada akun kamu.

Tips membuat password yang aman dan benar

Membuat password yang panjang (minimal 8 digit)

Pastikan pada saat kamu membuat password untuk memenuhi kriteria yang satu ini, ya. Alasannya karena password yang mempunyai karakter panjang mempunyai tingkat keamanan yang tinggi jika dibandingkan password biasanya.

Maka oleh sebab itu kamu disarankan menggunakan tips membuat password yang aman dengan penggunaan kata yang panjang karena kuat, aman, dan sulit ditebak.

Jika kamu mempunyai password yang cukup panjang, maka hacker akan sulit untuk meretas akun kamu jika menggunakan metode tebak.

Beberapa pakar keamanan juga menyarankan untuk membuat password minimal 8 karakter, namun ada kelemahannya jika password terlalu panjang maka tak jarang akan sering lupa.

Jangan pakai password yang umum

Agar tidak mainstream dan biasa saja, maka kamu harus menggunakan tips membuat password yang aman ini dengan tidak menggunakan password yang pasaran. Password pasaran disini dimaksudkan jika password yang kamu gunakan sudah umum digunakan oleh banyak orang.

Jika kamu membuat password yang umum dipakai maka dengan mudah orang lain pun akan menebak passwor kamu untuk dapat membobok akun sosial media yang kamu miliki.

Gunakan kombinasi huruf dan angka

Kemudian untuk bisa mengantisipasi potensi hack terhadap akun kamu, alangkah baiknya kamu menggunakan kombinasi huruf dan angka. Namun kamu pun menggunakan tips membuat password yang aman poin sebelumnya terlebih dahulu, ya.

Karena teknik yang biasa dipakai untuk membobol akun yakni Dictionary Attack, sehingga sangat disarankan untukmu menggunakan kombinasi huruf, angka ataupun karakter khusus yang memungkinkan kamu memproteksi akun kamu sendiri.

Hindari menggunakan kata

Tak sedikit orang menggunakan beberapa kata untuk dijadikan password mereka, namun tak ada yang menyarankan penggunaan kata dijadikan kata sandi tanpa disertai dengan kombinasi simbol maupun angka. Karena jika kamu menggunakan kata misalnya sayang, hallo dan sebagainya akan sangat memudahkan sekali untuk ditebak.

Hindari penggunaan tanggal lahir

Mungkin tak sedikit orang yang menggunakan tanggal lahirnya untuk dijadikan password, akan tetapi biasnaya tanggal lahir justru akan lebih banyak diketahui oleh banyak orang.

Hal ini karena pada saat kamu akan membuat suatu akun tentu kamu akan diminta untuk mengisi tanggal lahir, dan tanggal lahir tersebut akan dilihat oleh banyak orang. Oleh karena itu, tips membuat password yang aman yakni dengan jangan sesekali menggunakan tanggal lahir kamu untuk dijadikan password, ya. Karena hal tersebut sangatlah tidak aman.

BACA JUGA: Tips Melindungi WhatsApp Agar Aman dari Hacker

Gunakan kombinasi upper dan lower case

Upper case merupakan sebutan dari huruf kapital atau huruf besar dan lower case yakni sebutan dari huruf kecil. Nah, tips membuat password yang aman kali ini sangatlah disarankan untukmu menggunakan huruf besar dan kecil agar password kamu sulit untuk ditebak oleh orang lain, ya.

Demikianlah beberapa tips membuat password yang benar yang bisa kamu coba untuk setiap akun yang kamu punya agar terhindar dari orang-orang tak bertanggung jawab yang akan meretas akunmu. Semoga bermanfaat!

Share.

Leave A Reply