RANCAH POST – Apakah kamu pernah mendengar VPN atau Virtual Private Network? Lantas, apa sih VPN itu dan bagaimana cara menggunakan VPN tersebut? Nah, pada saat berselancar di internet, kamu mempunyai alamat digital yang bernamakan IP Adress yang sangat mudah dilacak oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Apabila kamu menggunakan VPN, maka IP Adress kamu pun tentu akan tertutupi sehingga kamu pun bisa berselancar di internet seolah-olah menggunakan IP Adress orang lain.

Hal ini tentu sangatlah bermanfaat untuk melindungi data kamu dari ancaman hackers, dan kamu pun bisa mengakses informasi yang sebelumnya telah terblokir. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengelabui situs seolah kamu mengakses internet dari luar negeri.

Untuk yang belum mengetahuinya, kamu juga bisa menggunakan VPN melalui perangkat Android juga, lho! Caranya pun tidaklah sulit, hanya tinggal mendownload aplikasinya dan kamu sudah bisa langsung menggunakannya. Berikut ini cara-cara menggunakan VPN untuk Android, antara lain:

Cara menggunakan VPN untuk Android

Download aplikasi HotSpot Shield VPN

Cara menggunakan VPN
 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yakni dengan mencari aplikasi tersebut di Google Play Storee pada perangkat kamu dengan menulis kata kunci “Hotspot Shield” di kolom pencarian.

Kemudian klik install untuk mendownload dan tunggu beberapa saat hingga instalasi selesai, kemudian tap tombol Open.

Membuat akun Hotspot Shield

Cara menggunakan VPN di android
 

Cara menggunakan VPN selanjutnya yakni kamu diwajibkan mempunyai akun terlebih dahulu agar dapat menggunakan HotSpot Shield VPN di Android. Masukkan Email dan Password kemudian klik tombol Sign Up.

Kemudian di slide bawah akan menjelaskan mengenai VPN, kamu akan melihat tombol “Start Free 7-Day Trial” yang mewajibkan kamu untuk memasukkan data kartu kredit atau metode pembayaran yang lainnya.

Kamu pun bisa memilih opsi ini, namun saldo kamu akan terpotong jika masa trialnya sudah habis. Kemudian Geser saja slidenya sampai pada bagian akhir dan kamu akan menemukan pilihan untuk menggunakan aplikasi ini dengan iklan.

Buat pengaturan aplikasi VPN sesuai dengan keinginan

Cara menggunakan VPN pada android
 

Kurang lebih, beberapa pengaturan pada aplikasi ini tak akan jauh berbeda dengan di PC. Ada beberapa fitur tambahan yang bisa kamu atur, misalnya kamu bisa membuat daftar aplikasi mana saja yang pada saat dibuka, VPN akan secara otomatis langsung menyala.

Kemudian, kamu juga dapat memilih tipe jaringan mana saja yang akan men-trigger VPN untuk menyala, misalnya unsecured WiFi, secured WiFi, dan mobile network.

Tak hanya itu, kamu dapat mengatur agar VPN otomatis dimatikan pada saat perangkat kamu ada pada sleep mode.

Nyalakan VPN

Cara gunakan VPN
 

Cara menggunakan VPN yang selanjutnya yaitu di bagian utama HotSpot Shield VPN, tap tombel Power untuk menyalakan VPN.

Kamu akan diminta untuk memberikan izin akses pada aplikasi dengan cara klik tombol “Let’s do it“, tap pada Hotspt Shield VPN, dan tap pada saklar “Permit usage accees“.

Kemudian, tap tombol Power sekali lagi dan tap pilihan OL pada saat kamu menerima pesan connection request. Tunggu beberapa saat hingga perangkat Android kamu akan tersambung dengan VPN.

BACA JUGA: Cara Menggunakan VPN Untuk WhatsApp, Facebook dan Instagram

Bagaimana cara menggunakan VPN di atas sangatlahg mudah bukan? Dan kini kamu sudah bisa berselancar di internet dengan aman dan teentram tanpa harus merasa cemas data pribadi kamu akan di retas oleh orang tak bertanggung jawab.

Meski demikian, kamu harus tetap berhati-hati ya dengan situs-situs yang mencurigakn. Karena, meskipun memberikan lapisan keamanan ekstra, VPN juga mempunyai sedikit celah untuk bisa disadap hackers.

Share.

Leave A Reply